Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecure

Jangan dilakukan lagi!

Merasakan insecure adalah hal negatif yang hanya akan merugikan diri sendiri dan juga hubungan yang sedang dijalani. Tentunya kamu juga tidak ingin pasanganmu mengalami insecure karena kamu yakin bahwa insecure tidak akan membawa kebahagiaan dalam hubungan kalian. 

Namun, kamu juga harus tahu bahwa insecure tidak hanya disebabkan oleh diri sendiri, tapi ada juga dari faktor luar, termasuk dari sikap sepelemu. Ada pun sikap sepele yang bisa buat dia jadi insecure dan sama sekali tidak kamu sadari dapat kamu simak di bawah ini biar kamu bisa berubah. 

1. Kamu tidak pernah mau berbagi keluh kesahmu padanya

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecureunsplash.com/Max

Kamu pasti tahu bahwa keterbukaan itu adalah salah satu kunci penting dalam hubungan agar hubungan asmara yang kamu jalani bersamanya bisa langgeng. Apakah selama ini kamu hanya mau mendengarkan keluh kesah pasangan saja?

Jika kamu tidak pernah berkeluh kesah padanya tentang segala hal yang kamu alami, maka dia pun akan merasa bahwa dirinya sama sekali tidak kamu butuhkan. Dia merasa bahwa dirinya bukan sosok yang baik untukmu dan membuatmu jadi tidak nyaman. Akhirnya timbulah insecure

2. Kamu hampir tidak pernah mewujudkan hal yang dia inginkan di hubungan

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecureunsplash.com/Tyler Nix

Menuntut dan punya keinginan adalah hal yang wajar dalam hubungan karena kamu dan dia pasti ingin hubungan ini menjadi lebih baik. Kamu punya keinginan dan dia juga punya keinginan yang harus kamu wujudkan.

Jika tuntutan yang dia ucapkan terhadapmu hampir tidak pernah kamu wujudkan, tentu hal ini membuatnya mengira bahwa kamu tidak menganggapnya spesial di hidupmu. 

3. Membanding-bandingkannya dengan sosok yang menurutmu ideal

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecurepexels.com/Emma Bauso

Membandingkan pasangan dengan sosok yang menurutmu ideal adalah sikap yang kekanak-kanakan. Kamu tidak akan pernah menemukan sosok yang ideal dan benar-benar sempurna karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Tanpa kamu sadari juga, sikap ini bisa membuat pasanganmu jadi sosok yang insecure dan merasa selalu kurang menjadi pasanganmu. Di mana, dia akan merasa bahwa kamu tidak bahagia menjalani hubungan ini. 

Baca Juga: Rendahnya Self Esteem, 5 Zodiak yang Gampang Minder dan Insecure 

4. Kritikanmu yang menjatuhkannya saat kalian bertengkar

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecurepexels.com/Bruno Bueno

Ketika bertengkar, kamu mungkin sering tidak bisa mengendalikan emosimu dan akhirnya segala kekesalan kamu limpahkan padanya. Termasuk juga mengucapkan kalimat kritikan yang menjatuhkan pasangan dengan tujuan agar dia mengalah dan mengerti dirimu. Namun, kamu sering lupa bahwa kritik yang menjatuhkan justru sering membuat orang tersebut jadi merasa rendah diri dan menganggap bahwa hidupnya gagal. 

5. Kamu pernah mengecewakannya

Tanpa Disadari, 5 Sikap Sepelemu Ini Justru Bikin Pasangan Insecureunsplash.com/Idella Maeland
Setiap orang pasti melakukan kesalahan, tapi kamu juga harus tahu bahwa kesalahan akan melahirkan kekecewaan dalam hubungan. Kamu bisa menganggap bahwa kesalahanmu bisa dimaafkan olehnya, tapi tahukah kamu apa yang dia rasakan setelah itu? Dia akan terpukul sekali dengan kesalahanmu, apa lagi jika kesalahan tersebut adalah sebuah pengkhianatan dalam hubungan. 
 
Itulah tadi deretan sikap sepelemu yang bikin pasanganmu jadi sosok yang insecure. Jika kamu sudah paham, maka jangan lakukan sikap seperti di atas karena pasangan yang insecure tidak hanya membuat hubungan jadi tidak bahagia, tapi juga akan membuat hidupnya jadi terpuruk.  

Baca Juga: Ketika Kamu Sering Merasa Insecure, Hilangkan 5 Pikiran Negatif Ini

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya