Comscore Tracker

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!

Pria butuh waktu untuk memproses kejadian

Momen putus cinta pasti jadi satu hal yang sangat menyayat hati. Terlebih jika putus dengan cara yang tak baik. Kebanyakan pasangan putus dengan keadaan marah, benci atau kecewa. Semua berakhir dengan cara yang tidak menyenangkan.

Biasanya wanita akan lebih ekspresif dalam menanggapi perpisahan. Tak seperti pria yang cenderung lebih bisa mengendalikan perasaan. Mereka mungkin malah tak menunjukkan kesedihan yang begitu dalam. Ini lima alasan mengapa pria biasanya terlihat baik-baik saja pasca putus!

1. Masih diselimuti oleh ego saat baru saja putus 

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!ilustrasi putus dengan pasangan (pexels.com/rodnae-prod)

Demi menghindari patah hati, sebagian besar cowok akan terlihat lebih mementingkan harga diri. Selain itu juga tak ingin terlihat muram karena barus saja kehilangan pasangannya. Hal ini sebagai bentuk perlindungan diri.

Namanya baru saja putus, pasti ego masih sedang tinggi-tingginya. Semua akan sulit dikendalikan karena masih shock dengan kejadian yang barus saja dialami. Jadi, wajar jika cowok tak menunjukkan kesedihan pasca baru saja putus.

2. Cowok butuh waktu untuk memproses perasaannya 

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrew Neel)

Tak seperti cewek, akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan cowok untuk memproses perasaannya. Inilah alasan dia tak meraung atau menangisi perpisahan hubungan di antara kalian.

Cowok lebih rasional dan sulit untuk langsung memberi respon terhadap perasaannya. Sehingga, pikirannya akan lebih dikedepankan dibanding merasakan momen perpisahan tersebut. Itulah alasan dia yang mungkin tak terlalu mempermasalahkannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mending Putus dari Pacar yang Suka Menyuruh Utang

3. Dia merasa bahwa emosi positif akan selalu permanen 

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!ilustrasi pria di taman (unsplash.com/brookecagle)

Sesaat cowok akan merasa bahwa mereka memiliki emosi positif bahkan setelah perpisahan. Mereka akan meyakini bahwa emosi tersebut akan permanen. Artinya, dia yakin bahwa akan baik-baik saja sekalipun kalian telah berpisah.

Emosi positif yang dialami adalah respon dari pemikiran yang rasional. Jika sudah putus ya sudah putus saja, hidup tetap berjalan. Hanya saja dia tak lagi memiliki pasangan. Seperti itulah kira-kira pemikirannya.

4. Setelah beberapa waktu, dia mulai ragu terhadap emosi positifnya 

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!ilustrasi pria sedang bersedih (unsplash.com/franciscoegonzalez)

Dalam satu atau dua bulan ke depan, cowok akan mulai berpikir dan meragu. Dia akan mempertanyakan dirinya tentang perasaan yang datang terlambat. Emosi positif yang selama ini ada dalam dirinya perlahan menghilang.

Pikiran dan perasaan akan bercampur aduk menjadi sangat membingungkan. Egonya mulai luntur dan momen kebersamaan denganmu yang dulu kini mulai kembali. Tak sadar, mungkin dia mulai merindukan kebersamaan kalian dulu.

5. Dia mencoba meyakini bahwa putus adalah hal yang biasa 

5 Alasan Cowok Terlihat Biasa Saja Pasca Putus, Tak Melulu Sedih!ilustrasi sedang berpikir (pexels.com/chinmay-singh)

Pada akhirnya, cowok akan selalu meyakinkan dirinya bahwa putus adalah hal yang biasa. Dalam setiap hubungan, wajar jika tak selalu berakhir dengan bahagia. Cowok akan menganggap ini sebagai pembelajaran dalam kehidupan.

Daripada membebani pikirannya dengan kesedihan, dia akan mencoba menerima. Logika dan rasionalitas harus selalu dikedepankan. Dibanding dengan perasaan yang menguasai, maka tak akan ada habisnya.

 

Jadi, pria juga merasakan kesedihan pasca perpisahan dalam sebuah hubungan. Namun, seringnya tak ditunjukkan secara berlebihan, ya.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Baik-baik Saja selepas Putus Cinta, Bye Bye Sedih!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya