Comscore Tracker

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua 

Ternyata ini lho kuncinya!

Manusia sebagai makhluk sosial tidak pernah bisa berdiri sendiri. Di tengah pahitnya perjalanan hidup yang harus dilewati, setiap kamu pasti membutuhkan seorang atau beberapa orang untuk berbagai. Apapun keadaannya, entah dalam bahagia atau saat terjatuh misalnya. Kamu membutuhkan orang yang tidak hanya menyambut kelebihanmu, tetapi juga menerima segala kekuranganmu, namun tetap berdiri untuk meraih tanganmu. Yup, itulah sahabat.

Namun, hubungan antara manusia satu dengan lainnya tidak terlepas dari konflik. Suatu ketika mungkin kamu akan mengalami masalah atau pertengkaran dengan sahabat yang akibat terburuknya dapat memecah hubungan persahabatan yang sudah terjalin selama ini. Maka dari itu kamu perlu menjaga hubungan yang baik dengan sahabat-sahabatmu. Berikut ini beberapa kriteria hal yang harus punya agar persahabatan yang kamu miliki bisa awet sampai tua.

1. Jujur jadi modal yang paling utama

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Priscilla Du Preez

Kejujuran ibarat fondasi dalam sebuah hubungan. Dengan saling jujur pada sahabat akan membuat ikatan batin persahabatan menjadi lebih erat. Sampaikan apa yang perlu kamu sampaikan kepada sahabatmu. Jangan takut untuk berkata jujur karena sepahit apapun hal yang kamu katakan, sahabatmu akan selalu menghargai dan mempertimbangkannya. Yang pasti, kejujuran akan menghindarkan hubungan persahabatanmu dari salah paham dan asumsi-asumsi yang justru sangat berbahaya.

2. Segera meminta maaf setelah membuat kesalahan

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, suatu saat kamu mungkin akan mengalami masalah dan pertengkaran dengan sahabat. Walaupun akan muncul rasa ego yang besar, tidak mau mengalah, dan tidak mau disalahkan - saling meminta maaf tetap menjadi cara yang ampuh untuk meleburkan segala kebencian atau kesalahpahaman yang terjadi.

Meminta maaf bukan berarti kamu kalah atau berarti memang kamu yang salah. Ini adalah suatu bentuk kebesaran jiwa untuk menyelesaikan masalah yang ada dan menghangatkan kembali hubungan yang ada. Setelah kamu meminta maaf, kamu bisa memperbaiki kembali hubungan dengan sahabat. Jadi, jangan takut untuk meminta maaf kepada sahabatmu ya.

3. Ringan mengucapkan terima kasih

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Omar Lopez

Ucapan terima kasih mungkin terkesan sederhana dan tidak seberapa berarti, tetapi mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga hubunganmu dengan sahabat. Walau terkesan sederhana, hanya dengan mengucapkan terima kasih kepada sahabatmu saat kamu telah dibantunya akan membuat dia merasa dihargai dan dibutuhkan. Jadi jangan berpikir bahwa meskipun hubungan kalian sangat dekat hingga bisa mengabaikan tata cara berterima kasih yang baik. Dengan mau saling mengucapakan terima kasih, hubungan persahabatmu akan semakin kuat.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghadapi Teman yang Kompetitif, biar Persahabatan Awet

4. Saling tolong - menolong itu wajib

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Joshua Ness

Karena kamu tidak selalu dalam keadaan bahagia dan terkadang dirundung masalah, sahabatlah yang ada di belakangmu untuk mendukung. Saat kamu selalu ada untuknya, sahabatmu juga akan melakukan hal yang serupa. Kunci untuk menjaga persahabatan salah satunya dengan saling tolong-menolong. Pastinya kamu tidak mau 'kan dibutuhkan hanya secara sepihak?

5. Bisa diandalkan untuk menjaga rahasia

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Bewakoof.com Official

Hal ini layaknya menjaga kepercayaan yang sahabat berikan. Jangan sampai kamu menceritakan kepada orang lain hal-hal rahasia tentang sahabat. Sahabatmu pasti akan terluka karenanya dan bisa-bisa akan menjauhi dan meninggalkanmu. Saling menjaga rahasia sudah merupakan kewajiban tidak tertulis yang harus kamu lakukan dengan sahabatmu.

Ketika kamu mampu menjaga rahasia sahabatmu, dia pun akan lebih percaya. Pastinya hubungan persahabatan kalian akan menjadi lebih kuat. Dengan demikian, persahabatan akan bisa terjaga hingga tua nanti.

6. Saling menghargai satu sama lain

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Sam Manns

Seberapa dekat pun persahabatan, kamu tidak berhak untuk mengontrol sahabatmu. Kamu mungkin akan mempunyai perbedaan pendapat dan pandangan dengannya tetapi tidak berarti kamu bisa memaksakan kehendak dan pendapatmu kepadanya. Kamu harus tetap menghargai keputusannya meskipun berbeda dengan pendapat dengannya sekalipun. Intinya adalah untuk saling menghargai.

7. Tunjukan bahwa kamu menyayanginya

7 Kriteria yang Harus Kamu Punya Demi Persahabatan Awet Sampai Tua unsplash.com/Helena Lopes

Jangan merasa gengsi atau sungkan untuk menunjukkan rasa sayangmu kepada sahabat. Kamu bisa kok mengungkapkan rasa sayangmu lewat kata-kata atau perbuatan, seperti memberikan kado misalnya. Hal tersebut tidak akan terlihat berlebihan kok, justru akan membuat sahabatmu merasa beruntung memilikimu.

Nah, apakah kamu sudah memiliki kriteria-kriteria di atas? Jika sudah tentu kamu layak bersyukur karena berarti hubungan persahabatanmu akan terjaga dengan baik. Namun jika belum, tidak ada salahanya untuk mulai pelan-pelan mewujudkan kriteria-kriteria di atas ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Hubungan Persahabatan Terbaik dalam Anime yang Pernah Ada?

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya