Comscore Tracker

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikah

Ingat, kebutuhan setelah menikah itu jauh lebih banyak lho

Pernikahan adalah hal yang paling sakral dilakukan untuk menyatukan dua pihak yang saling mencintai. Setelah pernikahan, tentunya ada syukuran yang harus dilakukan, yakni resepsi pernikahan.

Sebagian besar orang akan menganggap bahwa resepsi pernikahan itu penting, karena hanya dilakukan sekali seumur hidup. Memang benar, resepsi pernikahan itu penting dan dapat dijadikan sebagai kenangan untuk diingat di masa depan nanti.

Namun, dalam mempersiapkan tentang pernikahan, nyatanya resepsi itu bukanlah sebuah hal yang harus diprioritaskan oleh banyak pasangan. Mengapa bisa begitu? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu simak, agar bisa paham lebih dalam lagi tentang resepsi pernikahan.

1. Resepsi pernikahan hanya dilakukan satu hari saja dan itu memakan banyak biaya

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikahunsplash.com/Nathan Dumlao

Resepsi pernikahan itu penting, tapi ketahuilah bahwa resepsi itu memakan biaya yang tidak sedikit dan itu pun hanya dilakukan dalam satu hari saja. Ibaratnya, kamu menabung uang selama bertahun-tahun, tapi habis dalam satu hari hanya karena keinginanmu untuk membuat resepsi pernikahan yang indah, seperti yang kamu dambakan saat ini.

Jika pun, kamu memang benar-benar ingin melangsungkan resepsi pernikahan, maka lakukanlah dengan sederhana dan tidak memakan banyak biaya, agar sisa dari tabunganmu bisa digunakan untuk keperluan lainnya. 

2. Kebutuhanmu setelah menikah jauh lebih banyak daripada memikirkan resepsi

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikahpexels.com/Smoke Weddings

Perlu diketahui olehmu, bahwa kebutuhanmu setelah menikah jauh lebih banyak dibandingkan dengan biaya pernikahanmu. Oleh karena itu, kamu harus memikirkan hal ini lebih panjang lagi ke depannya.

Banyak kebutuhan yang kamu perlukan saat hidup bersama dengan pasanganmu, seperti kebutuhan makan, membeli rumah agar tak menumpang terus menerus di mertua, kendaraan yang diperlukan, hingga rencana biaya untuk mengurus anak kelak.

Semua biaya tersebut bukanlah kecil, tapi besar, bahkan melebihi biaya dari pernikahanmu. Jadi, pikirkan lagi, apakah tabunganmu harus dihabiskan untuk pernikahan dengan resepsinya, ataukah untuk kebutuhanmu setelah menikah nanti? 

Baca Juga: 5 Kondisi yang Bikin Pernikahan Jauh dari Kata Indah, Jangan Terjebak!

3. Resepsi pernikahan tidak akan mempengaruhi kualitas hubunganmu

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikahpexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Nyatanya resepsi pernikahan itu, tidak akan berpengaruh pada hubunganmu, apakah semakin meriah dan mewah pernikahan, maka akan semakin bahagia? Tentunya tidak. Resepsi pernikahan itu adalah bentuk syukuran dari menyatukan dua pihak dan dua keluarga. 

Jika kamu punya kualitas hubungan yang baik, hangat dan harmonis, maka melakukan resepsi maupun tidak, tentunya akan sama saja. Kamu dan dia akan baik-baik saja. 

4. Tujuan sebenarnya menikah itu adalah tentang sahnya kamu dan dia menjadi pasangan

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikahpexels.com/Mena Fox

Tujuan dari menikah itu, bukanlah hanya tentang resepsi yang bisa dilihat banyak orang, tapi lebih kepada sahnya kamu dan dia sebagai pasangan suami istri. Jika kamu paham, bahwa tujuanmu menikah adalah tentang hal tersebut, maka melangsungkan resepsi pernikahan bukanlah prioritas yang harus dipikirkan dan dilaksanakan dengan mewah. 

5. Masih banyak cara lain untuk merayakan syukuran atas pernikahanmu

5 Alasan Resepsi Pernikahan Itu Bukanlah Prioritas Saat Akan Menikahunsplash.com/HIVAN ARVIZU @soyhivan

Sebenarnya masih banyak cara untuk merayakan syukuran atas pernikahanmu dan resepsi bukanlah satu-satunya acara syukuran. Misalnya, kamu bisa melakukan acara makan-makan bersama dengan keluarga, kerabat dan juga teman-temanmu, atau pun bisa merayakannya dengan datang ke panti asuhan dan memberikan sedikit bantuanmu.

Hal tersebut jauh lebih berharga dan berkesan, dibandingkan hanya dengan menghabiskan seluruh tabunganmu untuk biaya resepsi pernikahan. 

Itulah lima alasan, bahwa resepsi pernikahan itu bukanlah hal prioritas saat akan menikah. Jadi, setelah mengetahui kelimanya, pikirkan lagi baik-baik, apakah kamu akan melangsungkan resepsi atau tidak sama sekali? Atau mungkin, merayakan dengan acara yang sederhana saja? 

Baca Juga: 5 Wujud Sikap Dewasa Ini Wajib Kamu Terapkan dalam Pernikahan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya