Comscore Tracker

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamu

Sadarkah yang kamu lakukan?

Semakin dewasa kamu pasti mulai jarang bercengkrama dengan kedua orangtuamu. Namun, kedekatan antara anak dan orangtua tentunya tetap terjalin baik. Banyak kebiasaan yang sudah diketahui oleh orangtuamu, entah itu yang baik maupun yang buruk. Sering berjalannya waktu dan kamu telah tumbuh menjadi ke ibu dewasa, mulai banyak kebiasaan baru yang tumbuh. 

Ada beberapa kebiasaan yang sepele, justru dapat membuat orangtuamu merasa sakit hati dibuatnya. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasan yang bisa kamu perhatikan baik-baik. 

1. Jarang menanyakan kabar orangtua

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamupexels.com/Fallon Michael

Ketika kamu sedang merantau, entah itu karena pekerjaan atau karena kamu masih berstatus sebagai mahasiswa di luar kota, kamu pasti jarang sekali bertemu kedua orangtuamu. Bertemu pun hanya saat libur saja. 

Sebagai orangtua, mereka pasti kangen akan dirimu. Kamu yang jarang bahkan tak pernah menelpon untuk menanyakan kabar mereka akan membuat mereka sakit hati dan menilaimu sudah tak membutuhkan keberadaannya lagi. Oleh karena itu, mulailah menelpon orangtuamu, minimal satu kali seminggu dan jangan terus menerus menunggu mereka yang menelpon duluan. 

2. Mulai tak menepati janji pada mereka

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamupexels.com/Mentatdgt

Meski kamu sibuk, kamu haruslah menepati janjimu manakala kamu sudah berjanji untuk ikut dalam acara keluarga atau janji lainnya. Kamu yang sudah berjanji pada orangtuamu lalu tak menepati janjimu dan membatalkan begitu saja, tentunya akan membuatnya sakit hati.

Mereka telah mengharapkanmu untuk hadir dan memenuhi janji tersebut, lalu kamu malah tak memenuhinya. Selain sakit hati, mereka juga akan kecewa akan kepercayaan yang telah diberikan padamu. 

3. Menelpon saat ada butuhnya saja

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamupexels.com/Mentatdgt

Bagai anak rantau, meminta uang adalah hal yang wajar dilakukan karena kamu belum bekerja dan menghasilkan uang. Yang tak wajar adalah saat kamu hanya menelpon orangtuamu hanya karena meminta uangnya saja. Tak ada basa-basi yang dilakukan, laku tiba-tiba menanyakan kapan akan mentransfer uang padamu. 

Kedua orangtuamu akan menganggap bahwa kamu adalah anak yang tidak perhatiaan. Cobalah sesekali menelpon orangtuamu tanpa adanya maksud yang kamu sembunyikan. Mereka ingin diberi perhatian, bukan hanya kamu saja yang perlu perhatian. 

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Menyakiti Hati Anak, Orangtua Wajib Tahu!

4. Tak mendengarkan saran dari orangtua akan hidupmu

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamupexels.com/Pressmaster

Meski kamu telah dewasa dan bisa hidup sendiri, tak lantas membatasi diri dari saran yang telah diberikan oleh orangtua padamu. Maksud mereka baik ingin membimbingmu dan peduli akan dirimu. Tidak ada maksud untuk mencampuri urusanmu.

Ketika kamu diberi saran dan nasehat oleh kedua orangtuamu, ada baiknya mendengarkan dengan baik, bukan malah berkata "Aku sudah dewasa, jangan mencampuri urusanku lagi" Karena hal tersebut sangat menyakitkan bagi mereka. 

5. Berlaku sok paling benar karena tahu segalanya

5 Kebiasaan saat Dewasa yang Sering Kali Menyakiti Hati Orangtuamuunsplash.com/Cristian Bowen

Mungkin kamu telah belajar banyak hal tentang hidup ini yang jauh lebih modern dari kedua orangtuamu. Namun, jangan pernah berlagak sok pintar dan memandang bahwa kedua orangtuamu terlalu tertinggal dan membuatmu menggurui mereka. Tentunya mereka juga akan sakit hati dibuat olehmu. 

Kamu boleh pintar, tapi jangan sampai memandang rendah kedua orangtuamu, karena yang telah mendidikmu dan membiayainya segala keperluan dirimu sampai kamu telah sukses begini adalah mereka. Tugasmu hanyalah patuh dan membalas kebaikan yang telah mereka beri untukmu. 

Itulah lima kebiasaan sepele saat dewasa yang dapat menyakiti orangtuamu. Setelah mengetahuinya, jangan lagi dilakukan. Kamu perlu memberikan perhatian dan membalas kebaikan yang selama ini telah mereka berikan dengan sebuah kebahagian.

Baca Juga: 5 Sikap yang Kamu Kira Sepele, Padahal Bisa Menyakiti Hati Orangtua

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya