Comscore Tracker

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantan

Tinggalkan masa lalumu di belakang

Memutuskan suatu hubungan dengan orang yang selama ini kita sanjung dan kita cintai, tentu membuat hidup kita seolah berhenti sejenak. Yang awalnya adalah pasangan yang saling mencintai dan menjaga, kini sama-sama saling menjauh karena sudah menjadi seorang mantan.

Ya, mantan kekasih memang membuat kita serba salah. Meski kita kini sudah menemukan penggantinya. Tapi ada kalanya kita masih diliputi perasaan galau akan masa lalu. Salahkah perasaan demikian? Bisa jadi salah, bisa jadi juga tidak masalah. Hanya saja kamu pun harus tahu kenapa kamu masih saja merasa galau, meski kini harusnya kamu bahagia karena sudah temukan penggantinya. 

1. Luka masa lalumu belum sembuh

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantanunsplash.com/@jeztimms

Di masa lalu kamu dan mantan kekasihmu mungkin sama-sama pernah melakukan kesalahan. Saling menyakiti dan merasa disakiti oleh lainnya. Hingga mungkin rasa sakit itu masih saja kamu rasakan hingga kini. Meski kamu merasa sudah menemukan pengganti yang bisa mengobati luka hatimu. Tapi ada kalanya kamu ingat tentang luka di masa lalumu.

Ya, luka di masa lalu yang belum sembuh bisa menjadi alasan kenapa kamu masih merasa galau akan mantan. Sejenak kamu mungkin lupa, tapi kapan saja perasaan itu bisa muncul kembali dan melukai perasaanmu yang sedang memulihkan hati bersama penggantinya. Kini semua ada padamu, menuntaskan semua urusan di masa lalu dan memulai yang baru. Atau pura-pura tidak memiliki luka, dan memendamnya tapi akan sering kamu ingat.

2. Di masa lalu, ada yang belum kamu selesaikan

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantanpixabay.com/users/takmeomeo-375120

Ya, selain luka di masa lalu yang belum kamu sembuhkan. Ada beberapa urusan yang memang menghubungkanmu dengannya. Kamu mungkin sedang berusaha untuk tak menemuinya. Untuk menjauh hingga kamu lupa tentang rasa sakitmu di masa lalu. Tapi jika kamu dan mantan kekasihmu memiliki pekerjaan atau tugas yang memang harus diselesaikan berdua, maka akan sulit bagi kalian untuk sama-sama saling melupakan.

Meski sulit, jika kamu memang benar-benar ingin melupakan masa lalu. Segera selesaikan urusan yang menyangkut kalian berdua. Kamu dan dia kini sudah memiliki kehidupan masing-masing. Dia hanyalah masa lalumu, dan kini kamu tengah menjalin hubungan dengan orang yang akan menemanimu untuk pulih dan bahagia kembali.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Melupakan Mantan Agar Hilang Dari Ingatan

3. Orang sekitarmu masih sering mengungkitnya

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantanunsplash.com/@rpnickson

Selain karena urusan kalian berdua yang masih belum tuntas, kamu masih akan merasakan kegalauan saat orang di sekitarmu masih sering mengungkitnya. Mereka mungkin ingin menggodamu atau sekedar ingin menghiburmu. Tapi mereka tidak tahu, saat mengungkit nama mantanmu maka kamu akan mengingatnya dan masih juga merasa galau.

Jika sudah begitu, kamu bisa membicarakan hal ini pada mereka. Kamu bisa mengatakan perasaanmu kepada orang-orang yang sekedar ingin menghiburmu. Jangan keburu marah, mereka mungkin hanya ingin membuatmu terhibur, tapi tak tahu cara yang tepat. Jika kamu tahu mereka salah, segera katakan saja. Sebelum kamu semakin galau dan sulit untuk merasa bahagia lagi.

4. Kamu belum terbiasa dengan kondisi baru

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantanpressdemocrat.com

Berpisah dari kekasih yang sudah lama bersama, mungkin adalah hal yang sulit untukmu. Tapi keadaan mengharuskanmu move on dan membuka kembali hatimu untuk orang yang baru. Kali ini kamu akan belajar untuk menerima orang baru dengan segala keadaan dan kondisi baru kalian. Bukan lagi belajar menyembuhkan luka hati dari masa lalumu.

Tapi tak semua orang mudah menerima dan menjalani kondisi baru dengan baik. Sebagian dari mereka merasakan ini hal yang sulit. Harus beradaptasi dengan keadaan yang baru, orang baru dan kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah. Ada kalanya kamu bahagia, tapi tak jarang kamu masih sering merasa galau karena ingatanmu tentang masa lalu bersama mantanmu.

5. Kamu masih sering membandingkan

Meski Sudah Temukan Pengganti, 5 Alasan Kamu Masih Galau Karena Mantanindependent.co.uk

Yang terakhir adalah hal yang paling dilarang untuk kamu lakukan. Bagaimanapun mantan adalah masa lalu yang pernah ada di hidupmu. Dan dia yang kini bersamamu adalah masa sekarang dan masa depanmu yang jelas berbeda. Mereka memiliki kepribadian hingga kebiasaan yang berbeda. Caranya memperlakukanmu pun juga tak sama. Perbedaan inilah yang harusnya kamu hadapi.

Jangan paksakan diri untuk segera menerima. Karena kamu hanya akan membandingkan mereka berdua dari sisi yang sama-sama berbeda. Kamu akan merasa satu diantara keduanya lebih baik. Sedangkan yang lainnya memiliki kekurangan yang tak kamu sukai. Padahal kamu pun sendiri sadar, jika keduanya adalah orang yang berbeda. Semakin kamu sering membandingkan, semakin kamu merasa kurang dan tetap galau dengan keadaanmu saat ini.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sebenarnya Belum Siap Kembali Berteman dengan Mantan

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You