Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantan

Ingat lagi sakit hati yang dia torehkan padamu

Menjalani hari-hari setelah putus dari mantan itu memang menyakitkan. Segala hal yang kamu lakukan hanyalah hampa dan kamu tetap saja mengingat dirinya yang pernah ada di dalam hidupmu. 

Mengingat dan membayangkan mantan setelah putus itu percuma dilakukan, karena hanya akan membuatmu sedih lalu kecewa lagi. Memilih move on adalah hal yang tepat. 

Namun, jika kamu memang sulit melupakan mantanmu itu, maka ingatlah lima hal di bawah ini agar kamu bisa cepat move on dan menjalani hari seperti biasanya. Berikut pembahasan yang bisa kamu simak. 

1. Jangan fokus pada kenangan indah saja, tapi fokus dan ingat juga kenangan buruk yang dia ciptakan

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantanpexels.com/pixabay

Setiap hubungan asmara pastilah punya kenangan yang dilakukan bersama, baik itu yang indah maupun yang buruk. Namun, selepas putus dari mantan yang menyakitimu, jangan lagi ingat tentang kenangan indah yang tercipta bersama. Karena, jika hal itu dilakukan, yang ada kamu akan lebih sulit untuk move on. 

Mulai sekarang jika kamu terbayang atau terlintas tentangnya, maka ingatlah kembali bagaimana dia menyakitimu dan memutuskan hubungan dengan sangat mudahnya. mengingat segala kenangan buruk akan membuatmu sadar bahwa mengingat mantan adalah hal yang percuma dilakukan. 

2. Ingatlah bahwa selama ini dia tak pernah menganggapmu sebagai sosok yang istimewa

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantanunsplash.com/Ryan Jacobson

Berakhirnya hubungan dengan sakit hati yang ditorehkan olehnya menujukan bahwa dia tak menganggapmu sebagai sosok yang istimewa. Jika dia mengistimewakan dirimu, maka dia tak akan pernah melakukan kesalahan yang dapat menyakitimu. Dirinya hanya memikirkan, bagaimana cara membahagiakanmu. 

Oleh karena itu, jika memang hubunganmu ini berakhir, maka berhentilah memikirkannya. Ingatlah terus tentang hal buruk yang dia lakukan padamu, termasuk yang tak pernah mengistimewakanmu dalam hidupnya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Kamu Masih Saja Baper pada Mantan

3. Berakhirnya hubungan menunjukkan bahwa dia memang tak benar-benar mencintaimu

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantanpexels.com/cottonbro

Hubunganmu tidak akan berakhir seperti sekarang jika dia benar-benar mencintaimu dengan setulus hatinya. Jika hubunganmu memang berakhir seperti ini, maka sudah dipastikan bahwa dia memang tidak mencintaimu. 

Seseorang yang mencintai pasangannya akan terus menerus mempertahankan hubungannya dalam keadaan apa pun. Bahkan, melakukan usaha dan pengorbanan agar kamu dapat memaafkan segala kesalahan yang dia lakukan serta berjanji untuk tak melakukannya lagi. 

4. Ingat, hidupmu tak akan pernah bahagia jika dilalui bersamanya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantanpexels.com/Tan Danh

Mengalami putus cinta itu memang menyakitkan. Namun, kamu juga harus bersyukur bahwa sekarang kamu sudah diperlihatkan tentang bagaimana dia sebenarnya. 

Ingatlah bahwa hidupmu tidak akan bahagia jika terus menerus menjalani hubungan bersamanya. Setelah putus, sekarang hidupmu jauh lebih lega, meskipun ada segelintir sakit hati dan kecewa yang dirasakan. Namun, kekecewaan tersebut lambat laun akan hilang, jika kamu bisa bersyukur telah berpisah darinya. 

5. Hidupmu bukan hanya sebatas cinta dan mengingat dia seorang saja

5 Hal yang Harus Kamu Ingat Selalu Saat Sulit Move On dari Mantanunsplash.com/Warren Wong

Ketika kamu sulit lepas dari bayang-bayang mantan yang selalu hadir dalam hidupmu, maka ingatlah kembali bahwa hidupmu bukan hanya sebatas tentang cinta dan sakit hati yang dirasakan saja.

Memikirkan dan mengingat mantan kembali hanya akan menghambat hidupmu hingga membuatmu sulit berkembang. Mulai sekarang, singkirkan segala rasa yang ada dan mulai hidup baru dengan melakukan hal-hal yang dapat membuatmu berkembang lalu sukses. 

Itulah sederet hal yang harus kamu ingat selalu saat sulit move on dari mantan. Bersedih boleh saja, tapi kamu harus ingat tentang kehidupanmu. Mengingatnya kembali hanya akan membuang segala waktu dan energimu.

Baca Juga: Checklist, 5 Tanda Kamu Sudah Benar-benar Move On dari Mantan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya