Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!

Pertemuan setiap harilah yang paling penting

Berbagi kamar dengan seorang teman untuk memangkas biaya sewa adalah hal yang sering dilakukan oleh mahasiswa yang sedang ingin berhemat. Meskipun demikian, kamu harus mengetahui apa saja hal-hal yang bisa membuat teman sekamarmu bahagia. Jika kamu dan teman sekamarmu sudah mengerti satu sama lain, tentu saja kegiatanmu sehari-hari akan lebih terasa menyenangankan.

Hubungan dengan teman sekamarmu bisa menjadi hubungan yang paling penting untuk kehidupan dewasamu, dengan teman sekamarmulah kamu akan bercerita paling sering. Kamu juga akan meminta sarannya lebih dari yang kamu sadari, maka dari itu, ada baiknya jika kamu menjaga hubunganmu yang satu ini. 

1. Tetapkan aturan sejak dini 

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!Ilustrasi dua orang yang sedang berbicara (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Lebih baik kamu dan teman sekamarmu menmbuat aturan sejak awal, itu bisa membuatmu dan teman sekamarmu menghindari masalah-masalah di masa depan, mengatur aturan dengan jelas di awal akan membuatmu semakin kompak dan mempererat hubungan kalian berdua. Cobalah buat aturan sejelas mungkin agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Siapakah yang akan mencuci piring pada hari Kamis, bolehkah aku memakan makanan yang ada di kulkas, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu bisa benar-benar merasa cocok dengan teman sekamarmu, meskipun demikian, cobalah untuk bertahan melalui masa-masa awal ini. Karena, memang masa-masa awal yang akan terasa amat sulit.

2. Jadilah konsisten 

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!Ilustrasi orang yang sedang membersihkan rumah (Pexels/cottonbro)

Ketika kamu dan teman sekamarmu jauh dari rumah, ada baiknya jika kalian bisa berpegangan dengan satu sama lain. Menjadi konsisten adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih bisa diandalkan. Jika kamu konsisten, temanmu bisa mulai mengatur hidupnya di sekitarmu, dan kamu pun juga seperti itu. dan akhirnya hubungan kalian akan menjadi lebih stabil.

Konsistensi akan hal-hal kecil seperti tetap taat terhadap peraturan yang kalian buat di awal adalah tempat yang baik untuk memulai. Kamu bisa meningkatkan lagi kosistensimu ketika kamu sudah tinggal cukup lama dengan teman sekamarmu. Lama-kelamaan kalian akan menjadi sangat mengenal satu sama lain, dan hidup kalian akan lebih terorganisasi.

Baca Juga: Hindari Pertengkaran, 9 Tips Menghadapi Teman Sekamar yang Emosian

3. Bersikaplah murah hati  

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!Ilustrasi dua orang sahabat (Pexels/Anna Tarazevich)

Hal-hal kecil seperi sifat kita bisa sangat berguna. Kamu harus membiasakan dirimu untuk menjadi lebih sabar dan murah hati. Semua orang tidak ada yang sempurna, tetapi setidaknya kamu bisa mencobanya, selain itu jika kalian murah hati, kebaikanmu itu pada akhirnya akan kembali padamu lagi. Kamu perlu percaya dengan dunia ini, dan biarkan dunia ini bekerja.

Temanmu pun akan mulai mengikuti sifat-sifatmu, dan jika di antara kalian tidak ada yang bersifat murah hati, maka akan sulit untuk menjaga pertemanan kalian ini. Teruslah coba untuk menjadi versi terbaik dirimu setiap harinya, dan lama-kelamaan kamu akan terbiasa.

4. Ingatlah bahwa ini kamarmu dan kamar teman sekamarmu 

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!Ilustrasi sebuah kamar (Pexels/Vecislavas Popa)

Ini bukan hanya sekadar kamarmu saja, maka dari itu, kamu harus secara sadar untuk mengkomunikasikan hal-hal yang akan mengganggu kehidupan privasi teman sekamarmu. Kamu juga bisa mengharapkan hal yang sama dari teman sekamarmu. Dengan mengingat bahwa ini adalah kamar teman sekamarmu juga, kalian akan menghargai privasi satu sama lain, dan menjadi lebih bahagia.

Kamu juga harus merawat kamarmu dengan baik, karena pada akhirnya ini juga kamarmu. Dan jika kamarmu berantakan, tentu saja itu tidak akan baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mentalmu. Kamar yang bersih bisa saja membuatmu menjadi lebih kreatif lagi. Kamu hanya harus menahan rasa tidak nyaman di awal ketika kamu baru saja memulai.

5. Persiapkan terlebih dahulu untuk kemungkinan berpisah dengan teman sekamarmu 

5 Hal yang Akan Membuat Teman Sekamarmu Bahagia!Ilustrasi orang yang pergi (Pexels/cottonbro)

Meskipun kamu sudah mencoba dengan sebaik-baiknya, terkadang ada kalanya jika kamu memang tidak cocok dengan teman sekamarmu. Jika itu terjadi, ada baiknya jika kamu sudah mempersiapkan hal yang akan kamu lakukan. Rencanakanlah jika teman sekamarmu memang tidak cocok denganmu. Apakah itu mencari teman sekamar yang baru, atau mungkin kamu ingin tinggal untuk sendiri untuk beberapa saat.

Berpisah dengan teman sekamarmu tentulah tidak mengenakkan, meskipun begitu, kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan temanmu itu. Tidak ada gunanya untuk menambahkan musuh ke dalam hidupmu. Pikirkanlah kemungkinan ini sejak awal agar kamu tidak akan terkejut ketika hal ini benar-benar terjadi.

Pada akhirnya, semua usaha ini tidaklah lain untuk menguntungkan dirimu sendiri. Karena jika kamu memiliki teman sekamar yang bahagia, aura itu akan memancar keluar dari dirinya, dan kamu pun akan merasakannya. Semoga tips di atas membantumu, dan cobalah untuk tetap menjaga pertemananmu!

Baca Juga: 5 Pasang Surut Memiliki Teman Sekamar, Pertimbangkan Baik-baik! 

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya