Comscore Tracker

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas Pesan

Ayo, berpikir positif dan pahami situasi

Sepanjang atau sesingkat apapun pesan chat yang dikirimkan pada temanmu, pasti kamu memiliki tujuan di baliknya, kan? Entah itu ingin menanyakan perihal tugas, keperluan mendadak, sekedar ingin bercerita, mengajak hangout bersama, atau perihal lainnya.

Namun, kamu pasti punya satu atau dua teman yang super lama kalau sudah soal balas-membalas pesan chat. Biasanya, jika temanmu sedang mode slow respon seperti itu, apa yang kamu lakukan? 

Jika kamu seringkali merasa jengkel ketika temanmu tak kunjung membalas pesanmu, ini dia 5 tips yang bisa kamu lakukan.

1. Coba lebih mengerti, meski sedang online, pesanmu bukanlah satu-satunya hal penting yang harus didahulukan

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas PesanUnsplash/epicantus

Mungkin rasanya cukup menyebalkan ketika teman tak kunjung membalas chat, apalagi kalau jelas-jelas dia sedang online. Namun, sebutuh apa pun kamu pada saat itu, daripada langsung menelan kesal bulat-bulat, lebih baik kamu renungkan sebentar tentang alasan logis mengapa dia mengangguri pesanmu.

Ingat, temanmu hanya memiliki dua tangan dan tak bisa membalas lebih dari satu pesan hanya dalam sekejap mata. Bisa saja dia sedang membahas keperluan pentingnya di ruang chat yang lain. Ayo, lebih mengerti dan bersabar.

2. Tunggu saja jika isi pesanmu bukanlah sesuatu yang sangat darurat

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas PesanUnsplash/guilhermestecanella

Menunggu adalah sesuatu yang tak semua orang suka. Meski begitu, menunggu juga bisa termasuk bentuk pengertianmu terhadap orang lain, lho. Daripada langsung mengirim spam chat secara brutal kepada temanmu yang tak kunjung membalas, mengapa tidak tunggu saja barang beberapa menit? 

Ini berlaku jika pesan yang kamu kirim tidak bersifat urgent atau darurat. Sebaliknya, jika situasinya sedang genting, kamu bisa memilih opsi dengan mencoba meneleponnya atau menghubungi orang terdekatnya.

Baca Juga: 6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu Curhat

3. Alihkan dengan hal lain agar kamu tak hanya memantau seberapa lama temanmu menganggurkan pesanmu

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas PesanUnsplash/sincerelymedia

Kamu bisa menunggu sembari mengirim chat pada temanmu yang lain, ikut berdiskusi di grup chat, atau membuka media sosialmu. Kamu juga bisa tinggalkan sejenak ponselmu dan melanjutkan aktivitas selama beberapa saat.

Barangkali setelah kamu membuka ponselmu kembali, kamu sudah mendapat notif balasan dari temanmu, sehingga kamu bisa segera berkomunikasi atau bercerita padanya.

4. Perlu kamu pahami, temanmu tak akan selalu ada di mood yang baik untuk membalas pesan dengan cepat

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas PesanPexels/Ekaterina Bolovtsova

Nah, mungkin alasan temanmu tak kunjung membalas pesanmu karena dia sedang tidak dalam suasana hati yang enak untuk berkomunikasi. Mungkin dia tak ingin memantau ponselnya sebelum suasana hatinya membaik. 

Jika dia memaksakan diri untuk membalas pesan di saat hatinya sedang tak baik-baik saja, bisa-bisa orang yang tak tahu apa-apa, bahkan termasuk kamu, jadi kena imbas bad mood-nya, lho. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memahami situasi orang lain lebih dulu.

5. Setelah beberapa lama tak kunjung dibalas, kamu bisa mengirimkannya pesan ulang

Jangan Kesal, Ini 5 Tips Tenang Jika Temanmu Lama Membalas PesanUnsplash/srosinger3997

Tak kunjung mendapat balasan, sebaiknya segera kirim pesan kembali padanya. Kamu bisa sekedar memanggil namanya, mengirimkan sapaan dalam bentuk emoji atau gambar, atau mengirimkan kalimat akrab sebagaimana kamu dan temanmu berkomunikasi seperti biasanya.

Itulah 5 tips yang perlu kamu perhatikan jika temanmu mengangguri pesanmu. Tak ada yang perlu dipermasalahkan hanya karena perkara membalas chat lama. Jangan biarkan rasa tak sabaran menguasai dirimu. Ayo belajar lebih sabar dan jadilah orang yang pandai memahami situasi!

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Dihindari Saat Bersama Temanmu, Biar Gak Ditinggalin!

Nindy Debbytha Adystifanny Photo Writer Nindy Debbytha Adystifanny

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya