Comscore Tracker

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!

Cobain deh!

Menjalin komunikasi dengan pasangan bukan hanya sekedar tukar kabar, lalu menanyakan tentang sedang apa dirinya di sana? Karena itu adalah pertanyaan yang hanya basa basi demi formalitas saja. Hubunganmu akan terasa membosankan, bahkan jika hubungan sudah membosankan, maka masalah dan pertengkaran pun akan lebih sering hadir. 

Oleh karena itu, kamu perlu menyiasati dengan cara membangun komunikasi yang sehat bersama dengan pasangan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini saja. 

1. Berbicara dan mendengarkan

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!pexels.com/Juan Vargas

Komunikasi dalam hubungan itu harus di lakukan dua arah. Jangan hanya dia saja yang mengirimi kabar, atau pun mengajakmu berbicara. Kamu juga harus melakukannya. Jika dia sedang berbicara padamu, maka dengarkanlah dia, begitu pun sebaliknya.

Hal sepele seperti ini nyatanya bisa membuat kamu dan pasangan saling menghargai dalam hal komunikasi. Jadi, komunikasi yang sehat dan berkualitas bisa kamu dapatkan. 

2. Terbuka padanya

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!pexels.com/Mann Quang

Jika hubungan gak terbuka, maka ada banyak permasalahan yang timbul. Misalnya saja kesalahpahaman antara kamu dan dia hanya karena kamu gak mau jujur dan terbuka tentang keinginananmu dalam hubungan.

Ingatlah, keterbukaan dalam hubungan itu penting agar ke depannya hubungan yang damai dan bahagia bisa dimiliki. Kamu hanya tinggal menghilangkan rasa segan dan gengsimu saja untuk bisa terbuka dalam hubungan ini. 

Baca Juga: Jangan Dipendam, 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dengan Pasangan

3. Menunjukkan rasa cinta satu sama lain

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!pexels.com/Jonathan Borba

Menunjukkan rasa cintamu pada pasangan itu penting, lho. Jangan kira komunikasi yang sehat bisa didapatkan hanya karena kalian bersama saja. Justru, komunikasi yang sehat didapatkan karena kamu dan dia bisa saling menujukkan rasa cintamu melalui komunikasi.

Misalnya, kamu memberikan perhatian, rasa peduli dan selalu bilang kalau kamu sangat mencintaimu. Percayalah kalau pasangan yang merasakannya pun akan merasa bahagia dengan sikapmu ini. Bukan hal mustahil bila akhirnya dia akan melakukan hal yang sama padamu. 

4. Jangan mudah marah saat ada masalah yang timbul

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!pexels.com/Lina Kivaka

Kamu benar-benar ingin hubungan yang bahagia dengan komunikasi yang sehat? Maka, lakukanlah cara ini, yakni jangan mudah marah saat ada masalah yang timbul dalam hubungan.

Memang sulit meredam emosi, tapi jika kamu selalu emosi saat ada masalah dan pertengkaran, maka hal inilah yang kemudian jadi hal buruk dalam hubungan. Selesaikan masalahnya dengan kepala dingin dan ajak pasangan untuk duduk bersama mencari solusi atas masalah kalian ini. 

5. Luangkan waktu berdua untuk habiskan waktu bersama

5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!pexels.com/Tran Long

Guna meningkatkan komunikasi antara kamu dan pasangan dari hari ke hari agar semakin berkualitas, maka lakukanlah quality time bersama dengan pasanganmu. Kamu bisa melakukannya seminggu sekali jika memang benar-benar sibuk. Jangan lupa juga untuk mendiskusikannya dengan pasangan biar hubungan kalian bisa terus nyaman satu sama lain. 

Komunikasi yang sehat gak didapatkan begitu saja. Perlu usaha antara kamu dan pasanganmu, caranya dengan melakukan beberapa tips di atas. Selamat mencoba ya! 

Baca Juga: Ini 5 Kunci Sukses Komunikasi dengan Pasangan agar Hubungan Langgeng

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya