Comscore Tracker

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasangan

Harus tahu kapasitas dirimu

Sikap tahu diri bisa berarti mengerti keadaan dan kedudukan diri sendiri. Orang yang tahu diri adalah orang yang mengenal dirinya sendiri, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Ia juga memahami kedudukannya di hadapan orang lain sehingga bisa menyesuaikan hak dan kewajiban dengan kedudukannya tersebut.

Sikap seperti itu tentu penting untuk kita miliki dalam berbagai segi kehidupan, termasuk saat mencari pasangan. Kalau kamu sedang ingin mencari pasangan, pastikan kamu memiliki lima sikap tahu diri berikut ini.

1. Cari pasangan yang sesuai kebutuhan, bukan sekadar keinginan

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasanganilustrasi orang melakukan pendekatan (pexels.com/iPrice Group)

Kalau sudah mengenal dirimu sendiri dengan baik, kamu pasti tahu pasangan seperti apa yang kamu butuhkan, misalnya menyadari bahwa kamu adalah orang yang kurang disiplin. Untuk itu, kamu butuh pasangan yang disiplin supaya ia bisa membantumu memperbaiki diri.

Setelah tahu kebutuhanmu, carilah pasangan yang sesuai dengan kebutuhanmu itu. Memang, tidak salah mencari pasangan sesuai keinginan, misalnya yang fisiknya sesuai seleramu. Namun, utamakan kebutuhanmu dulu. Syukur-syukur, kamu bisa menemukan orang yang memang sesuai kebutuhan sekaligus keinginanmu.

2. Pantaskan diri untuk mendapatkan pasangan yang baik

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasanganilustrasi orang bekerja (pexels.com/karolina grabowska)

Sikap tahu diri juga mencakup mencari pasangan yang sesuai kapasitasmu. Seandainya ada orang yang punya banyak sifat buruk, tetapi ingin mendapatkan pasangan yang sempurna, kamu pasti akan menyebut orang itu tidak tahu diri, bukan?

Untuk itu, sadarilah kapasitasmu. Sadari kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki dan carilah pasangan yang memang "pantas" kamu dapatkan. Jangan menuntut pasanganmu harus seperti bidadari atau bidadara kalau kamu sendiri kerjanya hanya rebahan seharian.

Apakah itu berarti kamu tidak boleh menginginkan pasangan yang banyak kelebihan? Tentu boleh, tetapi pantaskanlah dirimu. Perbanyak kelebihanmu dan perbaiki kekuranganmu. Kalau dirimu sudah berkualitas, pasti lebih mudah bagimu mendapatkan pasangan yang juga berkualitas.

Baca Juga: Hindari 5 Sikap Ini saat Berdebat dengan Pasangan, Tahan Emosi dan Ego

3. Kalau mau diterima, kamu juga perlu menerima

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasanganilustrasi orang meminta maaf (pexels.com/alex green)

Tentu, meskipun sudah berusaha sekuat tenaga, kamu tetap akan punya sejumlah kekurangan. Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, termasuk kamu. Nah, kamu pasti ingin mendapat pasangan yang mau menerimamu meskipun punya beberapa kekurangan, bukan?

Kalau begitu, kamu pun perlu belajar menerima kekurangan calon pasangan. Menerima bukan berarti membiarkan dia memupuk sifat buruk. Kamu perlu membantunya memperbaiki diri, tetapi tetap ingat bahwa ia tak akan bisa sempurna. Terimalah kenyataan itu supaya calon pasanganmu juga mau menerima dirimu.

4. Sebelum jadi pasangan, sadari kedudukanmu

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasanganilustrasi orang berkencan (pexels.com/cottonbro)

Sikap tahu diri juga mencakup menyadari kedudukan dirimu di hadapan calon pasangan. Mungkin, kamu sudah cukup lama melakukan pendekatan. Ia juga tampaknya mulai tertarik padamu. Namun, selama belum ada status dalam hubungan kalian, jangan memperlakukan dia seolah kalian sudah jadi pasangan.

Misalnya, kamu gak berhak bersikap posesif dan menuntut dia selalu memberi kabar. Kamu juga gak boleh cemburu kalau dia dekat dengan lawan jenis lain. Sikap posesif dan cemburu bahkan gak boleh berlebihan meskipun sudah jadi pasangan, apalagi kalau belum.

5. Setelah jadi pasangan, sadari hak dan kewajibanmu

5 Sikap Tahu Diri yang Perlu Kamu Miliki saat Mencari Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/ketut subiyanto)

Setelah akhirnya mendapatkan pasangan, kamu tetap harus punya sikap tahu diri supaya hubunganmu bisa bertahan. Sadarilah hak dan kewajiban yang kamu miliki sebagai pasangan. Misalnya, kamu berhak menuntut pasanganmu untuk setia. Kesetiaan adalah harga mati. Kamu berhak marah kalau pasanganmu ternyata tidak setia.

Di sisi lain, kamu juga harus menjalankan kewajibanmu. Kalau ingin pasanganmu setia, kamu tentu juga harus setia. Hak dan kewajiban harus berjalan beriringan supaya tidak terjadi konflik.

Selain itu, menyadari hak dan kewajiban penting supaya kamu tidak menuntut hal yang sebenarnya bukan kewajiban pasangan. Misalnya, sebelum menikah, pasanganmu tidak wajib mengantar dan menjemputmu ke mana-mana. Ia juga tidak wajib—atau tidak boleh—untuk memenuhi hasrat seksualmu. Kalian harus sepakat dalam membuat hak dan kewajiban serta berusaha untuk mematuhinya.

Mencari pasangan harus disertai dengan sikap tahu diri. Setelah mendapatkannya pun, kamu tetap harus tahu diri. Milikilah lima sikap tahu diri di atas supaya kamu bisa mendapatkan dan mempertahankan hubungan yang harmonis.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Menunjukkan Kamu Tega Mengabaikan Kebahagiaan Sendiri

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya