Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! 

Sedih boleh, move on wajib

Putus cinta menjadi hal wajar yang akan dialami siapa saja. Sayangnya, gak semua orang mudah move on dan menerima perpisahan setelah putus cinta. Seringkali orang justru terus terjebak dalam kesedihan seolah menjadi orang yang paling menderita di dunia. Alih-alih tenggelam dalam kesedihan, akan jauh lebih bijak bersikap lebih dewasa usai dihadapkan dengan fakta putus cinta.

Berikut ini beberapa hal yang gak boleh dilakukan terus menerus setelah mengalami kegagalan hubungan.

1. Terus menerus menangisi perpisahan 

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! Pexels.com/Ekrulila

Memang wajar merasa sedih usai putus cinta, tapi bukan berarti kita boleh terus menangisi perpisahan yang sudah terjadi. Menangislah seperlunya, bahkan semalaman jika itu bisa membuat perasaan jadi lebih lega. Namun, setelah itu jangan sampai ada lagi air mata karena alasan yang sama.

Sebab sebenarnya putus cinta hanya sebuah siklus yang harus dilewati agar kita bisa jauh lebih dewasa. Ibarat roda yang berputar, masa ini akan berlalu dan nanti kita akan menemui cinta baru yang kembali membawa kebahagiaan.

2. Mendengarkan lagu melankolis 

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! Pexels.com/Ketut Subiyanto

Lagu melankolis seolah sudah menjadi teman terbaik saat merasa sedih, terlebih setelah putus cinta. Gak jarang daftar lagu yang didengarkan tiba-tiba dipenuhi dengan tema patah hati yang terasa pas dengan kondisi saat ini. Namun, terlalu larut dalam lagu melow bertema patah hati seperti ini justru akan menjatuhkan semangat hidupmu.

Putus cinta bukanlah akhir dari segalanya hingga hari-harimu harus dihabiskan bersama kesedihan. Nikmati lagu sedih secukupnya, lalu ganti semua playlist dengan lagu yang lebih bersemangat agar hidup lebih bergairah.

Baca Juga: Putus atau sambung? Ini Hal Positif yang Kamu Rasakan saat Pilih Putus

3. Mengurung diri di kamar seharian 

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! Pexels.com/Sofia Garza

Beberapa dari kita mungkin lebih memilih berdiam diri di kamar saat sedang bersedih akibat putus cinta. Hidup seolah sudah tanpa semangat setelah tidak lagi bersama dengan dia yang kita sayang. Namun, keputusan untuk mengurung diri di kamar hanya akan semakin menyiksa batinmu.

Bukan hanya itu, terlalu lama mengurung diri juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Cobalah untuk lakukan lagi aktivitasmu seperti biasa. Gak masalah jika enggan ke luar rumah, tapi setidaknya sibukkan diri dengan hal-hal positif yang bisa menghibur kesedihanmu.

4. Berusaha meyakinkan si dia untuk kembali 

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! Pexels.com/Tobias Aeppli

Terkadang saat dihadapkan dengan keputusan mengakhiri hubungan, akan ada upaya untuk mempertahankan. Orang mungkin akan berusaha untuk meyakinkan pasangan agar kembali, dengan berbagai macam cara. Namun, tidak semua cinta harus diperjuangkan saat sudah menemui akhir.

Ada kalanya kita harus memilih untuk melepaskannya. Bukan karena tidak sayang, tapi perjuangan butuh dilakukan oleh kedua belah pihak. Akan sia-sia jika hanya satu orang yang melakukannya. Relakan dia, lalu buka kembali hatimu untuk hubungan baru yang jauh lebih baik dan layak diperjuangkan bersama.

5. Menyalahkan diri sendiri 

5 Hal yang Gak Boleh Terus Dilakukan Usai Putus Cinta, Harus Move On! Pexels.com/Inzmam Khan

Kegagalan dalam mempertahankan hubungan gak jarang menyisakan rasa bersalah. Sebagian orang mungkin akan menyesali kesalahan yang pernah dilakukan hingga berujung pada sikap menyalahkan diri sendiri. Padahal, berakhirnya sebuah hubungan gak selalu akibat kesalahan yang diperbuat.

Bisa saja memang dia bukanlah orang yang tepat hingga harus berakhir saat ini. Baik kamu atau dia sebenarnya sama-sama tidak bersalah. Terus menyalahkan diri hanya akan memperburuk kondisi mental yang sedang terpuruk akibat kesedihan yang tengah dirasakan.

Nah, itu tadi kelima sikap yang gak boleh terus menerus dilakukan setelah putus cinta. Sedih boleh, tapi harus berusaha untuk move on juga, ya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat agar Cepat Move On dari Mantan

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya