Comscore Tracker

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! 

Coba cek ke pasanganmu!

Jakarta, IDN Times - Saat menjalani hubungan pacaran, pengalaman apa aja nih yang sudah pernah kamu rasakan? Pengalaman manis yang bisa dikenang atau malah pengalaman buruk yang bikin trauma? Wah, memang ya menjalani sebuah hubungan itu gak bisa selamanya mulus.

Banyak hal nih yang bisa jadi faktornya, bisa dari background pasangan, sifat, kebiasaan dan lain-lain. Apalagi setiap pasangan punya tipe hubungan yang berbeda-beda, kira-kira apa aja sih jenisnya? Kalau kamu pernah menjalani tipe yang mana nih, coba crosscheck yuk!

1. Open relationship

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! Shutterstock/Denis OREA

Kalau kamu dan si dia pernah punya komitmen menjalin hubungan terbuka dan memberi kebebasan satu sama lain, bisa dibilang kamu sedang menjalani tipe hubungan yang satu ini. Contoh simpelnya, kamu membebaskan pasanganmu untuk liburan, nge-date, atau bahkan berteman dengan yang lain.

Tapi jangan salah, pasangan yang menjalin tipe open relationship ini bisa dibilang punya dasar saling percaya yang sangat kuat. Soalnya mereka yakin sebebas apapun yang dilakukan pasangannya, dia gak akan pernah mengkhianati komitmen yang sudah kalian bangun berdua. Ada yang begini?

Baca Juga: 5 Relationship Goal ala Dosan-Dalmi dalam 'Start-Up' yang Patut Ditiru

2. Dominant relationship

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! Shutterstock/Prostock-studio

Hubungan tipe ini sepertinya hampir sering dialami oleh sebagian besar pasangan ya, mungkin kamu salah satunya ya? Dalam hubungan jenis ini, jelas terlihat bahwa ada salah satu sosok yang dominan untuk mengatur jalannya sebuah hubungan. Seperti membuat banyak aturan yang harus diikuti, ataupun efeknya membuat pasangan merasa hidupnya selalu diatur.

Sebenarnya, tipe dominant relationship ini bisa berjalan sehat lho. Caranya, kamu dan pasangan harus bisa sama-sama mendominasi. Dominasi yang sehat menuntut kalian untuk bisa membela diri sendiri dan bisa mengekspresikan keinginan dan kebutuhan kalian secara efektif. Jangan ada statement “cewek selalu benar” atau “cowok yang memimpin” lagi ya!

3. Distracted relationship

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! Shutterstock/WAYHOME studio

Kalau tipe relationship yang satu ini, kamu atau pasangan menjalani hubungan tapi terdistraksi dengan hal-hal, seperti: karier, cita-cita, passion dan lain-lain. Karena kesibukan ini, hubungan kamu atau si dia jadi gak ada waktu untuk satu sama lain. 

Wah, hal ini bisa jadi penyebab percikan-percikan masalah lho! Tapi, hubungan kamu dan pasangan masih bisa dipertahankan kalau kalian bisa saling support. Bahkan, kamu bisa mulai pelan-pelan memahami apa yang menjadi karier, cita-cita, atau passion pasanganmu.

Seperti support kamu yang diberikan ke pasangan, di awal tahun 2021 ini OPPO segera meluncurkan smartphone terbarunya yaitu OPPO Reno5. Device ini bisa banget dukung kebebasanmu dalam berekspresi. Soalnya, fitur-fitur unggulan OPPO Reno5 ini cocok buat kamu yang suka bikin konten video, yaitu: AI Mixed Portrait mampu memadukan subjek dan latar belakang sehingga menghasilkan video artistik. Fitur Dual-View Video untuk merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan dan AI Highlight Video untuk merekam Ultra Night Video atau Live HDR di malam hari tanpa takut video jadi gelap.

https://www.youtube.com/embed/ONng0soiboM

Nah, buat kamu yang udah penasaran banget sama OPPO Reno5, langsung aja yuk nonton exclusive online launch event OPPO Reno Series. Catat tanggalnya ya, Selasa, 12 Januari 2020 pukul 18.45 WIB. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa klik di sini ya!

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! IDN Times/OPPO Reno5

4. Toxic relationship

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! Shutterstock/fizkes

Saat menjalani hubungan ini, kamu dan pasangan sering kali merasakan kecemasan, stres atau bahkan depresi. Menjalani hubungan toxic relationship ini akan berdampak pada keadaan fisik bahkan sampai mental seseorang lho.

Hubungan seperti ini biasanya gak terlihat dari luar. Pasangan ini bisa terlihat bahagia-bahagia saja seperti pasangan pada umumnya nih. Tapi sebenarnya dalam hati dirinya gak bahagia dengan hubungan yang dijalaninya. Bahkan bisa sering membuat frustasi tanpa alasan yang jelas.

5. Long distance relationship

Yakin Punya Relationship yang Sehat? Kenali Dulu Yuk 5 Tipenya! Shutterstock/Studio Romantic

Terbatasnya jarak atau bahkan waktu sering kali jadi pemicu masalah pasangan yang menjalani tipe LDR ini lho guys. Saat menjalani hubungan ini, kamu dan pasangan akan selalu diuji soal kepercayaan dan komunikasi. Apalagi di masa pandemik seperti sekarang ini, meski kalian berada di satu kota yang sama, belum tentu bisa saling bertemu ya.

Agar gak terjadi konflik yang besar, jagalah kepercayaan yang dipercayakan oleh pasanganmu dan tetap menjaga komunikasi yang baik ya. Hubungan kalian harus bisa saling menguatkan dan bertahan dari cobaan-cobaan. Seperti cemburu, rasa rindu, merasa insecure, dan banyak hal. 

Setelah tahu kelima tipe relationship ini, kamu termasuk tipe yang mana guys? (CSC)

Baca Juga: Ubah Toxic Relationship Jadi Healthy Relationship? Bisa, Asal...

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya