Comscore Tracker

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! 

Karena menikah itu perjanjian seumur hidup

Memutuskan untuk menikah, berarti kamu telah siap akan kehidupan percintaan yang sebenarnya antara pria dan wanita. Dengan menikah, berarti kamu telah berjanji di hadapan Tuhan untuk saling mencintai, menyayangi dan mengasihi serta mempertahankan satu sama lain. 

Untukmu yang menjalani awal kehidupan pernikahan, ada beberapa nasihat yang harus kamu pegang dan pahami baik-baik. Berikut beberapa nasihat yang bisa kamu simak beserta pembahasannya. 

1. Hubungan pernikahan itu bukan hanya tentang bahagia, tapi ada dukanya juga

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! pexels.com/Git Stephen Gitau

Kehidupan pernikahan itu sangat berbeda sekali dengan kehidupan saat kamu masih menjalin hubungan pacaran. Di awal-awal pernikahan, mungkin kamu akan merasa bahagia bisa saling berbagi cerita, canda dan tawa.

Namun, hal-hal membahagiakan tersebut hanya akan bertahan sebentar, karena akan ada masalah dan pertengkaran yang akan menguji seberapa besar cintamu pada pasangan.

Ujian dalam pernikahan, bukan hanya tentang rasa cinta, tapi juga tentang materi, keluarga hingga anak nantinya. Oleh karena itu, kamu harus siap dengan segala duka yang akan menghampirimu dan pasanganmu.

2. Menurunkan ego dan amarah dalam pernikahan itu sangat perlu dilakukan

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! unsplash.com/Roman Purtov

Namanya hidup bersama dalam satu atap dengan sifat, perilaku dan pemikiran yang berbeda, maka akan selalu saja ada masalah di dalamnya. Namun, untuk melalui semua masalah itu, perlu adanya rasa saling mengalah dan menurunkan ego agar rumah tanggamu bisa bertahan dan langgeng selamanya sampai maut memisahkan.

Menurunkan ego dan amarah itu bukanlah perkara yang mudah, kamu pasti akan menahan rasa kesal, kecewa dan marah. Oleh karena itulah, perlu usaha dan latihan hati agar selalu sabar menghadapi semua masalah dan pertengkaran yang hadir. 

Baca Juga: Bukan Bisa Masak, Ini Lho 7 Persiapan Sebelum Kamu Berniat Menikah

3. Kalau ingin punya hubungan cinta yang berkualitas, maka perlu membangun kedekatan emosional yang baik

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! pexels.com/Smoke Weddings

Dari lubuk hati yang paling dalam, kamu dan pasangan pasti ingin punya hubungan cinta yang berkualitas, saling mendukung dan menghargai satu sama lain, meskipun nantinya rasa cintamu telah hilang dan digantikan akan kewajiban masing-masing. Agar hal tersebut bisa terwujud dan tak hanya sekadar ekspektasi saja, maka kamu perlu untuk berjuang dan berkorban bersama.

Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan membangun kedekatan emosional yang baik. Bagaimana caranya? Yakni, dengan meluangkan waktu untuk saling mendengarkan keluh dan kesah. Bahkan, kamu juga harus melakukan hubungan seksual secara rutin untuk membangun kedekatan jiwa dan emosional. 

4. Apresiasi setiap hal kecil yang dilakukan oleh pasangan, karena itu adalah bukti cinta dan peduli

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! unsplash.com/Tiap Heftiba

Meski nantinya, kamu dan pasangan punya peran masing-masing dalam rumah tangga, tapi jangan pernah menganggap segala sesuatu yang dilakukan pasangan terhadapmu adalah kewajiban. Kamu tetap harus mengapresiasi sekecil apa pun hal yang dilakukan oleh pasangan terhadap dirimu. Hal itu dikarenakan, tindakan dan perlakuan pasangan membuktikan bahwa dia peduli dan cinta padamu. 

5. Kenali pasanganmu bukan dari sisi baiknya, tapi kebiasaan buruknya

5 Nasihat Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah, Bikin Langgeng! unsplash.com/Svyatoslav Romanov

Mengenali pasangan dari sisi baiknya sudah kamu lakukan saat pacaran dulu. Kini setelah menikah, kamu harus mengenali pasanganmu dari kebiasaan buruk yang dia lakukan selama menjadi pasangan dalam pernikahanmu. 

Dengan kamu mengenali kebiasaannya buruknya, berarti kamu bisa mencintai dan menerima dia dengan segala kekurangan yang ada, bukan hanya kelebihannya saja. Mencintai kekurangan pasangan dengan setulus hati akan membuat kehidupan pernikahanmu langgeng selamanya. 

Nah, itulah sederet alasan terbaik untuk pasangan yang baru saja menikah. Menikahlah dengan penuh kesiapan, karena menikah itu tentang kehidupan cinta yang sebenarnya dan kamu tidak bisa memutus hubungan dalam pernikahan layaknya pacaran dulu. 

Baca Juga: Sebelum Menikah, Tanyakan Pandangan Pasanganmu Soal 5 Hal Penting Ini

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya