Comscore Tracker

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmu

Semua layak jika mau berusaha!

Jodoh memang di tangan Tuhan, tapi sebagai manusia kita berhak memilih dan memperjuangkan seseorang yang dirasa layak mendampingi kita sebagai suami ataupun istri. Setiap orang tentu tidak ingin sembarangan dalam memilih dan menentukan dengan siapa ia akan bersanding. Sebab, memilih pasangan hidup adalah memilih teman yang mau menerima apa adanya dan siap mendampingi hingga akhir hayat.

Banyak yang bilang, laki-laki harus memilih wanita dengan kualitas terbaik untuk menjadi istri dan ibu dari anak-anaknya kelak. Bukan sekedar yang memiliki pendidikan tinggi, memiliki karir dan harta yang melimpah, tapi kualitas sebagai wanita yang siap menikah dan siap menjadi seorang pendamping bagi suaminya. Beberapa kualitas wanita yang dirasa memang akan sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang istri dan ibu nantinya, seperti yang berikut ini.

1. Tak pernah berhenti belajar banyak hal

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmudramabeans.com

Meski telah menikah nanti, bukan berarti seorang wanita berhenti belajar. Sebab belajar bukan hanya tentang di mana dan tingkat apa dia. Tapi saat menjalani peran baru, maka banyak ilmu yang harus digali dan pengalaman yang harus dikembangkan. Belajar memasak, merawat dan mengasuh anak, bersosialisasi dengan orang di sekitar hingga belajar untuk mengelola emosi diri sendiri.

Wanita yang selalu bersemangat belajar akan terlihat dari dia yang tak pernah malu berbuat salah lalu kemudian segera mencari cara memperbaikinya. Ketika ia kelak menjadi seorang istri, apa yang ia pelajari bukan hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk keluarga dan orang di sekitarnya. Belajar pun tak melulu dari buku atau literasi semacamnya, tapi juga bisa melalui pengalaman diri sendiri maupun orang lain, lho!

2. Memiliki sikap sabar dan tegas sebagai wanita

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmudramabeans.com

Wanita memang harus memiliki sikap sabar yang lebih banyak dari pada laki-laki. Dengan sikapnya yang lembut dan bisa mengontrol emosi, membuat banyak pria yakin bahwa mereka memilih wanita yang cocok sebagai teman hidup sekaligus tempat bernaung bagi anak-anak mereka. Sikap sabar tidak muncul begitu saja. Melatihnya pun sungguh penuh perjuangan luar biasa. Tapi semua pasti bisa dilakukan.

Meski dituntut memiliki sikap sabar, seorang wanita juga harus bersikap tegas. Tegas terhadap orang lain yang memperlakukannya dengan tidak baik, dan tegas untuk menegakkan kebenaran. Tegas pun bukan berarti galak atau kasar. Tegas adalah di saat ia yakin dan berani mengatakan hal yang benar, di saat banyak orang lain mendesaknya untuk berkata tidak benar. Ketegasan inilah yang akan dilihat anak-anak sebagai sebuah sikap yang bertanggungjawab.

Baca Juga: Pintar Kelola Uang, 6 Zodiak Cewek yang Layak Jadi Istri Idaman

3. Tak bingung dengan omongan orang lain

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmudramabeans.com

Wanita mana yang tak suka saat mengobrol dengan sahabat atau teman lainnya. Entah apa yang dibicarakan, tapi ada yang paling tidak disukai oleh wanita. Yaitu saat mereka menjadi bahan pembicaraan orang lain. Mulai dari pekerjaan, keluarga sampai sikap pun menjadi bahan omongan yang membuat seolah tidak ada baiknya wanita dengan berbagai usahanya.

Memikirkan omongan orang lain kepada kita memang membuat kita pusing dan stres sendiri. Bagaimana tidak, kita seolah harus bersikap baik demi menghapus semua omongan buruk tentang kita.

Tapi wanita yang tak terlalu memusingkan omongan orang lain adalah mereka yang paling ingin dipilih sebagai istri oleh seorang pria. Wanita seperti ini adalah mereka yang sanggup memisahkan mana omongan yang benar dan buruk. Bahkan tidak mudah terpengaruh dan tetap bisa menjalani hidup dengan baik tanpa memusingkan pendapat orang lain.

4. Tidak sombong untuk sekedar ingin diakui

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmudramabeans.com

Siapa yang tak ingin diakui keberadaan hingga prestasinya oleh orang lain. Semua orang pun ingin dilihat sebagai manusia yang berguna dan berpengaruh untuk orang lain. Hingga tidak jarang, keinginan ini membuat manusia menunjukkan sikap sombongnya hingga lupa jika mereka bukanlah siapa-siapa. 

Wanita yang mampu meredam keinginan untuk sekedar diakui oleh orang lain dan lebih memilih menutupi kebaikan hingga prestasinya adalah idaman pria. Mereka tak akan memusingkan cara untuk menyombongkan diri sekedar ingin menunjukkan apa yang ia miliki. Mereka akan fokus melakukan yang terbaik untuk dirinya dan keluarganya. Tak akan ada kata sombong, sebab ia tahu yang terpenting baginya adalah keberadaan ia di dalam keluarganya.

5. Punya mimpi dan semangat untuk menggapainya

5 Kualitas Perempuan yang Layak Menjadi Istri dan Ibu dari Anak-Anakmudramabeans.com

Mimpi seorang wanita bukan sekedar tentang karirnya. Meski sebelumnya ia adalah seorang pekerja yang memiliki karir dan jaminan karir yang baik. Bukan berarti mimpinya tidak untuk lainnya. Wanita bebas merangkai mimpi mereka, bahkan setelah menikah dan memiliki keluarga sendiri. Meski tak bisa sama dengan sebelumnya, namun mimpi yang dipunya tetap bisa diwujudkan.

Yang terpenting bagi seorang pria bukanlah apa mimpi wanita yang dipilihnya sebagai pendamping hidup. Tapi tekad dan usaha keras wanitanya untuk memperjuangkan mimpi tersebut. Mereka akan sibuk menggapai mimpi-mimpi kecil, daripada sekedar menyalahkan keadaan yang bisa jadi membuat semua keadaan seolah tak lagi sama dan tidak mudah. Wanita dengan kemauan dan usaha kerasnya mampu menaklukkan pria yang mencari istri dengan jiwa yang tak lemah meski situasi yang dihadapinya sedang sulit.

Itu dia beberapa kualitas penting yang patut dimiliki perempuan untuk menjadi pasangan yang ideal. Adakah ciri tersebut pada pasanganmu?

Baca Juga: 11 Karakteristik Pasangan Bahagia Menurut Ahli Sains, Yuk Terapkan!

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You