Comscore Tracker

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasih

Hargai dia dengan hidupnya

Menjalani hubungan serius dengan orang yang kita sukai adalah suatu kebahagiaan. Apalagi menjadi kekasihnya, dilibatkan dalam berbagai keputusan penting hidupnya sampai menjalin kedekatan dengan semua teman dan keluarganya. Pastinya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. Selain ingin selalu bersama, ada kalanya kita tak rela jika melihat dia bersama atau sekedar dekat dengan orang lain. Perasaan cemburu itu pun bisa muncul kapan saja dan dalam keadaan apa saja.

Cemburu itu memang tanda cinta, tapi jika cemburu secara berlebihan tentu saja membuat kita rugi banyak. Tanpa kita sadari cemburu bisa merusak hubungan kita dengan kekasih. Yang awalnya adalah cara kita melindungi dan ingin selalu ada di dekatnya, namun ternyata menjadi bumerang bagi hubungan dengan pasangan. Lalu seperti apa sih kerugian yang bisa saja kita dapatkan saat terlalu cemburu kepada kekasih?

1. Waktumu akan terbuang sia-sia

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasihdramabeans.com

Cemburu membuatmu kehilangan banyak momen penting di dalam hidupmu. Kamu hanya akan fokus pada kekasihmu dan semua yang dia lakukan. Tak ada lagi kegiatan yang bisa fokus kamu lakukan. Sebab ada rasa was-was dan ingin mengawasinya. Minimal kamu selalu ingin mengecek sosial medianya. 

Kamu pun seolah bersikap sebagai kekasih yang amat posesif kepadanya. Ingin tahu dia pergi kemana, bersama siapa dan melakukan apa. Kamu pun ingin selalu ikut serta dalam kegiatan yang dijalani kekasihmu, sebab kamu ingin mengawasinya. Hingga kamu dan semua aktivitas utamamu akan terbengkalai. Dan tidak ada lagi kamu yang melihat betapa pentingnya hidupmu sendiri.

2. Dia semakin tak nyaman bersamamu

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasihdramabeans.com

Setelah kamu rugi waktumu habis terpakai untuk kegiatan mengawasi dia yang bahkan tak melakukan hal aneh. Hubunganmu dan pasangan juga semakin tak harmonis. Dia semakin merasa tak nyaman saat bersamamu. Jangankan bertemu, dia pun akan takut dan enggan menjawab telpon, pesan atau semua yang berhubungan denganmu.

Kamu seolah tak memberinya ruang untuk bergerak bebas. Semua yang dia lakukan harus sepengetahuanmu dan tak ada dunia yang bisa dia tentukan sendiri. Bagaimanapun dia menjelaskannya padamu, kamu tetap saja menaruh curiga yang membuatnya sangat tak nyaman bersamamu.

3. Kamu kehilangan kepercayaan darinya

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasihdramabeans.com

Sikapmu yang tak menaruh percaya padanya juga memancing rasa ragu pada hatinya. Dia yang semakin jengah dengan sikap posesif dan pencemburumu akan merasa kamu hanya ingin membatasinya. Kamu tak mendukungnya dan kamu hanya ingin dia melakukan semua sesuai kehendakmu.

Padahal di awal kalian bersama mungkin kamu dan dia adalah dua manusia yang saling mendukung, saling mendengarkan, dan saling memahami. Namun sekarang, rasa cemburumu dan sikap posesifmu seolah membuat dunianya hancur dan ia pun tak berdaya. Dia yang semakin terkekang tak lagi merasa kamu kekasih yang baik untuknya.

Baca Juga: Bikin Cowok Gemas Mendadak, Inilah 7 Bahasa Tubuh Cewek Saat Cemburu

4. Hatimu tak akan pernah tenang

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasihdramabeans.com

Selain kamu kehilangan banyak waktu untuk dirimu sendiri, kamu pun tak pernah lagi merasakan ketenangan di dalam hatimu. Semua yang dia lakukan seolah harus kamu awasi. Padahal dia pun tak melakukan hal aneh atau hal yang merugikan hubungan kalian berdua.

Kamu akan selalu merasa was-was, cemas dan bahkan stres sendiri terlebih saat dia tak kunjung membalas semua pesan-pesanmu. Yang kamu butuhkan adalah hati yang tenang agar mampu berpikir positif untuk semua yang terjadi dalam hidupmu. Termasuk melanjutkan hubungan dengan kekasihmu yang selama ini belum sepenuhnya kamu percaya.

5. Mudah baginya untuk mengabaikanmu

5 Hal yang Merugikanmu Jika Terlalu Cemburu Pada Kekasihdramabeans.com

Selain tak lagi mendapat kepercayaan darinya, kamu pun akan mudah untuk diabaikan olehnya. Dia merasa kamu berperilaku seperti anak kecil, yang harus selalu didengar dan diperhatikan. Kamu tak ingin melakukan hal yang sama untuk kekasihmu, hingga membuatnya lelah dengan semua sikapmu dan memilih mengabaikanmu.

Wajar baginya, sebab ia pun membutuhkan waktu untuk memperhatikan dirinya sendiri dan melakukan semua hal yang ia sukai. Tentu saja tanpa batasan yang tak wajar darimu. Selama sikapmu belum berubah, ia lebih mudah mengabaikan dan memilih untuk melanjutkan hidupnya tanpa campur tanganmu lagi.

Baca Juga: Waspada deh, Ini 7 Tanda Cemburunya Pasanganmu Mulai Gak Sehat

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya