Comscore Tracker

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkan

Kamu berhak untuk meminta kepastiannya

Di dalam hubungan, cinta dan sayang bukan tolak ukur bahwa hubungan tersebut bisa langgeng hingga pada tahap pernikahan. Hal yang paling penting dalam hubungan yang sedang kamu jalani adalah sebuah komitmen.

Komitmen memiliki pengaruh yang sangat besar manakala salah satu dari pasangan sudah mulai bosan dengan cinta. Dia akan selalu mengingat komitmen yang telah dibuatnya untuk selalu ada buatmu dan menjadikan hubungan ini tetap langgeng. 

Membuat pasangan mau untuk berkomitmen bukan perkara mudah. Ada kalanya pasangan memiliki ketakutan akan pernikahan. Pun, ada kalanya takut dikekang. Namun, kamu tidak perlu cemas, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar pasanganmu dapat memberikan komitmennya. 

1. Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu siap untuk berkomitmen

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkanunsplash.com/Ali Pazani

Sebelum meminta pasangan memberikan komitmennya pada hubungan, kamu harus yakin apakah kamu benar-benar ingin berkomitmen dan menseriusi hubungan ini? Tanyakan semuanya pada dirimu. 

Selain itu, kamu juga harus tahu alasan apa yang mendasari kamu ingin berkomitmen pada hubungan. Jangan berkomitmen pada hubungan hanya karena orangtua menyuruhmu untuk segera menikah. Pun, jangan cepat-cepat ambil keputusan untuk berkomitmen hanya karena semua temanmu sudah akan menikah. 

Kamu yang menjalani hubungan ini nantinya. Jadi, pastikan bahwa kamu benar-benar ingin berkomitmen pada hubunganmu dan menginginkan untuk hidup bersama dengan pasanganmu. 

2. Pastikan juga bahwa pasanganmu sebenarnya mencintai dan ingin berkomitmen

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkanunsplash.com/Sharon McCutcheon

Setelah cukup yakin bahwa kamu benar-benar ingin berkomitmen pada hubungan, kamu juga memastikan bahwa pasanganmu mencintai dan ingin berkomitmen pada hubungan ini.

Kamu dapat menanyakannya pada pasanganmu secara langsung ataupun kamu bisa melihat perilakunya selama ini padamu. Jika dia selalu membicarakan tentang masa depan bersamamu, menceritakan dengan detail bagaimana dia hidup nanti bersamamu berarti dia ingin menikah denganmu.

Namun, jika ia enggan untuk berkomitmen pada hubungan, maka jangan dipaksakan. Memaksakan hubungan hanya akan menimbulkan berbagai masalah saja. 

Baca Juga: 6 Zodiak Cowok yang Paling Susah Punya Komitmen, Pasanganmu Gimana?

3. Jujur pada pada pasangan untuk mengungkapkan isi hatimu

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkanpexels.com/Bruce Mars

Cara lain yang bisa dilakukan adalah jujur pada pasanganmu. Katakan bahwa kamu sangat mencintainya dan ingin hidup bersama dengannya. Ceritakan bahwa kamu ingin melakukan hal yang kalian sukai berdua dan menata masa depan bersama yang jauh lebih indah. Katakan juga bahwa kamu akan mengurusnya sebaik mungkin dan tidak akan membiarkannya merasa kesepian. 

Ketika dia mendengarkan semuanya darimu, maka dia juga akan merasa bahwa dia benar-benar dicintai dan disayangi. Dia akan mengerti posisimu dan ingin menunjukkan bahwa dia juga membutuhkan dirimu untuk selalu hadir dalam masa depannya. 

4. Tunjukan sikap bahwa kamu membutuhkannya

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkanunsplash.com/Nathan McBride

Sejatinya pasangan menjadi berarti dalam hidupmu manakala dirinya merasa dibutuhkan olehmu. Kamu bisa membuatnya dirinya terlibat dalam setiap hari pentingmu. Buatlah dirinya benar-benar menjadi diri sendiri saat bersama denganmu. 

Selain itu kamu juga dapat menunjukkan sikap bahwa dirimu merasa jauh lebih baik saat bersama dengannya. Katakan padanya bahwa semuanya jauh lebih baik dan terkontrol saat dirinya hadir pada hidupmu. 

5. Buat dirinya merasa diterima oleh lingkunganmu

5 Cara buat Pasangan Mau Berkomitmen, Jangan Mau untuk Dipermainkanunsplash.com/Caroline Veronez

Salah satu ketakutan baik pria maupun wanita dalam menjalani komitmen adalah takut dirinya tidak dapat diterima dalam lingkungan keluarga pasangannya. Bukan hanya lingkungan keluarga saja, dia juga takut bahwa lingkungan pertemananmu tidak menerima kehadirannya. 

Oleh karena itu, agar dirinya merasa nyaman pada hubungan ini, akan lebih baik jika kamu memperkenalkannya dengan segala kebaikan yang dia berikan padamu. Bawa dirinya manakala ada acara besar dalam keluarga dan ajak dirinya manakala kamu berkumpul dengan teman-temanmu. Ketika dirinya merasa diterima, dia akan yakin untuk berkomitmen. 

Membuat pasangan mau berkomitmen memang perkara sulit. Komitmen adalah masalah hati yang tidak dapat dipaksakan. Namun, kamu dapat melakukan lima hal di atas dan lakukanlah setulus hatimu agar dirinya bisa luluh.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Pacar Kamu Ingin Menjalin Hubungan Hingga ke Pelaminan

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You