Comscore Tracker

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Serius

Berdebatlah karena cinta, semua pasti kan baik-baik saja

Putus nyambung dalam hubungan, biasanya terjadi karena kamu belum benar-benar serius menyikapi perbedaan yang ada dengan si dia. Kedewasaan yang belum matang juga jadi faktor yang selalu bikin kamu memperparah masalah dalam hubungan. Karena itu, sebaiknya kamu mematangkan diri untuk menjadi pribadi yang baik dan gak asal pacaran.

Saat kamu benar-benar merasa sudah siap, lakukanlah pendekatan untuk menjalin hubungan yang serius, sebab cinta bukan perasaan yang pantas untuk dipermainkan. Memasuki jenjang hubungan serius, seharusnya bikin kamu siap menerima dia dengan segala perbedaan yang kalian miliki.

Harusnya sih, selama perbedaan itu bisa ditoleransi, kamu gak menjadikannya sebuah beban. Tapi, memahami kalau dia memang hadir dengan ‘dunianya’ yang berbeda. Berikut serangkaian alasan yang bisa kamu renungi.

1. Hubungan serius adalah saat di mana kamu bisa menghargai pemikirannya yang berbeda

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Seriuspexels.com/Brett Sayles

Kamu gak bakal berhasil menjalani hubungan serius, kalau gak bisa menghargai pemikiran pasangan yang berbeda. Gak bisa dimungkiri, kalau masalah perbedaan pendapat paling sering jadi pemicu pertengkaran dan gak sedikit yang hubungannya kandas.

Hargailah pemikiran pasangan selama hal itu memang bukan sesuatu yang salah. Cobalah berpikir dari sudut pandangnya dan berikan respon yang bikin pasanganmu merasa dihargai.

2. Hubungan serius adalah saat di mana kamu harus belajar mencari titik tengah di antara kalian

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Seriusunsplash.com/Yuriy Bogdanov

Perbedaan demi perbedaan yang ada di antara kalian, seharusnya bukan lagi jurang pemisah yang bisa menjauhkan. Kalau kamu sudah punya komitmen untuk serius dengannya, saatnya kamu belajar untuk terbiasa mencari solusi dari perbedaan kalian.

Hilangkan kebiasaan memperlebar masalah. Meredam ego untuk menang adalah syarat yang harus ada dalam hubungan serius. Bagaimana kamu bisa menemukan titik tengah kalau emosimu gak bisa dibendung?

Baca Juga: 5 Hal Sepele Ini Menunjukkan Bahwa Hubungan Kalian Makin Serius

3. Kamu punya kesempatan melihat hidup dari sudut pandang baru

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Seriusunsplash.com/tim foster

Setuju untuk berbeda pendapat gak selalu buruk, kok! Justru kamu diberi pandangan baru yang makin memperluas pengetahuanmu. Kalau kamu beneran cinta, gak seharusnya kamu menjatuhkan pendapatnya dan bikin dia sakit hati. Meski kamu menilai pandangannya keliru, cobalah untuk tetap berkata baik dalam memberi nasihat. Inilah sikap bijak yang perlu ada dalam hubungan serius.

4. Meski cinta setinggi langit, tapi dua isi kepala yang berbeda, gak mungkin bisa selalu seirama

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Seriuspexels.com/Alexander Wendt

Dia tumbuh dalam lingkungan dan gaya hidup yang mungkin jauh berbeda denganmu. Sangat wajar kalau kalian selalu punya pemikiran yang berbeda. Bahkan pasangan yang sudah berteman sejak kecil pun, pasti punya perbedaan pendapat yang harus diselaraskan.

Semakin seseorang dewasa, permasalahan hidup yang dihadapi bakal makin beragam. Kamu yang awalnya mungkin selalu "seiya-sekata" saat menjalin hubungan, gak menutup kemungkinan untuk berdebat dalam masalah baru di masa mendatang.

5. Perbedaan pendapat kadang mengajarimu untuk berani keluar dari kelemahanmu sendiri

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Seriusunsplash.com/Joshua Earle

Kadang, kamu perlu desakan dari seseorang untuk bisa keluar dari rasa takut. Inilah poin positif dari perdebatan dengan seseorang yang menyayangimu. Pendapat darinya adalah keinginan untuk melihatmu semakin baik, bukan dengan niat mengalahkanmu. Hati kecilmu pasti bisa membedakan mana pendapat yang sebenarnya demi kebaikanmu dan mana pendapat yang memang keliru.

6. Perdebatan juga membangun hubungan kuat sebab kamu makin mengenal karakternya

6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan SeriusPexels/AndieVenzl

Berdebat adalah sarana untuk mempelajari hal-hal apa yang disukai dan dibenci pasangan. Inilah pentingnya sikap menerima dan menghargai pendapat. Meski pandanganmu berbeda, setidaknya kamu jadi bisa menjauhi sikap yang gak disukainya supaya hubungan kalian minim pertengkaran. Kadang, kamu memang perlu melakukan apa yang gak kamu sukai demi menyenangkan hati pasangan. Begitulah bukti cinta dalam hubungan yang serius.

Setuju untuk berbeda pendapat bukan hal yang harus kamu takutkan. Semoga uraian di atas bisa bikin kamu semakin siap untuk menjalin hubungan serius dengan segala perbedaan yang ada di antara kamu dengannya.

Baca Juga: 5 Dampak Nyata Jika Sering Membandingkan Pasanganmu dengan Orang Lain

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya