Comscore Tracker

8 Alasan Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga Kini

Kamu pasti ingat siapa gebetan pertamamu!

Terkadang kamu merasa sangat mengingat bagaimana cinta pertamamu, mulai dari orangnya hingga jalan percintaannya. Seakan memori mengenainya tersimpan rapi dan tidak pernah ada yang tercecer dalam pikiranmu. Padahal cinta pertama tersebut sudah jauh berlalu, bahkan bertahun silam.

Ada beberapa alasan mengapa kamu masih mengingat cinta pertamamu dengan detail, lho. Dilansir Lifehack dan Paired Life, ini 8 alasan mengapa kamu masih mengingat cinta pertamamu hingga saat ini!

1. Cinta yang kamu rasakan murni tanpa maksud terselubung

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniPixabay/dai_nguyen

Cinta pertama itu biasanya terjadi karena kamu dan dia saling tertarik satu sama lain. Kamu jatuh cinta padanya, karena kamu merasa hatimu berdebar tiap di dekatnya. Tidak ada maksud lain seperti balas dendam ataupun hanya menjadi pelampiasan.

Ketertarikan yang terjadi murni karena hatimu. Inilah yang membuat cinta pertama akan terus kamu kenang, baik kisah cinta maupun pasanganmu. 

2. Pertama kalinya kamu mendapatkan sebuah 'keintiman' dengan orang lain yang kamu cintai

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniPexels/ArtemBeliaikin

Berbicara mengenai cinta pertama, pastilah tidak terlepas dari pengalaman yang menyertainya. Kamu dan dia mungkin merasakan bagaimana berpegangan tangan dan berpelukan untuk yang pertama kalinya. Bukan hanya tentang sentuhan fisiknya, namun perasaan yang muncul kala kamu dan dia melakukannya. Kamu merasakan ketenangan, perasaan dilindungi dan diinginkan.

Belum lagi  ketika si dia menunjukkan wajah bahagia dan menyunggingkan senyumnya yang hangat. Perasaan dan pemandangan yang sangat mendebarkan hati. Selain sentuhan fisik, mungkin ini juga merupakan pengalaman pertamamu melakukan deep conversation dengan seseorang yang merupakan pasanganmu. Pembicaraan yang dalam, mengenai cita-cita, pengalaman masa lalu, atau mengenai perasaan satu sama lain. 

3. Cinta pertama terasa mudah dan tanpa beban apa pun

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniPixabay/chermitove

Cinta pertama kerap dirasakan di masa muda, tepatnya masa sekolah. Tidak ada beban pemikiran mengenai pekerjaan, membangun rumah tangga, ataupun belajar ilmu parenting. Cinta pertama hanya berisi momen berbunga-bunga, saling menjahili, mengerjakan tugas sekolah bersama dan pulang sekolah bersama. Salah satu beban yang kamu pikirkan hanya bagaimana cara lolos dari ujian sekolah, mengerjakan presentasi di kelas atau praktikum kelompok. 

Selain itu cinta pertama biasanya hanya mempertimbangkan faktor yang sangat mudah, seperti penampilan dan statusnya, seperti ketua kelas atau anggota basket. Ini akan sangat berbeda dengan cinta yang kamu rasakan saat dewasa, dimana ada banyak pertimbangan seperti kecocokan pribadi dan nilai. Selain itu, ada beban yang kamu tanggung seperti tuntutan pekerjaan. Cinta yang kamu rasakan tidak bisa benar-benar bebas.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Membuat Mantan Kembali Kepadamu

4. Kamu pertama kali merasakan bagaimana menjadi "kami" dalam hubungan asmara

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniPexels/vjapratama

Alasan lain mengapa kamu tidak bisa melupakan cinta pertamamu, adalah karena ini pertama kalinya kamu juga si dia, menjadi "kami". Kamu mulai belajar untuk tidak egois, berdiskusi dan membuat keputusan bersama dengan mengesampingkan ego masing-masing.

Selain itu, kamu juga akan menyadari jika terdapat sesuatu hal yang terjadi pada salah satu pihak, maka akan berdampak pada pihak lainnya. Orang di sekitarmu juga mulai menyebut kalian sebagai "pasangan'. Ini mungkin menjadi pengalaman pertama kalinya kamu mementingkan kondisi atau perasaan seseorang dibandingkan dirimu sendiri.

5. Momen pertama kamu jatuh cinta dan merasakan euforia yang luar biasa

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniPexels/Luis Quintero

Cinta pertama membuat hatimu riang gembira setiap harinya, entah karena gombalan yang dilontarkan olehnya atau perasaan bahwa dunia hanya milik berdua. Kamu dan dia juga semangat untuk melakukan aktivitas yang biasa dilakukan ketika berkencan, seperti menonton film di bioskop dengan promo berdua.

Kamu juga kerap memamerkan foto imutmu dan dia di akun media sosial, sambil menuliskan caption yang romantis nan puitis. Setiap hari terasa seperti kesempatan yang harus diambil untuk berkegiatan bersama-sama.

6. Pertama kalinya kamu merasakan suatu perasaan tidak nyaman, seperti takut kehilangan dan cemburu

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga Kiniunsplash/@eliottreyna

Ini adalah pertama kalinya kamu merasakan adanya suatu ketidaknyamanan dalam sebuah hubungan. Kamu merasa tidak ingin kehilangannya dan ingin terus berada di dekatnya. Kamu merasakan emosi yang ingin meledak, kala melihat pasanganmu bercengkrama dengan lawan jenis. Kamu menyadari bahwa perasaan yang kamu rasakan ini adalah bentuk dari posesif dan cemburu. 

7. Berakhirnya hubungan, terkadang dikarenakan sesuatu hal yang diluar kendalimu dan dia

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga Kinipexels/andrea piacquadio

Berakhirnya sebuah hubungan pada cinta pertama, biasanya disebabkan oleh sesuatu hal yang di luar kendalimu. Alasan perpisahan tersebut terlihat ringan saat ini, namun terasa menyedihkan pada saat itu. Di masa muda, kamu merasa tidak selalu memiliki kendali atas ke mana kah hidup akan membawamu pergi.

Contohnya adalah kamu terpaksa berpisah, karena perbedaan universitas. Alih-alih menjalani LDR, kamu malah memutuskan hubungan asmaramu. Kenangan ini membuatmu merasa 'sayang', karena seharusnya ada opsi lain yang bisa kamu pilih saat itu. 

8. Ini adalah momen pertama kalinya kamu merasakan pahitnya patah hati

8 Alasan  Mengapa Kamu Masih Mengingat Cinta Pertamamu Hingga KiniUnsplash/Adrian Swancar

Tidak hanya berbicara mengenai hal yang menyenangkan, namun cinta pertama juga mengenai bagaimana patah hatimu yang pertama. Entah disebabkan karena kalian harus mengakhiri hubungan atau kepercayaanmu hilang setelah si dia ketahuan berselingkuh. Apa pun sebabnya, tentu dampaknya sangat tidak menyenangkan.

Ini adalah momen di mana pertama kalinya kamu merasa dikhianati, merasakan diduakan, dan pupusnya harapan cintamu. Sebagai patah hati yang pertama, tentu kamu juga belum memiliki cara yang tepat untuk mengatasinya. Rasanya begitu dahsyat, hingga berdampak pada keseharianmu. Alhasil patah hati cinta pertama akan selalu terkenang di pikiranmu.

Itulah alasan mengapa kamu masih mengingat dengan betul bagaimana cinta pertamamu berjalan. Apakah kamu masih mengingatnya secara detail?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Lebih Pilih Balik Sama Mantan, Cintanya Gak Habis-Habis

Topic:

  • Putri Aisya
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya