Comscore Tracker

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu 

Sebel juga, tapi baiknya jangan emosi dulu ya.

Dalam suatu hubungan tidak selamanya berjalan dengan baik-baik saja. Adanya rintangan bisa terjadi karena salah satu atau kedua belah pihak melakukan suatu kesalahan. Kesalahan yang bisa mengakibatkan pasangan marah atau bisa berakibat buruk terhadap hubungan. Beberapa kesalahan pasangan seperti misalnya tidak jujur pada pasangan terkadang bisa dimaafkan, akan tetapi banyak juga yang bisa jadi masalah berat dalam suatu hubungan.

Ketika kita tahu pasangan kita tidak jujur di dalam hubungan, rasa kecewa pasti ada. Kepercayaan yang sudah kita berikan kepadanya hancur begitu saja, akan tetapi kita juga harus bijak menyikapinya dan sebaiknya tidak langsung emosi atau bahkan mengakhiri hubungan. Berikut 5 sikap bijak yang bisa kita terapkan ketika kita tahu pasangan tidak jujur.

1. Cobalah untuk konfirmasi terlebih dahulu

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu Pixabay.com/pasja1000

Ketika kita tahu kalau pasangan kita tidak jujur kepada kita sebaiknya tidak lantas emosi, cobalah untuk konfirmasi kepada pasangan akan apa yang sebenarnya terjadi. Mungkin saja pasangan mempunyai alasan tersendiri di balik sikap tidak jujurnya kepada kita.

Walaupun sebenarnya hal tersebut tidak baik tapi cobalah untuk mengerti terlebih dahulu. Dengan mendengarkan penjelasan pasangan, setidaknya kita memberinya kesempatan dan sedikit menyadarkannya akan perbuatannya yang salah.

2. Berpikir positif

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu Pixabay.com/nastya_gepp

Berpikirlah positif terlebih dahulu jika memang kita tahu pasangan kita tidak jujur. Dengan berpikir positif mencegah kita untuk emosi dan marah yang juga akan merugikan diri kita sendiri. Cobalah untuk tenang sebelum akhirnya mulai membicarakan hal tersebut dengan pasangan.

Ketika pikiran kita sudah berpikir jauh tentang hal yang tidak baik mengenai pasangan, secara tidak langsung akan membuat perasaan kita curiga terhadap pasangan atau bahkan bisa membuat rasa percayamu kepada pasangan hilang. Pada kenyataannya belum tentu apa yang kamu pikirkan sama seperti pada kenyataannya.

3. Dengarkan penjelasannya

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu unsplash.com/iyolanda

Ketika kita tahu bahwa pasangan tidak jujur kepada kita, cobalah untuk terlebih dahulu mendengarkan penjelasannya sebelum akhirnya kita bisa memutuskan tindakan apa yang sebaiknya kita lakukan.

Jangan membiarkan rasa marah dan terus curiga dalam diri kita yang nantinya akan berakibat kurang baik untuk hubungan. Setelah mendengarkan penjelasan pasangan dan sekiranya penjelasan bisa masuk akal kita bisa memaafkannya, akan terapi kalau memang menurut kita perbuatan tidak jujur yang dilakukan pasangan sudah keterlaluan kita bisa menentukan sikap.

Baca Juga: 5 Sikap Dewasa dalam Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Berbohong

4. Cobalah untuk lebih sabar dan mengerti

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu Pixabay.com/vait_mcright

Cobalan untuk lebih sabar dan mengerti ketika kita tahu pasangan kita tidak jujur kepada kita. Sikap sabar dan lebih mengerti tidak akan membuat kita lemah di mata pasangan, sebaliknya biasanya pasangan akan lebih merasa bersalah kepada kita. Jika kita kurang sabar dalam menghadapinya hingga akhirnya membuat kita terkesan menuduhnya, bukan tidak mungkin akan memperkeruh keadaan.

5. Katakan dengan jujur jika kamu kecewa dengannya

Jangan Emosi, 5 Sikap Bijak Ketika Tahu Pasangan Tidak Jujur Denganmu Pixabay/mirceaianc

Setelah semua dilakukan cobalah untuk jujur kepada pasangan tentang kekecewaanmu terjadapnya yang memang sudah tidak jujur denganmu. Sebaiknya hindari dengan sikap emosi dan marah ketika mengatakan rasa kecewamu terhadapnya.

Dengan emosi dan kemarahan tidak menjamin pasangan kita akan menyesali perbuatannya, bisa jadi dengan cara perlahan mengatakan kekecewaanmu terhadap pasangan akan membuat ia tersentuh dan tidak mengulangi perbuatannya.

Itulah 5 sikap bijak yang bisa kamu coba ketika tahu pasanganmu tidak jujur denganmu. Sebenarnya apa pun alasannya sikap tidak jujur kepada pasangan sangat tidak dianjurkan, akan tetapi sebagai manusia kita juga tahu bahwa manusia tempat salah dan dosa yang patut kita maklumi.

Baca Juga: Awas! 6 Hal Ini akan Lebih Sering Kamu Rasakan Kalau Gemar Berbohong

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya