5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!

Kalian harus saling menghargai satu sama lain

Hubungan emosional merupakan perasaan keselarasan antara dua orang yang lebih dari sekadar ketertarikan fisik. Di tahapan ini, kamu akan merasa terhubung pada tingkatan jiwa yang lebih dalam, di mana kamu merasa aman, saling perhatian, empati, serta kemampuan untuk menyelaraskan emosi dengan pasangan.

Sehingga, untuk bisa mencapainya dibutuhkan ungkapan perasaan yang terbuka dan jujur. Saat kalian terhubung secara emosional, maka itu akan menumbuhkan kepercayaan, keintiman, dan kebahagiaan dalam hubungan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tanda umum yang menunjukan bahwa kamu sudah terhubung secara emosional dengan pasangan. Yuk, simak!

1. Peduli dengan keinginan dan kebutuhan satu sama lain

5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!ilustrasi berkencan (pexels.com/Criativa Pix Fotografia)

Hubungan emosional yang terjalin baik akan menumbuhkan sikap peduli dengan satu sama lain. Gak hanya pada kebutuhannya, tetapi juga keinginan pasangan. Tracie Pinnock, terapis, dilansir mindbodygreen, menyebut bila itu disebabkan karena saat ada hubungan emosional dengan seseorang kamu ingin membuatnya bahagia.

"Pemenuhan hasrat seseorang adalah bagian utama dari kebahagiaan. Oleh karena itu, hubungan emosional dengan seseorang secara alami membuat kamu menginginkan mereka mendapatkan hal-hal yang diinginkannya dalam hidup," tambahnya.

2. Bersikap terbuka dan menjadi pendengar aktif

5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!ilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA )

Tanda berikutnya adalah momen di mana kamu merasa nyaman untuk berbagai nilai, keyakinan, dan impian satu sama lain, sehingga kalian bisa saling mendukung dan memperjuangkan satu sama lain. Saat kamu dan pasangan bersiap terbuka, maka kalian bisa dengan nyaman berbicara secara bebas tanpa ada yang disembunyikan.

Gak hanya itu, saat salah satu dari kalian tengah bercerita, biasanya pihak lain akan jadi pendengar aktif yang bukan hanya sekadar mendengarkan, tetapi juga terlibat dalam pembicaraan itu. Dikutip mindbodygreen, Justine Grosso, psikolog berlisensi berkata, bila mendengarkan secara aktif menunjukan hubungan emosional yang nyata.

“Mendengarkan secara aktif mencakup hadir dan memperhatikan lawan bicara, serta menunjukkan bahwa kamu mendengarkan melalui kontak mata dan anggukan kepala,” imbuhnya.

3. Tertarik dengan hobi masing-masing

5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!ilustrasi laki-laki tersenyum kepada perempuan (pexels.com/Mẫnn Quang)
dm-player

Saat awal menjalani hubungan, kamu dan pasangan mungkin punya hobi dan minat yang berbeda. Namun, seiring berjalannya waktu dan kalian sudah saling mengenal serta terhubung, hobi-hobi tersebut mungkin juga sedikit banyak akan cukup menarik perhatian satu sama lain.

Pinnock menjelaskan, "Minat atau hobi pasangan kamu mungkin bukan hal-hal yang membuatmu tertarik secara alami. Tetapi, ketika kita memiliki hubungan emosional dengan seseorang, kita sering kali mendapati diri kita ingin setidaknya mendidik diri sendiri tentang minat seseorang sebagai cara untuk lebih dekat dengannya".

Misalnya, pasanganmu senang dengan seni lukis dan gemar pergi ke pameran lukisan. Meskipun itu bukan hal yang menarik minatmu, tapi kamu ingin coba menghabiskan waktu di pameran lukisan bersama. Begitupun pasanganmu yang melakukan hal serupa.

Baca Juga: 5 Jenis Kebutuhan Emosional Manusia, Sudah Penuhi Semuanya?

4. Punya koneksi intuitif

5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!ilustrasi jalan bersama (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tanda lain yang cukup jelas saat kamu dan pasangan terhubung secara emosional adalah kalian punya koneksi intuitif. Maksudnya, terkadang baik kamu atau pasangan gak butuh lagi kata-kata untuk bisa mengomunikasikan sesuatu yang hendak disampaikan.

Noah Williams, seorang expert blogger, dikutip Marriage, menyebut, kamu dapat secara intuitif merasakan suasana hati, kebutuhan, serta keinginan satu sama lain. Hal tersebut membuat hubungan kalian hampir mirip seperti telepati. Meskipun gak selalu sama dengan itu, tapi ada momen-momen tertentu di mana kalian merasakannya.

5. Mampu menyelesaikan konflik secara efektif

5 Tanda Kamu dan Pasangan Terhubung Secara Emosional, Cari Tahu!ilustrasi menobrol di kafe (pexels.com/cottonbro studio)

Meskipun hubungan kalian tampak baik-baik saja dan bisa saling terbuka, bukan berarti gak akan ada konflik yang datang. Perselisihan dan perdebatan masih sangat mungkin timbul di tengah-tengah hubungan. Yang membedakannya dengan hubungan lain adalah cara penyelesaian konfliknya.

Williams mengungkapkan, saat kamu dan pasangan sudah terhubung secara emosional, kalian bisa menangani perselisihan dengan matang dan mencari solusi tanpa merusak hubungan. Saat ada konflik, kalian cenderung bisa lebih tenang, saling menghargai, dan mengandalkan satu sama lain dalam mencari jalan keluarnya.

Terhubung secara emosional dengan pasangan menjadi aspek yang sangat penting demi keberlangsungan hubungan kalian. Nah, di antara tanda-tanda di atas, mana saja yang kamu temukan ada dalam hubunganmu?

Baca Juga: 4 Tips Mengasah Kecerdasan Emosional Anak, Orangtua Wajib Tahu!

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya