Comscore Tracker

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonis

Salah satunya jangan bohong!

Semua orang pasti menginginkan hubungan yang dijalani bisa terus harmonis dan langgeng. Berbagai upaya pun dilakukan demi menjaga keharmonisan dengan pasangan. Mulai dari menjaga komunikasi sampai meluangkan waktu untuk quality time bersama, sering jadi jurus ampuh demi hubungan yang langgeng.

Namun, terkadang orang lupa untuk juga menghindari beberapa sikap tertentu karena dianggap sepele. Biar makin harmonis bareng pasangan, yuk hindari sikap-sikap berikut ini dalam menjalani hubungan.

1. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonisilustrasi pasangan (Unsplash.com/Ayo Ogunseinde)

Gak ada orang yang akan merasa nyaman saat dibandingkan dengan orang lain, termasuk pasanganmu. Dia adalah pribadi berbeda dari siapa pun di luar sana, lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang seharusnya kamu terima dengan besar hati.

Andai ada sikapnya yang memang kurang baik, sebaiknya bicarakan dari hati ke hati agar dia mulai mengubah perilaku. Tentunya tanpa harus dibandingkan dengan orang lain yang bisa saja malah menyinggung perasaan maupun harga dirinya.

2. Melupakan kebaikan yang dilakukan pasangan

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonisilustrasi pasangan (Unsplash.com/Henri Pham)

Saking sudah paham karakter masing-masing sampai pada kebiasaan buruk, terkadang kita jadi abai pada sisi menarik dan kebaikan-kebaikan yang pernah begitu kita banggakan. Terlebih saat sedang kesal dengan sikapnya, gak jarang kita jadi lupa dengan kebaikan pasangan.

Apalagi kalau sedang ada masalah, sisi baik pasangan seolah lenyap ditelan emosi yang dirasakan. Marah boleh saja, tapi saat masalah sudah selesai dan kembali berbaikan, jangan ragu untuk kembali mengakui bahwa memang ada sisi baik dalam diri pasangan kita.

Baca Juga: 5 Momen Hubungan Ini Bisa jadi Tanda Hubungan Bakal Langgeng Selamanya

3. Mengungkit kesalahan yang sudah lewat

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonisilustrasi pasangan (Unsplash.com/Alex Motoc)

Seharusnya, saat masalah yang terjadi sudah diselesaikan baik-baik, hentikan terus mengingat kesalahpahaman tersebut. Biarkan yang sudah berlalu berhenti di hari kemarin. Jangan pernah mengungkit masalah lama di kemudian hari.

Meski dengan niat bercanda lewat sindiran, tapi sikap semacam ini justru akan memicu masalah baru. Bahkan luka lama bisa terbuka lagi dan malah mengancam keharmonisan dalam hubungan.

Kubur saja masalah yang sudah berlalu. oh semua sudah diselesaikan sampai tuntas, bukan?

4. Ingin dimengerti tapi terus memendam isi hati 

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonisilustrasi pasangan (Unsplash.com/Milan Popovic)

Orang bilang, dalam laut bisa dikira tapi dalam hati tak pernah bisa diduga. Itulah kenapa kita gak boleh memendam apa yang dirasakan, terlebih pada pasangan. Gak masalah kok kalau ingin menyampaikan unek-unek yang dirasakan, tentunya dengan cara yang baik.

Jangan pernah menuntut pasangan untuk memahami dan mengerti perasaanmu tanpa kamu sendiri yang membuka hati lebih dulu. Pasanganmu bukan cenayang yang bisa menebak isi hati dan pikiran. Sampaikan saja perasaan dan pemikiranmu agar dia paham. 

5. Paling fatal, berbohong!

Hindari 5 Sikap Ini kalau Mau Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonisilustrasi pasangan (Pexels.com/Vera Arsic)

Tidak ada satu orang pun yang merasa nyaman saat dibohongi. Hal kecil sekalipun, kebohongan tetaplah bentuk dari penipuan yang mampu menyakiti hati pasangan. Gak hanya menyakitkan, kebohongan juga otomatis akan merusak kepercayaan, lho.

Pikirkan baik-baik sebelum punya niat menyembunyikan sesuatu dari pasangan. Kebohongan kecil gak akan pernah sebanding dengan dampaknya bagi hubungan kalian. Bahkan, marahnya pasangan masih lebih baik dibanding risiko harus kehilangan kepercayaan.

Membangun sebuah hubungan memang gak selalu mudah. Masalah dan tantangan akan terus ada demi menguji ketangguhan hubungan. Jadi, gak ada salahnya untuk berusaha keras menjaga keharmonisan hubungan. Salah satunya dengan menghindari sikap-sikap tadi.

Baca Juga: 6 Topik Pembicaraan yang Bikin Hubunganmu sama Pasangan Makin Harmonis

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya