Comscore Tracker

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluarga

Pahami ya! 

Masih banyak orang yang menganggap kesetaraan latar belakang keluarga adalah faktor penting untuk keberlangsungan sepasang kekasih ke tahap pernikahan. Padahal, nyatanya hal itu tidak berpengaruh penting. 

Masih ada banyak kesetaraan dalam hubungan yang lebih penting dari itu semua, seperti beberapa kesetaraan di bawah ini. Yuk, simak baik-baik biar kamu paham. 

1. Kualitas diri yang dimiliki 

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluargapexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kamu dan pasangan ingin menjalani hubungan yang serius dan jangka panjang, maka yang perlu disiapkan adalah kesetaraan kualitas diri. Kualitas di sini mencangkup attitude, kepintaran dan kedewasaan.

Jika ketiga hal itu sudah dimilikin satu sama lain, maka menjalin hubungan khususnya pernikahan akan lebih mudah untuk dijalani. Berbagai masalah bisa diselesaikan dengan baik. 

2. Kesetiaan dan komitmen yang harus ada dalam hubungan

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluargaunsplash.com/Edward Cisneros

Dasar untuk menjalin hubungan adalah kesetiaan dan komitmen. Jika memang kamu ingin menjalani hubungan dengan pasanganmu itu, maka perbaikilah niatmu untuk setia satu sama lain.

Ketika kamu bisa setia dan berkomitmen satu sama lain, maka hubungan ini bisa langgeng dan tak akan ada alasan bosan, lalu berpaling ke lain hati. 

3. Kedudukan dalam hubungan

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluargapexels.com/Connery Davoodian

Ketika masih pacaran, kedudukanmu adalah sama dengan pasangan. Tidak ada sosok yang lebih berkuasa di dalamnya atau lebih dominan dalam mengatur sesuatu. 

Kamu dan dia bisa melakukan hal apa pun semaunya serta tak ada siapa yang paling bertanggungjawab atas segala sesuatu yang dilakukan bersama. 

Baca Juga: 6 Tips Mengurangi Pertengkaran Biar Lebih Harmonis dalam Hubungan

4. Pekerjaan yang dimiliki

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluargaunsplash.com/Alice Donovan Rouse

Memiliki pekerjaan dan pemasukan sendiri dalam hubungan itu sangat penting. Sudah pasti posisi ini haruslah sepadan agar tidak ada yang berkuasa di dalamnya. Baik kamu maupun dia tak akan ada yang mendiskriminasi di hubungan dengan segala hal yang terjadi. 

5. Sepadan dalam mengenalkan pada keluarga besar

5 Kesetaraan di Hubungan, Gak Mesti Soal Latar Belakang Keluargaunsplash.com/Dmitry Vechorko

Ketika kamu mengenalkan dirinya sebagai pasanganmu pada keluarga dengan alasan komitmen satu sama lain, maka dirinya pun harus melakukan hal yang sama. Hal seperti ini haruslah sepadan. Jika tidak, maka akan ada satu pihak yang merasa tidak dianggap sama sekali. 

Nah, itu tadi sederet kesetaraan dalam hubungan yang harus dimiliki. Jadi, kesetaraan itu bukan hanya soal keluarga saja. Pahami ya! 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Tetap Seru Untukmu yang Sudah Pacaran 7 Tahun

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya