Comscore Tracker

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubungan

Pikirkan ulang jika mau tetap bertahan

Setiap kali orang berbicara kalau kamu yang sekarang bukanlah kamu yang dulu setelah menjalin hubungan dengan pasanganmu, kamu selalu menyangkal dan marah dengan dalih kamu masih seperti kamu yang dulu.

Gak ada yang berubah dalam dirimu. Hanya saja sekarang kamu telah menjalin hubungan cinta dengan dia yang kamu sayangi sehingga hidupmu jadi lebih bahagia. 

Namun, ingatlah saat kamu jatuh cinta, kamu bisa dikatakan sedang dibutakan oleh cintamu sendiri, makanya kamu enggan menerima kritikan dari orang lain, selain pasanganmu saja.

Jika kamu memang kehilangan jati dirimu selama ini, pastinya kamu mengalami lima tanda apakah memang kamu benar kehilangan jati dirimu atau tidak? Simak biar paham!

1. Kamu sudah terlalu banyak mengubah diri agar pasangan selalu menyukaimu

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganpexels.com/Vera Arsic

Kamu memang mencintainya, tapi demi membuat dia tetap suka, kamu harus selalu tampil sempura di hadapannya. Kamu mulai mengubah semua hal dalam dirimu, mulai dari sikap, perilaku sampai penampilanmu agar dia selalu terpesona saat memandangmu.

Semua itu kamu lakukan hanya demi dirinya, tanpa kamu memikirkan apakah kamu nyaman dengan perubahan itu atau tidak? Yang kamu pikirkan saat ini hanyalah tampil sempurna di depan dia agar dia gak meninggalkanmu demi seseorang yang lebih menarik darimu. 

2. Selama ini kamu sudah melupakan orang-orang yang ada di sekelilingmu

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/Alex Iby

Jatuh cinta sangatlah menyenangkan, saking menyenangkannya kamu sampai lupa pada orang-orang yang ada di sekelilingmu, mulai dari teman, sahabat, kerabat sampai keluargamu sendiri. Duniamu jadi berfokus hanya pada dirinya saja.

Kamu gak lagi nongkrong, atau sekedar ngobrol dengan teman-teman, bahkan keluargamu juga. Sekarang kamu terlalu sibuk menikmati waktu bersama dengannya. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Dimiliki agar Jati Diri Gak Hilang saat Punya Pacar

3. Kamu selalu mengabaikan prioritas pribadimu demi memprioritaskannya

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganpexels.com/Candid Shots

Selama bersama dia, sekarang kamu gak lagi memikirkan mimpi-mimpimu seperti dulu lagi. Kamu mulai mengabaikan semuanya dan gak lagi memprioritaskan hal yang seharusnya kamu prioritaskan dalam hidupmu. 

Yang kamu lakukan hanyalah memprioritaskan dirinya kapan pun dia butuh kamu. Gak heran bila saat ini hidupmu jadi berantakan karena kamu hanya memikirkan tentang dirinya saja agar dia nyaman menjalin hubungan denganmu. 

4. Sekalipun kamu gak pernah menolak permintaan dari pasangan

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/Mett W Newman

Sebagai bentuk rasa cinta, kamu pasti selalu ingin menuruti permintaan pasangan agar dia nyaman bersamamu. Namun, gak semuanya harus dituruti karena ada beberapa gak yang harus kamu tolak juga jika itu merugikanmu.

Bila saat ini kamu gak pernah menolak dia dan segala hal yang dia inginkan selalu kamu turuti serta usahakan, maka, dapat dikatakan kalau kamu sudah gak bisa mengontrol dirimu. Jati dirimu saat ini sudah hilangan hanya karena ingin membuatnya bahagia saja. 

5. Dalam hubungan hanya pasanganlah yang berhak mengambil keputusan

5 Tanda jika Kamu Selama Ini Kehilangan Jati Diri dalam Hubunganunsplash.com/JD Mason

Kamu harus segera sadar bila saat ini hubunganmu hanya didominasi olehnya saja. Pasalnya, hal itu menunjukkan kalau dia gak menganggap kamu penting dalam hubungan ini dan perilaku seperti ini menunjukkan adanya toxic.

Jangan hanya berdiam diri saja. dengan alasan kamu mencintainya dan memberikan wewenang dia untuk mengambil semua keputusan dalam hubungan. 

 

Berhenti melakukan lima hal di atas lagi karena itu sudah membuatmu kehilangan jati dirimu sendiri hanya untuk membuat dia tetap bertahan denganmu. Kamu pantas diterima dengan apa adanya. Jika dia gak bisa menerimamu, maka lepaskanlah. 

Baca Juga: Hati-hati, 5 Tanda Hubungan Asmaramu Mulai Mengaburkan Jati Dirimu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya