Comscore Tracker

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDR

Meski sedih cobalah untuk tak menyesal

Berpisah adalah salah satu yang sangat dihindari dalam sebuah hubungan. Bagaimanapun caranya, sebisa mungkin kedua orang dalam hubungan yang telah dibangun lama akan berjuang untuk bertahan. Namun saat takdir tak mengijinkan untuk bersama, apa boleh buat?

Terlebih saat hubungan yang dijalani tak semudah hubungan orang kebanyakan. LDR atau Long Distance Relationship, ya hubungan jarak jauh. Meski menjadi tren namun tak semua pasangan bisa bertahan dan melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Lama menjalani hubungan LDR, bertahan namun harus berpisah. Meski sulit untuk bisa menerimanya namun ada banyak yang dipelajari.

1. LDR tentu bukan pilihan, namun berani mencoba membuat kamu tahu rasanya

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRweddingaffair.co.in

Tak ada pasangan manapun yang menjadikan LDR sebagai tujuan dan mimpi hubungan masa depan mereka. Meski begitu saat mereka harus berhadapan dengan pilihan LDR, maka menjalani dengan sepenuh hati adalah pilihannya.

Keberanian mengambil resiko akan membuat kita tahu rasanya. Mencintai dalam kesabaran, merindukan dalam setiap doa dan bahkan kamu pun tahu rasanya saat yang lain bisa berkencan di malam minggu, namun kamu dan pasangan tidak. Ya, perasaan yang ada tentu iri namun kamu dan pasangan punya cara masing-masing mengatasinya.

2. Kesibukan masing-masing membuat kalian mampu mengatur waktu untuk berdua

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRbeyondwords.life

Sama-sama sibuk dengan urusan masing-masing, terkadang membuat hubungan kalian semakin terasa berat. Tak hanya jarang berkomunikasi, kamu pun sulit menyamakan waktu luang karena beda zona waktu. Tapi rasa rindu membuat kalian banyak belajar. Salah satunya yaitu mengatur waktu untuk bisa berdua. Bertemu meski sebentar, berkomunikasi meski tak mudah dan juga kamu dan pasangan terus berusaha agar komunikasi tetap tak merasa diabaikan.

Dari sini pula kamu semakin tahu bagaimana menghargai dan mendukung keinginan pasangan. Kamu menjadi semakin tahu apa mimpi yang mereka sedang perjuangkan. Kamu pun belajar menghargai setiap kesempatan.

3. Tak jarang berdebat, kamu dan pasangan belajar sabar agar masalah cepat selesai

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRsurviveldr.com

Tak ada hubungan yang lepas dari perselisihan, perdebatan dan bahkan cek cok yang berujung pada lamanya masalah selesai. Terlebih saat kamu terhalang jarak dan waktu untuk menyelesaikan masalah yang ada. Namun kalian pun tak ingin membuang waktu untuk marah dan semakin memperkeruh masalah.

Sebisa mungkin kamu dan pasangan menyelesaikan masalah dalam setiap komunikasi yang terjalin. Kalian tahu itulah kunci suksesnya kami dalam menjalani hubungan. Bukan sekedar cinta dan rasa percaya, tapi juga komunikasi yang membuat masalah cepat selesai.

4. Cemburu sudah pasti dirasakan, namun kamu dan pasangan belajar untuk percaya

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRbreaking.com.ng

Bukan hanya cemburu pada waktu, pikiran negatif apakah dia di sana setia? Ataukah dia dekat dengan orang lain? Sudah pasti dimiliki. Namun kamu tak membiarkan rasa cemburu membuat kalian semakin jauh.

Komitmen membuat kamu dan pasangan berani memaksa diri untuk saling percaya. Dengan segala yang kamu miliki, kamu pun terus meyakini jika tak ingin pikiran negatif menjadi kenyataan. Begitupun yang harus dia lakukan juga. Menjaga kepercayaan yang telah diberikan, sebab kalian berdua tak ingin cemburu buta tanpa alasan.

5. Saling mendukung mimpi pasangan tak membuat kamu egois untuk diperhatikan lebih

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRblog.spotafriend.co

Bagimu berjauhan tak membuat kalian bermalas-malasan. Semakin kalian saling mengenal pribadi dalam jarak yang terbentang jauh, kamu dan pasangan pun semakin tahu mimpi dan harapan yang sedang diperjuangkan di tanah rantau. Bagi kamu waktu semakin berharga saat saling berbagi mimpi dan mendukung untuk mencapainya.

Hal ini membuat kamu tak ingin egois meminta banyak perhatian darinya. Kamu tahu dia lelah dengan aktivitasnya yang padat. Meski ingin diperhatikan, namun bagi kamu mendukungnya adalah hal yang membuat lebih bahagia.

6. Meski sakit saat berpisah, kamu belajar menerima apa pun kondisinya

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRraissa-simon.com

Ya, hubungan kamu yang terlihat baik-baik saja dan bahkan digadang-gadang menjadi hubungan paling harmonis dan tak terpisahkan, akhirnya pun berpisah. Kamu tahu keputusan ini berat dan membuat terluka cukup dalam. Namun kamu akan mencoba untuk menerima. Tak mudah, tentu saja. Sekali lagi, kamu sedang dalam masa penerimaan diri dan juga keadaan saat ini.

Apa pun alasannya, tak sekalipun kamu terima. Namun kamu berusaha untuk tak saling memberatkan. Dia yang masih berjuang dengan mimpinya. Bukannya tak memikirkan rasa sakit. Sama dengan kamu yang berjuang di sini. Semua takdir seolah membuat kamu harus rela dengan apa pun keputusannya.

7. Entah bagaimana nantinya, kamu harap bisa menjadi teman baik & saling mendukung

Meski Gagal, 7 Pelajaran Ini Bakal Didapat Ketika Lama Menjalin LDRRunawayjuno.com

Ya kamu menjalani hubungan tak sebentar. Cukup lama saling mengenal dan berbagi kehidupan. Meski akhirnya harus berpisah. Namun lebih ingin menjadi baik-baik saja ke depannya. Terbiasa LDR dan jarang berkomunikasi, tak membuat kamu sulit menjalani kehidupan baru di mana tak lagi saling bersama.

Kamu hanya ingin menjadi teman, berbagi cerita dan saling mendukung sama seperti sebelumnya. Bahkan kamu pun ingin menjadi orang yang pertama bahagia saat tahu ia telah menemukan tambatan hati baru dan jadi pasangan hidupnya.

Ada hal lain yang kamu rasakan namun belum tercantum di atas? Coba deh bagikan di kolom komentar!

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya