Comscore Tracker

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baik

Saat komitmen tengah diuji #ANGPOIN

Menjalin sebuah hubungan bukanlah hal sulit. Namun, mempertahankannya butuh sebuah kepercayaan dan keseriusan di antara kedua pihak.

Banyak pasangan kandas di tengah jalan, sebab ada hal-hal yang tidak sinkron. Pahami dan amatilah beberapa hal yang dilakukan oleh pasanganmu. Jika salah satu dari tanda ini terlihat, kamu harus segera melakukan tindakan.

1. Terus mengkritik penampilanmu

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baikilustrasi pasangan sedang berbicara (pexels.com/August de Richelieu)

Menjadi diri sendiri adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk membuat pasanganmu senang.

Apabila dia terus mengkritikmu penampilanmu, berkata kasar, dan membandingkannya dengan orang lain, mantannya misalnya, dia berarti bukan seseorang yang pas menjadi bagian dari hidupmu.

Lain lagi jika dia menasihati agar kamu berpakaian sopan tanpa meninggalkan karaktermu. Itu bisa dianggap sebagai hal yang wajar. Kamu harus bisa membandingkannya, ya!

2. Membuatmu sulit menolak

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baikilustrasi kata-kata motivasi (pexels.com/Rodnae Productions)

Tidak semua keinginan dia harus kamu iya-kan. Coba beranikan diri untuk menolak beberapa permintaan.

Lihatlah bagaimana reaksinya kepadamu. Jika dia memahaminya, maka dia tidak akan memaksamu untuk melakukannya. Namun, jika masih masih mendesak, sebaiknya kamu hati-hati.

Keadaan seperti ini sering terjadi dalam sebuah hubungan. Salah satu pihak telanjur sayang, sehingga melakukan yang tidak seharusnya dilakukan.

Baca Juga: 5 Momen Hubungan Ini Bisa jadi Tanda Hubungan Bakal Langgeng Selamanya

3. Mendorongmu menjadi orang superbaik

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baikilustrasi pasangan yang bahagia (pexels.com/Josh Hild)

Kamu selalu ingin melakukan yang terbaik agar dia menganggapmu pasangan yang bisa diandalkan. Padahal kamu merasa itu semua di luar kemampuanmu.

Sadari pola perilaku dan masalah yang terus berulang. Ini bisa membuatmu tidak nyaman. Sayangnya, malah kamu pertahankan. Coba kamu renungkan lagi, apakah ada yang salah dengan hubunganmu itu?

4. Membuatmu cenderung menimbun perasaan tidak nyaman

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baikilustrasi pasangan sedang berjalan bersama (pexels.com/Pixabay)

Ingin menjadi orang baik untuk pasangan adalah keinginan setiap orang. Namun, bukan berarti kamu harus bersikap baik-baik saja saat dirimu tidak nyaman. Berhenti mengabaikan diri sendiri. 

Dengan menunjukkan kesedihanmu, bukan berarti kamu lemah. Pasangan yang baik adalah dia yang mencoba menawarkan solusi, bukan makin menyudutkanmu.

5. Mulai melakukan kebohongan kecil

Kenali 5 Tanda Hubungan Mulai Tidak Baikilustrasi seseorang di samping jendela (pixabay.com/Pexels)

Kejujuran adalah sikap yang harus dikuatkan dalam hubungan. Satu kebohongan akan melahirkan kebohongan lain. Jika ada hal yang tidak disukai, coba diskusikan dengan pasanganmu.

Komunikasikan dengan baik agar tidak ada kesalahpahaman. Setiap hubungan pasti ada hal yang tidak cocok sepenuhnya. Namun, bukan berarti itu menjadi penghalang atau bahkan perusak hubungan itu.

Pastikan di hatimu bahwa semua itu hanya batu kecil perjalanan cintamu. Komitmen dan kepercayaan satu sama lain harus ada untuk membangun hubungan yang serius. Lantas, apakah kamu menemukan salah satu tanda di atas ada pada dirimu?

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini dari Calon Pasangan Saat Dijodohkan

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya