Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun 

Wajar jika terjadi padamu, tapi jangan diam saja 

Sebuah hubungan asmara yang langgeng pasti didasari oleh rasa saling mencintai. Namun, kamu tentu sadar bahwa cinta itu tidak selalu abadi. Lama-kelamaan, perasaan cinta bisa memudar, bahkan hilang sama sekali kalau dibiarkan. Pada akhirnya, hubunganmu mungkin harus berakhir kalau itu terjadi.

Kalau punya pasangan, tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi pada hubunganmu. Maka, jika mulai merasa bahwa cintamu pada pasanganmu sudah tidak sekuat dulu, kamu perlu bertindak. Coba lakukan lima hal ini supaya perlahan, tapi pasti cintamu akan menguat kembali.

1. Berfokus pada kebaikannya 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun freepik/freepik

Perasaan cinta pasti didasari akan ketertarikan pada hal-hal baik yang dimiliki pasangan. Sebaliknya, keburukan pasangan bisa membuat perasaan itu mulai melemah. Nah, pasanganmu pasti punya kelebihan dan juga kekurangan. Pertanyaannya, kamu mau berfokus ke yang mana?

Untuk memperkuat lagi rasa cinta ke pasangan, cobalah lebih berfokus pada kelebihannya. Itu gak berarti kamu harus mengabaikan kekurangannya. Itu hanya berarti kamu memilih untuk gak terus-terusan memikirkan kekurangannya itu, tapi justru lebih sering mencari dan memperhatikan berbagai kebaikan yang ia punya.

2. Bantu dia perbaiki kekurangannya 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun freepik/romankosolapov

Lalu, bagaimana seharusnya kita menyikapi kekurangan pasangan? Tentu, kamu berharap pasanganmu bisa memperbaiki kekurangannya tersebut. Namun, sadarilah bahwa kadang hal itu sangat sulit dilakukan. Kamu sendiri mungkin punya kekurangan yang sangat sulit kamu perbaiki, kan?

Makanya, daripada sekadar menuntut supaya dia memperbaiki diri, kenapa gak coba membantunya memperbaiki hal itu? Pasti pasanganmu jadi lebih mudah memperbaiki dirinya. Pada akhirnya, kamu juga yang akan senang karena ia berhasil jadi orang yang lebih baik, bukan?

Baca Juga: Demi Kebaikan, Ini 5 Hal yang Seharusnya Kamu Rahasiakan dari Pasangan

3. Berusaha hilangkan kebosanan 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun freepik/freepik

Rasa cinta juga bisa menurun jika kamu mulai dilanda kebosanan dalam hubungan. Memang, merasa bosan bukanlah hal yang salah. Semua orang pasti pernah merasa bosan dan jelas itu tidak disengaja. Namun, tentu kamu harus bertindak untuk mengusir rasa bosan tersebut.

Caranya? Bisa bermacam-macam, misalnya coba lakukan hal-hal baru dalam hubungan kalian. Coba bicarakan hal-hal baru pula, jangan hanya itu-itu saja. Jangan lupa untuk bersabar. Ingat bahwa kebosanan biasanya hanya sementara. Makanya, bersabarlah seraya tetap setia pada pasangan. Cepat atau lambat, pasti kebosanan itu akan hilang.

4. Lakukan hal-hal yang dulu biasa dilakukan 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun freepik/drobotdean

Selain hal-hal baru, kamu juga bisa melakukan hal-hal yang lama. Maksudnya adalah hal-hal yang dulu biasa kamu lakukan bersama pasangan, namun belakangan jadi jarang karena kesibukan atau alasan lain.

Dulu ketika PDKT kamu dan pasangan sering teleponan hingga larut malam, misalnya, atau saling mengirimkan gombalan-gombalan receh, tapi manis. Mengunjungi tempat-tempat kenangan juga bisa kamu lakukan bersama pasangan, misalnya tempat kalian pertama kali bertemu.

Apa tujuannya? Itu untuk mengingat kembali betapa besarnya rasa cintamu pada pasangan ketika itu dan apa penyebabnya. Ingat bahwa dia adalah orang yang sama yang dulu membuatmu terpesona. Seraya kamu dan dia bernostalgia mengenang perjalanan cinta kalian, kemungkinan besar cintamu yang sempat meredup akan menyala kembali.

5. Jangan lupakan kesetiaan pasanganmu 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Rasa Cinta pada Pasangan Menurun pexels/van thang

Last but not least, jangan pernah lupakan kesetiaan yang selama ini ditunjukkan pasanganmu. Kamu mungkin merasa cintamu padanya gak sebesar dulu. Namun, pernahkah kamu terpikir jangan-jangan ia pun pernah merasakan hal serupa?

Mungkin dia pun pernah merasa bosan atau merasa cintanya padamu berkurang. Namun nyatanya, ia masih ada di sisimu saat ini, tidak pernah berpaling meninggalkanmu hanya karena hal itu, bukan? Makanya, bukankah itu sebuah bukti nyata bahwa ia benar-benar setia dan pantas kamu cintai lagi seperti dulu?

Itulah lima hal yang harus kamu lakukan jika rasa cintamu pada pasanganmu mulai menurun. Jangan sampai rasa cintamu kepadanya keburu hilang. Bisa jadi, di masa depan kamu malah akan menyesal telah kehilangan dirinya!

Baca Juga: Jika Pasangan Telah Melakukan 5 Hal Ini Kepadamu, Jangan Dilepaskan!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya