Comscore Tracker

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negara

Tantangannya berat tapi pasti bisa dihadapi 

Memiliki pasangan pasti tak pernah lepas dari tantangan dalam mempertahankan hubungan tersebut. Terlebih lagi jika kamu memiliki pasangan antarnegara. Tentu tantangannya akan lebih besar daripada pasangan kebanyakan. Mulai dari perbedaan bahasa, budaya, pandangan dan gaya hidup. Namun, itu semua bisa kamu hadapi jika kamu dan pasangan bisa saling mengerti satu sama lain.

Berikut merupakan lima tips mempertahankan hubungan agar langgeng bersama pasangan beda negara. Yuk, cari tahu apa saja tipsnya sebagai berikut!

1. Berkomunikasi di waktu yang sesuai

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negarailustrasi berkomunikasi dengan pasangan (unsplash.com/lebrvn)

Tantangan pertama tentu seputar komunikasi dan bahasa. Kamu perlu memahami bahasa yang bisa dimengerti satu sama lain, dan biasanya memakai bahasa Inggris. Selain itu kamu dan pasangan juga harus mempertimbangkan waktu yang kalian gunakan untuk bisa saling berkomunikasi.

Hal ini dikarenakan biasanya akan terjadi perbedaan waktu di tempatmu dan tempatnya. Jadi, carilah waktu di mana kalian bisa saling memiliki waktu luang untuk bisa berkomunikasi dengan nyaman.

2. Selalu berpikiran terbuka dan pahami budayanya

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negarailustrasi memahami pasangan (unsplash.com/jakobowens1)

Penting untuk bisa memiliki pemikiran yang terbuka jika pasanganmu berasal dari negara lain. Pasalnya sudah tentu kamu dan pasangan memiliki budaya dan gaya hidup yang berbeda. Apa yang menurutmu biasa mungkin tak biasa baginya, begitu pun sebaliknya. Sehingga diperlukan rasa saling mengerti dan menerima satu sama lain.

Kamu bisa mencari tahu banyak hal tentang dirinya begitu pun dengan dirinya. Jangan sampai segala perbedaan yang kalian miliki menjadi pemicu keretakan hubungan karena tidak bisa saling menerima.  

Baca Juga: Catat! Ini Hal-Hal yang Harus Disiapkan untuk Nikah Beda Negara

3. Sering komunikasi melalui panggilan video

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negarailustrasi panggilan video dengan pasangan (unsplash.com/bencollins)

Selain melalui pesan singkat dan panggilan suara, perlu juga melakukan komunikasi melalui panggilan video secara rutin. Kemajuan teknologi saat ini mempermudah untuk bisa saling melihat satu sama lain.

Hal ini penting untuk menghadirkan suasana lebih dekat dan nyata. Kamu juga bisa melepas rasa rindu dengan melihatnya secara langsung di layar gadget. Melalui panggilan video kamu dan pasangan juga bisa lebih merasakan kehangatan hubungan.

4. Agendakan pertemuan rutin

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negarailustrasi pertemuan rutin (unsplash.com/frame_media)

Jika memungkinkan kamu dan pasangan perlu untuk mengagendakan pertemuan rutin. Semakin mudah kamu dan pasangan bertemu, maka akan semakin banyak intensitas pertemuan yang bisa kalian agendakan.

Namun, jika jarak terlalu jauh memisahkan, maka bisa mengambil waktu pertemuan dua kali satu tahun atau tergantung kesempatan. Pertemuan rutin bisa membuat kalian saling mencurahkan rasa rindu dan tidak sabar untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya hingga bisa bersama.

5. Selalu jujur akan hal yang kamu suka atau tidak suka

5 Tips Hubungan Awet yang Punya Pasangan Beda Negarailustrasi jujur terhadap pasangan (unsplash.com/kellysikkema)

Kejujuran adalah hal yang juga tak kalah penting dalam sebuah hubungan. Hal ini tak hanya berlaku bagi pasangan jarak jauh tetapi untuk semua pasangan. Kamu dan pasangan diharuskan untuk bisa saling terbuka dengan perasaan masing-masing.

Apa yang kamu suka atau tidak suka, apa yang mengganggu pikiranmu dan mengkhawatirkanmu sebaiknya semua dikomunikasikan. Sehingga kamu tidak perlu menahan rasa atau unek-unek yang tidak tersampaikan.

LDR terlebih beda negara bukan hal yang mudah, kamu dan pasangan perlu usaha ekstra agar hubungan kalian tetap terjalin. Semoga hubungan tetap awet meski sedang berjauhan ya!

Baca Juga: 5 Tips Langgeng Cinta Beda Negara, Awet Meski LDR

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya