Comscore Tracker

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cinta

Jangan mengingatnya lagi!

Dengan alasan apa pun, putus cinta adalah hal yang paling menyakitkan. Segala hal yang kamu lakukan menjadi tidak berarti tanpa kehadirannya lagi. Bahkan, hari-hari yang kamu lakukan terasa sangat sepi. 

Berlarut-larut dalam rasa sepi dan stres setelah putus cinta dapat membahayakan kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu harus menenangkan dirimu dengan tips-tips di bawah ini. 

1. Blokir semua kontak mantanmu

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cintapexels.com/Freestock.org

Setelah hubunganmu putus darinya, mulailah untuk memblokir semua kontak yang berkaitan dengannya. Hal ini dilakukan agar kamu tidak lagi merasa penasaran dengan kabarnya dan mengharapkan dia datang lagi pada hidupmu. 

Awal-awal akan terasa sangat sulit, bahkan kamu kamu juga sangat merasa kesepian. Namun, berjalannya waktu, justru kamu akan terbiasa tanpanya lagi. 

2. Menangislah jika kamu merasa sangat terpuruk

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cintapexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan berlagak terlalu tegar menghadapi ini semua. Jika kamu sangat terpuruk, menangislah karena menangis dapat membuat hatimu menjadi tenang. Segala macam emosi bisa kamu keluarkan bersama dengan air mata yang kamu keluarkan. 

Kamu juga harus ingat, jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas apa yang telah terjadi. Ketika kamu terus-terusan menyalahkan dirimu, maka kamu tidak akan pernah bisa ikhlas atas semua yang telah terjadi. 

3. Berhenti melihat kembali kenangan saat bersamanya

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cintapexels.com/Andrew Neel

Jika kamu ingin merasa tenang setelah putus cinta, maka berhenti mengingat kembali kenangan bersamanya, seperti foto, hadiah dan tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi bersamanya. 

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa membuang segala macam hadiah yang pernah mantan berikan padamu. Tak perlu merasa sayang akan membuangnya jika kamu memang benar-benar ingin tenang. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Temui Psikolog setelah Alami Putus Cinta

4. Hindari lagu-lagu dengan topik sedih

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cintaunsplash.com/Rakhmat Suwandi

Selama kamu sedang bersedih karena putus darinya, maka hindari menyalakan lagu-lagu yang bertemakan tentang kesedihan karena dapat membuat kamu terpuruk dan akhirnya stres sendiri. 

Akan lebih baik jika kamu menyalahkan lagu-lagu yang ceria dan bersemangat. Hal ini bertujuan agar hari-hari yang kamu lakukan terasa lebih mudah dan kamu akan menemukan semangat baru lagi. 

5. Menulislah segala hal yang sedang kamu rasakan

Biar Gak Trauma, Ini 5 Tips Tenangkan Diri Sendiri pasca Putus Cintapexels.com/Vlada Karpovich
Ketika sedang bersedih, pikiran kita kadang kala lebih mudah merangkai kata-kata dengan baik. Daripada kamu galau tidak karuan, lebih baik menulislah segala macam hal yang kamu rasakan, entah itu puisi, cerita bahkan hal lainnya. Menulis juga dapat dijadikan sebagai terapi jiwa agar kamu bisa merasa lebih lega dan tenang. 
 
Jangan terlalu menyalahkan semua yang telah terjadi dan bersedih sepanjang waktu. Kamu harus maju, tenangkan hati dan pikiranmu dengan lima tips di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Pantangan Sikap Ketika Sahabat yang Putus Cinta Curhat ke Kamu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya