Comscore Tracker

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari Dicatok

Jangan sampai rambutmu cepat rusak ya girls!

Sebagai wanita, rambut yang sehat dan rapi pastinya dapat menunjang penampilan serta mood untuk beraktivitas sehari-hari. Makanya, enggak heran kalau wanita perlu waktu lama untuk menata rambut. Salah satu kebiasaan wanita supaya rambutnya mudah dan cepat ditata adalah dengan mencatoknya.

Tapi sayangnya enggak semua wanita tahu bagaimana merawat rambut yang sering dicatok. Enggak heran kalau akhirnya banyak yang justru harus merogoh kantong dalam-dalam hanya untuk mengembalikan kesehatan rambutnya. Entah itu perawatan ke salon sampai membeli banyak vitamin mahal untuk rambut.

Kira-kira, apa kamu salah satu cewek yang punya masalah seperti itu? Atau kamu takut mengalami hal itu? Kalau mau tahu bagaimana caranya supaya rambut tetap sehat meski sering dicatok setiap hari, kamu perlu ikuti langkah di bawah ini.

1. Pakai alat catok dengan lapisan pemanas tertentu

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari DicatokPerfectlocks.com

Bila ingin rambut tak mudah rusak meski sering dicatok, hal pertama yang perlu dilakukan ialah memilih alat catok yang digunakan. Jangan membeli dan menggunakan sembarang alat catok. Tidak masalah bila harus membeli alat yang sedikit mahal daripada membeli alat catok murah tapi rentan merusak rambut.

Alat catok yang bagus biasanya ditandai dengan lapisan pemanas yang terbuat dari keramik, titanium atau emas. Lapisan pemanas keramik ini dapat menyebarkan panas secara merata. Sehingga rambut pun akan panas merata saat dicatok. Alat catok dengan lapisan keramik ini cocok untuk segala jenis rambut.

Sementara itu untuk alat catok yang memiliki lapisan pemanas dari titanium atau emas lebih cocok pada jenis rambut keriting.

2. Pastikan alat catok kamu punya pengatur suhu

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari Dicatokbyrdie.com

Selain harus memastikan alat catok yang digunakan memiliki lapisan pemanas tertentu, kamu juga harus memastikan alat catok memiliki pengatur suhu. Ini berfungsi supaya kamu bisa mengatur sendiri panas alat catok yang sesuai dengan tekstur dan ketebalan rambut. Karena kalau sampai suhunya terlalu panas nanti justru dapat merusak tekstur rambut.

Masalahnya, enggak sedikit di luar sana alat catok tanpa pengatur suhu yang sudah otomatis diatur pada suhu di atas 200 derajat celcius. Nah, kalau terlalu sering memakai itu sudah pasti cepat atau lambat rambut ladies akan rusak.

Jadi, kalau sekarang kamu masih pakai alat catok seperti itu, alangkah baiknya kalau cepat-cepat ganti. Enggak apa-apa kalau harus beli agak mahal demi kesehatan rambutmu.

Baca Juga: 7 Paduan yang Elegan dan Trendi dari Warna Rambut Burgundy

3. Pakai sampo dan pelembap yang tepat untuk rambut

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari DicatokPexels.com/Fancycrave.com

Sebelum dicatok, kamu harus pastikan kalau rambut sudah dalam keadaan bersih. Caranya pasti dengan diberi sampo dan pelembap. Makanya, kamu perlu memakai sampo yang cocok sehingga rambut jadi lembut, bukan menjadi kering. Selain itu pakai juga pelembap untuk menambah kelembapan rambut saat akan dicatok.

4. Pakai serum pelindung panas sebelum dicatok

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari DicatokPexels.com/Element5 Digital

Setelah selesai keramas, kamu perlu banget memakai serum pelindung panas untuk rambut lho. Tapi ingat, baca dulu aturan pakainya ya! Karena enggak semua serum punya aturan pakai yang sama. Ada beberapa serum yang mengharuskan rambut kamu kering lebih dulu sebelum dipakai dan ada juga yang digunakan saat rambut dalam keadaan lembap.

Selain itu, pakai serumnya pun enggak perlu banyak-banyak. Secukupnya saja sesuai dengan tekstur rambut kamu. Kalau terlalu banyak, bisa jadi rambutmu justru tampak lebih berminyak nantinya.

Serum ini berfungsi untuk melindungi kondisi rambut saat terpapar suhu panas dari alat catok rambut. Jadi, kamu mesti banget punya ini.

5. Jangan keringkan rambut pakai hair dryer

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari DicatokPexels.com/Gratisography

Ada kesalahan yang sering banget dilakukan kaum hawa ketika mencatok rambutnya setiap hari, yaitu mengeringkan pakai hair dryer. Memang sih karena ingin mengejar waktu. Tapi, tahu enggak kalau rambut itu justru akan lebih terawat kalau kamu membiarkannya kering dengan handuk atau dengan mengipasinya.

Memang sih pasti akan memakan waktu lebih lama untuk kering. Makanya, kamu perlu menyiapkan waktu lebih pagi untuk mencatok rambut.

6. Atur tempratur ke suhu yang sesuai

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari Dicatoksustuu.com

Inilah fungsi pengatur suhu pada alat catok. Kamu bisa mengatur suhu panas pada alat catok agar sesuai dengan yang dibutuhkan jenis rambut. Sekarang, termasuk yang mana jenis rambutmu?

Kalau kamu punya rambut halus atau yang rentan rusak, maka atur temperatur suhu pada titik terendah. Biasanya di kisaran 120-150 derajat. Sementara untuk rambut medium, kamu bisa mengatur suhu lebih tinggi, sekitar 150-180 derajat.

Dan kalau kamu punya rambut kasar atau tebal, maka cobalah atur suhu di antara 180-200 derajat. Usahakan agar suhu tidak lebih dari 200 derajat ya!

7. Jangan terlalu lama mencatok bagian-bagian rambut

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari DicatokPexels.com/Public Domain Picture

Ketika kamu mulai menjepit rambut dengan alat catok, maka lakukan dengan cepat. Jangan terlalu lama membiarkan alat catok menjepit rambutmu. Karena hal itu bisa memicu kerusakan rambut lho.

Selain itu, kamu enggak perlu mencatok satu bagian rambut lebih dari tiga kali. Karena hal tersebut juga bisa memicu kerusakan rambut lho. Namun, lain hal kalau kamu punya rambut keriting atau tebal. Karena bisa jadi kamu memang perlu mencatok tiap bagian rambut lebih dari tiga kali.

8. Bersihkan dan simpan alat catok di tempat kering

8 Tips Jaga Kesehatan Rambut yang Setiap Hari Dicatokgroupon.com

Ini jadi poin penting bagi kamu lho. Karena banyak di antara kaum hawa yang kemudian tidak membersihkan alat catoknya sehabis digunakan. Padahal, alat catok yang kotor pun bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut.

Jadi, mulai sekarang, bersihkan alat catok menggunakan air hangat dan pembersih khusus sehabis digunakan. Hal ini perlu kamu lakukan untuk memastikan enggak ada rambut yang tertinggal di lapisan pemanas. Karena sisa rambut itu bisa menempel pada rambut kamu saat mencatok keesokan harinya. Pastinya itu akan mengganggu banget, ‘kan?

Selain itu simpanlah alat catok yang baik. Jangan letakkan sembarangan. Apalagi di tempat yang lembap.

Tujuan mencatok pastinya untuk menjaga penampilan, tapi kamu tetap harus menjaga kondisi rambut agar tetap nyaman untuk beraktivitas seharian. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu yang hampir setiap hari harus mencatok rambut.

Baca Juga: Biar Gak Rusak, Hindari 5 Hal Saat Mencatok Rambut!

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya