Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekali

Jangan anggap semuanya mudah

Melihat banyak teman-temanmu sudah mulai menikah satu persatu hingga hanya menyisakan kamu saja, sudah pasti kamu sangat iri dengan kehidupan asmara mereka hingga benar-benar bisa menikah dengan pasangannya. Dari perasaan iri inilah yang akhirnya membuatmu memaksa pasangan agar segera untuk menikah denganmu. 

Semua itu memang wajar terjadi, terlebih umurmu sudah mulai matang.

Namun, kamu juga harus tahu kalau menikah itu bukan hanya soal akad dan resepsi saja. Ada banyak hal setelahnya, makanya butuh persiapan yang gak main-main. 

Jika kamu menikah tanpa persiapan sama sekali, maka kamu pasti akan mengalami beberapa hal di bawah ini dan akhirnya menyesal. 

1. Keegoisan masih mewarnai pernikahanmu

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekalipexels.com/Yan Krukov

Kalau kamu menikah dengannya tanpa persiapan sama sekali, maka akan banyak pertengkaran yang terjadi. Pasalnya, kamu dan dia masih belum bisa mengontrol emosi dengan baik.

Ego kamu dan dia masih sama-sama tinggal dan kalian belum matang secara mental untuk menikah. Gak heran bila persiapan menikah yang nomor satu itu adalah persiapan mental karena itu menyangkut semua kenyaman dalam rumah tangga. 

2. Keuangan belum sepenuhnya kelola dengan baik

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekaliunsplash.com/Edward Cisneros

Mengandalkan cinta saja setelah menikah itu gak cukup. Kamu dan pasangan perlu materi untuk hidup bersama. Jika gak dipersiapkan sebelumnya, maka rumah tangga akan berjalan buruk. Banyak pertengkaran yang diakibatkan oleh masalah keuangan yang biasanya ada kebutuhan yang gak dicukupi.

Belum lagi kalau kamu masih sering belanja dan membeli barang-barang yang hanya karena ingin saja, bukan butuh. Ingatlah kalau menikah itu kamu dan dia perlu mengelola uang dengan baik agar kehidupan bisa lebih bahagia. 

Baca Juga: 5 Arti Setia yang Kadang Dilupakan Pasangan Setelah Lama Menikah

3. Akan ada ikut campur orang ketiga dalam urusan rumah tanggamu

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekalipexels.com/Andrea Piacquadio

Bukan gak mungkin bila akhirnya nanti banyak orang yang ikut campur dalam hubungan rumah tangga kamu dan pasangan. Mulai dari orangtua, teman hingga kerabat pun akan ikut. Di sinilah pentingnya persiapan dan membicarakan masa depan pernikahan saat kalian masih pacaran. Bila ada masalah, maka rahasiakan.

Hadirnya orang ketiga tersebut, entah dengan maksud ikut membantu rumah tanggamu atau tidak dapat membuat semuanya jadi berantakan. Kamu dan dia jadi gak punya privasi sama sekali hingga akhirnya dapat membuat semua jadi berantakan. 

4. Penyesalan yang akan kamu rasakan manakala stres dengan semuanya

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekaliunsplash.com/Jenny Ueberberg

Banyaknya masalah dan pertengkaran yang kamu hadapai di pernikahan ini akhirnya membuat kamu menyesal. Andai kamu bisa mengulang semuanya dari awal, pasti kamu ingin agar pernikahan ini bisa dilakukan dengan persiapan yang matang.

Namun, semuanya gak akan bisa karena ini sudah terlanjur terjadi. Kamu hanya bisa menyesal tanpa bisa berbuat apa pun lagi. 

5. Rentan terjadi perceraian

5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekalipexels.com/Keira Burton

Perceraian bukan lagi hal yang harus kamu hindari saat ini, tapi akan terjadi padamu juga. Masalah demi masalah gak berhenti menimpa rumah tangga kamu dan dia hingga akhirnya kamu merasa gak kuat dengan semua yang dialami. Memilih untuk bercerai sudah membuatmu yakin. 

Rumah tangga yang kamu bina bersamanya akan gagal begitu saja jika kamu gak punya persiapan sama sekali saat menikah hanya gara-gara rasa iri melihat semua temanmu menikah. Jika sudah gagal, maka hanya ada penyesalan dalam hatimu. 

Baca Juga: 5 Risiko Menikah dengan Orang yang Pribadinya Belum Kamu Kenal

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya