Comscore Tracker

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak 

Waspadai, lalu segera atasi! 

Idealnya, sebuah hubungan dijalani tanpa jarak yang memisahkan agar kedekatan yang ada bisa terjalin minim hambatan. Faktanya, gak semua hubungan bisa sesuai harapan hingga harus menjalani Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh.

Terkadang perbedaan jarak memang bisa memicu keretakan dan jadi momok tersendiri dalam hubungan. Namun, sebenarnya keharmonisan pasangan yang menjalani LDR gak melulu rusak hanya karena jarak.

Bukan mutlak akibat bentangan jarak, berikut beberapa hal yang sering jadi ancaman bagi keharmonisan hubungan jarak jauh. Waspadai, lalu segera atasi!

1. Komunikasi yang gak lancar 

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak ilustrasi pasangan (Pexels.com/PNW Production)

Komunikasi menjadi kunci penting dalam menjaga keharmonisan hubungan, terutama untuk pelaku LDR. Sebab, komunikasi yang lancar akan membangun hubungan semakin kokoh lewat keterbukaan dan kedekatan yang dijaga terus menerus.

Gak heran kalau keharmonisan LDR bisa terancam saat komunikasi bersama pasangan mulai gak lancar. Jarak dan kesibukan sering dijadikan kambing hitam meski sebenarnya penyebab utamanya adalah pengabaian dalam menjaga komunikasi bersama pasangan.

2. Lupa untuk melakukan quality time 

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Joanna Nix-Walkup)

Imbas dari tidak lancarnya komunikasi membuat kalian lupa untuk meluangkan waktu bersama meski sekadar untuk menelepon. Hilangnya quality time yang gak lagi diupayakan bersama ini akan membuat kedekatan hati seolah makin jauh, sejauh jarak yang sudah terbentang.

Terkadang muncul juga anggapan bahwa waktu bisa diciptakan kembali saat sudah berkumpul. Namun, eksekusinya kerap gak sesuai harapan karena rasa yang ada tidak pernah dijaga terus tumbuh ketika sedang berjarak. Saat bertemu, yang terasa malah kerenggangan.

Baca Juga: Bukan Jarak, Ini 5 Alasan Penyebab Kandasnya Hubungan Saat Jalani LDR

3. Gak ada keterbukaan yang sama saat belum terpisah jarak 

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak ilustrasi pasangan (Pexels.com/RODNAE Productions)

Keterbukaan seringkali mampu menjadi jembatan pemersatu karakter dan cara berpikir dua pribadi berbeda yang menjalani hubungan. Jadi, gak heran kalau komunikasi tanpa keterbukaan lebih sering jadi "duri" bagi sebuah hubungan, tak terkecuali untuk LDR.

Sayangnya, keterbukaan yang punya peran penting ini intensitasnya kerap menurun saat pasangan mulai terpisah jarak. Ujungnya, jarak lagi yang disalahkan saat keharmonisan mulai goyah. Padahal, kalian sendiri yang mulai lupa untuk saling menjaga keterbukaan.

4. Ada cemburu yang berujung pada curiga 

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak ilustrasi berdebat (Pexels.com/RODNAE Productions)

Rasa cemburu memang wajar muncul dan kerap dianggap sebagai "bumbu" manis dalam hubungan. Namun, cemburu yang tanpa kendali dan solusi justru jadi bumerang untuk diri sendiri dan pastinya keharmonisan hubungan hingga kerap dianggap sebagai musuh besarnya LDR.

Bukan tanpa alasan, cemburu yang muncul mampu tumbuh jadi rasa curiga yang gak beralasan. Gak bisa melihat pasangan ditambah gak ada komunikasi yang lancar mampu menumbuhkan pikiran negatif. Mulai dari tuduhan gak sayang, gak perhatian, sampai selingkuh, akan merongrong terus hubungan setiap waktu.

5. Abai pada masalah yang memicu pertengkaran 

5 Hal yang Mengancam Keharmonisan LDR, Gak Semata-mata karena Jarak ilustrasi pasangan (Unsplash.com/Henri Pham)

Cemburu yang menumbuhkan rasa curiga pada akhirnya akan memicu pertengkaran dengan topik serupa yang berulang. Pada akhirnya, orang malah memutuskan untuk abai pada solusi karena terlalu jenuh dengan pertengkaran yang seolah gak ada habisnya.

Pengabaian ini akan membuka pintu ketidakharmonisan bagi LDR. Bukan hanya kesulitan menjelaskan karena tidak bisa bertemu, kondisi mental masing-masing pun seolah dipenuhi beban yang makin berat hingga mulai merasa lelah untuk tetap bertahan dan menjalin kebersamaan.


Menjalani LDR memang bukan hal yang mudah, tapi juga gak mustahil untuk tetap bertahan dengan mengupayakan keharmonisan terus terjaga. Sebisa mungkin hindari kelima hal tadi, atau jika ada indikasi mulai muncul, segera atasi sebelum kebersamaan dalam hubungan jadi taruhannya.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Keharmonisan Hubungan saat Terpaksa Jalani LDR

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya