Comscore Tracker

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan Pasangan

Jangan diam-diam saja ya guys!

Komunikasi dalam suatu hubungan itu penting adanya. Dengan komunikasi yang baik, keduanya biasa saliang terbuka hingga mengerti satu sama yang lainnya demi suatu hubungan yang harmonis. Salah satu yang sering kali membuat suatu komunikasi pada akhirnya buruk ialah perselisihan.

Sering kali, antar dua orang yamg berselisih dalam sautu hubungan bisa saja menimbulkan perpisahan. Hal ini menjadi alasan perlu adanya suatu tindakan dalam memperbaiki komunikasi yang buruk pasca berselisih dengan pasangan. Adapun 7 cara tersebut di antaranya:

1. Lupakan sisi egois dan coba bisa mengerti apa yang pasangan rasakan

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPexels.com/cottobro

Coba bisa melupakan sisi egois dalam diri dan bisa mengerti apa yang pasangan kita rasakan demi memperbaiki suatu komunikasi yang buruk pasca adanya suatu perselisihan di antara keduanya.

Kita bisa membayangkan jika berada pada posisi pasangan, kita rasakan betul apa yang menajadi keinginannya. Tidak hanya ingin menang sendiri dan egois setelah berselisih tanpa melihat kesalahan dalam diri yang justu perlu untuk dilakukan.

2. Tidak ragu untuk meminta maaf dan memaafkan 

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPixabay.com/sarbya1105

Mengalah demi suatu kebaikan agaknya juga penting dilakukan setelah adanya perselisihan dengan pasangan. Coba bisa memulai terlebih dahulu untuk meminta maaf pada pasangan. Hal inilah yang akan memperbaiki komunikasi keduanya yang buruk setelah adanya perselisihan.

Bicara berdua dengan baik-baik, dan kamu juga harus bisa memaafkan kesalahan pasangan jika nantinya ia juga meminta maaf kepadamu. Meminta maaf maupun memaafkan pasangan menjadi cara yang perlu sekali dilakukan untuk memperbaiki komunikasi yang buruk.

3. Coba bisa memulai pembicaraan dengan hati-hati, jangan sampai menyinggung perasaan pasangan  

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPixabay.com/Mircaelancu

Setelah adanya momen meminta maaf dan saling bisa memaafkan, coba bisa memulai pembicaraan dengan penuh hati-hati di antara keduanya. Hal ini supaya tidak ada rasa saling menyinggung perasaan masing-masing yang justru semakin memperburuk keadaan.

Komunikasi akan kembali membaik seiring berjalannya waktu jika suasana keduanya sudah mencair karena rasa saling menjaga sikap. Komunikasi yang baik itu penting, karena menjadi salah satu kunci langgengnya suatu hubungan.

Baca Juga: 5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamu

4. Hindari mengungkit kesalahan yang sebelumnya dilakukan 

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPixabay.com/gracinistudios

Selain bisa menjaga perkataan kita ketika berbicara pada pasangan kita, sebaiknya juga hindari mengungkit keselahan pasangan yang sebelumnya dilakukan. Hal ini bisa saja akan membuat pasangan merasa jika kita tidak tulus memaafkannya.

Komuniasi yang sebelumnya akan membaik, akhirnya bisa saja buruk kembali karena rasa kecewa dari salah satu di antara keduanya. Kesalahan pasangan maupun kesalahan kita sendiri, hendaknya bisa kita lupakan dan sebelumnya bisa kita ambil pelajaran dari kejadian tersebut.

5. Jadi sosok mindful listening 

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganUnspalsh.com/Scott Webb

Manjadi pendengar yang baik dan penuh perhatian juga perlu dilakukan untuk memperbaiki komunikasi dengan pasangan setelah adanya perselisihan. Pasangan akan merasa dihargai jika setelah adanya saling bisa memaafkan, keduanya bisa saling berbicara mengungkapkan perasaan yang selama ini tidak terucap.

Ketika dalam momen tersebut kamu jadi pendengar yang bisa mengerti pasangan, tidak hanya membuat pasangan senang akan tetapi akan membuatmu bisa mengambil pembelajaran hingga bisa memperbaiki diri lebih baik.

6. Sesekali perlu adanya instrospeksi diri dan coba tidak terus membela diri 

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPixabay.com/Chuotanhls

Mengetahui kesalahan diri sendiri hingga bisa mengurangi kebiasaan membela diri sendiri juga bisa memperbaiki komunikasi yang kacau setelah adanya suatu perselisihan dengan pasangan.

Kita akan terhindar dari rasa ingin menang sendiri yang justru akan membuat kita terlihat buruk di mata pasangan. Dengan instrospeksi diri bukan menjadikan kita lemah di mata pasangan, sebaliknya kita mampu menjadi pribadi yang jauh lebih dewasa dari sebelumnya.

7. Akhiri pembicaraan dengan komitmen untuk saling terbuka

7 Cara Perbaiki Komunikasi yang Buruk Pasca Berselisih dengan PasanganPexels.com/Maria Lindsey Mult

Langkah terakhir yang perlu dilakukan setelah adanya komunikasi yang buruk akibat suatu perselisihan adalah dengan mengakhiri pembicaraan dengan komitmen bersama untuk saling terbuka.

Keterbukaan dalam suatu hubungan memiliki peran penting dalam menjaga komunikasi dengan pasangan. Akan ada perasaan saling mengerti dan memahami di antara keduanya hingga bisa menghindarkan kita dari kesalah pahaman yang justru memperburuk komunikasi.

Itulah 7 cara memperbaiki komunikasi yang buruk pasca berselisih dengan pasangan. Jangan sampai berlarut dalam suatu keadaan yang membuat keduanya tidak nyaman karena buruknya komunikasi.

Baca Juga: 7 Hal Sederhana yang Membuatmu Jarang Bertengkar dengan Pasangan

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya