Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuh

Kamu harus tahu! 

Meskipun sekarang pasanganmu telah memaafkan segala kesalahan dari perbuatan perselingkuhanmu dan memilih untuk bertahan, kenyataannya perselingkuhan tetaplah sebuah pengkhianatan paling besar dan menyakitkan dalam hubungan. 

Tak hanya kecewa, marah dan sakit hati saja yang dirasakan, tapi juga trauma yang berkepanjangan hingga menorehkan dampak buruk yang sangat besar bagi psikologis korban. 

Berikut ini lima dampak buruk jangka panjang dalam hubungan jika kamu menyelingkuhinya. 

1. Selalu merasa insecure saat menjalani hubungan

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuhpexels.com/Min An

Pasanganmu yang pernah diselingkuhi oleh kamu, akan merasa bahwa dirinya tidak berharga sama sekali dan kehilangan kepercayaan dirinya dalam hubungan. Makanya, tidak heran bila dia akan selalu merasa takut dan was-was, jika perselingkuhan tersebut terjadi lagi dalam hubungan.

Rasa insecure yang hadir ini akan sulit dihilangkan, perlu waktu yang sangat lama sekali, bahkan setelah putus darimu, tidak menjamin akan sembuh dan memiliki kepercayaan diri lagi. 

2. Tidak pernah lagi pernah percaya pada hal yang dikatakan pasangan, meski itu jujur

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuhpexels.com/burst

Jika kamu selingkuh, maka dia tidak lagi bisa percaya padamu. Segala hal yang kamu ucapkan dan lakukan, meskipun itu benar tidak akan membuatnya percaya sepenuhnya padamu lagi. 

Dia akan selalu curiga pada apa pun yang kamu lakukan. Dan, tak menutup kemungkinan juga bersikap posesif padamu, seolah-olah kamu adalah miliknya dan harus menuruti segala permintaannya. 

Baca Juga: 5 Indikasi Kamu Tipe Orang yang Suka Selingkuh, Waspada Nih!

3. Selalu menyesal, mengapa dulu tidak mengakhiri hubungan saja

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuhunsplash.com/Siavash Ghanbari

Meski dia memaafkanmu di awal, nyatanya semakin waktu bergulir, dia akan merasa menyesal akan sikap dan keputusannya. Menyesal, kenapa dia bisa secinta itu padamu dan memaafkan segala perilaku burukmu padanya. Makanya, tidak jarang dia akan berpikir untuk putus dan berpisah denganmu, tapi bingung alasan apa yang akan dikatakannya.

4. Mulai tidak percaya akan hubungan cinta, begitupun dengan pernikahan

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuhunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Jangan heran bila setelah kamu menyelingkuhinya, dia tak lagi sering berbicara tentang komitmen hubungan untuk serius denganmu. Mengapa begitu? Karena, saat kamu menyelingkuhinya akan menimbulkan sakit hati dan trauma tentang segala hal yang kamu lakukan di belakangnya. Hal ini juga memunculkan ketakutan bahwa dia tak lagi percaya pada hubungan cinta, termasuk pernikahan. 

Segala harapannya untuk bisa menikah denganmu luntur. Bahkan, dia juga akan berpikir untuk tidak menikah dalam waktu dekat, baik denganmu maupun dengan yang lain. 

5. Bertindak egois agar pasangan juga merasakan menderita lebih dari dia

5 Dampak Buruk Jangka Panjang Hubungan Jika Kamu Sudah Selingkuhpexels.com/Polina Zimmerman

Pernahkah kamu merasa pasanganmu saat ini berlaku egois sekali dalam hubungan? Jika iya, berarti itulah dampak jangka panjangnya. Di mana dia ingin kamu menderita, melebihi menderitanya dia saat kamu selingkuhi. 

Nah, itulah lima dampak buruk jangka panjang pada pasangan jika kamu menyelingkuhinya. Oleh karena itu, harap intropeksi diri dan jangan bersikap seolah-olah semuanya bakal baik-baik saja setelah dia memaafkanmu. 

Baca Juga: 6 Cara Mengembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Kamu Selingkuh 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya