Comscore Tracker

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubungan

Yuk, introspeksi diri

Terkadang, ketika kita sedang menjalankan suatu komitmen dengan seseorang, kamu mulai sulit menyadari bahwa sebenarnya ada yang berubah dari dirimu. Bahkan terasa seperti bukan dirimu sendiri yang menjalankan dirimu semenjak menjalin suatu hubungan.

Berikut enam tanda nyata kalau kamu sudah kehilangan jati dirimu sesungguhnya.

1. Kamu tak pernah meluangkan waktu untuk diri sendiri

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@brookecagle

Hampir setiap waktu kamu habiskan dengan pasanganmu, tanpa disadari kamu sampai lupa dengan dirimu sendiri. Jika sudah seperti ini sebaiknya kamu harus mencoba untuk sedikit merelakan waktumu dengannya untuk mencoba kembali menemukan jati dirimu dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai tanpanya.

2. Kamu mulai kehilangan kehidupan sosialmu

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@felixrstg

Tak hanya lupa dengan diri sendiri, kamu juga mulai kehilangan kehidupan sosialmu. Kamu jadi jarang menghabiskan waktu dengan teman-teman dekatmu dan keluargamu karena sudah terbiasa menghabiskan waktu dengan kekasihmu.

3. Kamu tak bisa membuat keputusan sendiri

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@jeremyperkins

Karena kehilangan jati dirimu bahkan tanpa disadari kamu sudah mulai tidak dapat membuat keputusan sendiri. Kamu justru akan lebih memikirkan pendapat dari kekasihmu, bahkan dalam hal sepele sekalipun. Alhasil, bukan kamu yang mengontrol hidupmu, melainkan orang lain.

Baca Juga: 8 Kesalahan Terbesar Cewek Saat Pacaran, Jangan Dilakukan Dong!

4. Kamu akan selalu bilang "iya" kepada pasanganmu

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@rcjphoto

Pernah gak sih kamu selalu mengiyakan apapun perkataan dari kekasihmu hanya karena takut akan berujung pertengkaran? Kalau iya, maka kamu perlu merenungkan dirimu lagi. Bukan karena ia kekasihmu namun kamu harus selalu menyetujui semua perkataannya. Kamu punya hak untuk mengatakan pendapatmu meski harus berkata tidak.

5. Kamu mulai kehilangan percaya diri

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@jeremyperkins

Tanda paling jelas ketika kamu kehilangan jati dirimu yaitu ketika kamu mulai merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu tanpa kekasihmu dan merasa ketergantungan dengannya. Kamu harus selalu ingat, hubungan yang sehat yaitu ketika pasanganmu bisa meningkatkan rasa percaya dirimu, bukan justru kehilangannya.

6. Kamu kehilangan impianmu sendiri

Renungkanlah, 6 Tanda Nyata Kamu Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/@seemoris

Lebih parahnya lagi kalau kamu sudah sampai tanda yang satu ini. Kamu mulai kehilangan tujuan dan impian yang ingin kamu capai sebelumnya. Kamu rela mengesampingkan tujuan hidupmu hanya karena terlalu fokus dengan kehidupan pasanganmu.

Itu dia enam tanda kalau kamu sudah kehilangan jati dirimu dalam hubungan. Jika kamu sudah merasakan keenam tanda di atas, sudah saatnya kamu renungkan ya. Kembalikan jati dirimu sesungguhnya, karena pasangan sejati akan menerima bagaimanapun dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Kerap Pacaran dengan Sosok yang Mirip dengan Mantan

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Community Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You