Comscore Tracker

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertua

Gak perlu jadi orang lain ya

Bagaimana perasaanmu ketika diajak bertemu dengan orangtua pasanganmu? Bahagia tentu saja, namun perasaan gugup akan datang bersamaan. Tenang, kamu gak sendiri kok!

Semua orang yang pertama kali diajak bertemu dengan calon mertuanya pasti akan merasakan hal yang sama. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa hal ini agar pertemuanmu nanti lancar.

1. Pelajari kebiasaan keluarga mereka

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon MertuaUnsplash/Haley Phelps

Sebelum bertemu orangtuanya pastikan kamu telah mengetahui dinamika keluarga tersebut. Kamu harus pelajari apa saja kebiasaan, tata krama dan hal-hal yang sering dilakukan.

Cara mudahnya, tanyakan langsung pada pasanganmu. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan hal-hal yang mungkin terjadi nantinya. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih tenang dan gak kaget saat bertemu mereka.

2. Siapkan topik-topik ringan untuk bahan mengobrol

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuatheculturist.com

Gak ada salahnya untuk belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan oleh orangtua pasanganmu. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan topik-topik apa yang akan dibahas saat mengobrol dengan mereka nanti. Gak perlu memilih topik berat, siapkan saja topik-topik ringan seputar kebiasaan mereka atau masa kecil pasangan kamu.

3. Gunakan pakaian yang pantas

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon MertuaUnsplash/Alexandra Gorn

Penampilan adalah kunci utama apakah kamu akan mendapat nilai baik atau buruk. Bukan berarti kamu gak boleh menggunakan penampilan yang sesuai dengan karakter dirimu.

Kamu tetap bisa menggunakan pakaian yang kamu suka, namun pilihlah pakaian yang sopan. Jangan sampai menggunakan pakaian mini atau pakaian yang terlalu ketat dan berkerah rendah.

4. Jangan lupa bawa buah tangan ya!

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon MertuaUnsplash/Dmitry Mashkin

Selain pakaian, siapkan juga buah tangan sebelum kamu berkunjung ke rumahnya. Apalagi jika ini pertama kalinya kamu berkunjung ke rumah pasanganmu. Jangan sampai kamu ke sana dengan tangan kosong ya! Kamu bisa coba membawa buah-buahan atau kue sebagai bentuk rasa pedulimu terhadap mereka.

5. Hormati aturan keluarga yang ada

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuasohedid.com

Jika sudah sampai di sana, hormati aturan keluarga yang ada. Karena belum tentu aturan di sana sama seperti aturan yang ada di keluargamu. Kamu juga harus mengikuti peraturan yang ada. Jika kamu gak ingin mendapat padangan buruk, jangan melanggarnya meski itu gak sesuai dengan peraturan yang ada di keluargamu.

Baca Juga: 5 Zodiak Cewek yang Diprediksi Jadi Idaman Mertua, Kamu Ada Gak?

6. Menawarkan bantuan bisa membuatmu lebih dekat dengan orangtuanya

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuacitrussleep.com

Meski kamu datang sebagai tamu, cobalah tawarkan bantuan. Dengan menawarkan bantuan, kamu dapat berkomunikasi dan lebih dekat dengan orangtua pasanganmu.

Bantuan ringan seperti menyiapkan piring, membagikan kue atau menuangkan air akan memberikan kesan positif. Namun, kamu gak perlu menawarkan bantuan untuk hal yang gak bisa kamu kerjakan.

7. Simpan ponselmu ketika sedang mengobrol

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuadevicemagic.com

Jangan terlalu sibuk dengan ponselmu saat berada di rumahnya. Kebiasaan ini biasanya yang paling sulit dilakukan. Meski sulit, sebisa mungkin saat mengobrol atau ketika berada di meja makan simpan ponselmu di dalam tas.

Jika memang ada telepon yang penting, izinlah terlebih dahulu untuk meninggalkan obrolan. Jangan sampai kamu menerima telepon di depan mereka!

8. Gak perlu jadi orang lain untuk menarik perhatian orangtuanya

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuaelitedaily.com

Berkata dan bersikap sopan ketika bertemu calon mertua memang diperlukan. Namun ingat, jangan sampai berlebihan ya! Apalagi kalau sampai kamu harus menjadi orang lain hanya untuk menarik perhatian orangtua pasanganmu.

Orangtua akan tahu mana sikap yang tulus dan mana yang dibuat-buat. Jadi tetaplah jadi dirimu sendiri yang apa adanya dan menjaga sikap.

9. Jangan mengumbar kemesraan di depan calon mertua!

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuazoosk.com

Memang sih kalau bertemu pasangan, maunya nempel terus. Namun, jangan lakukan hal ini ketika di rumahnya ya. Hal ini bisa membuat calon mertuamu merasa risih.

Saat ditanya pendapatmu tentang pasangan, ungkapkan saja tapi jangan berlebihan. Gak perlu menceritakan gaya kalian berpacaran, seperti apa romantisnya dan sejauh apa kemesraan kalian selama ini.

10. Kunci paling utama adalah relax

10 Hal Krusial yang Harus Kamu Siapkan Saat Bertemu Calon Mertuaipnos.com

Kamu gak perlu terlalu tegang ketika bertemu calon mertua. Kamu hanya perlu relax sejenak agar bisa menghadapinya dengan tenang. Semakin kamu tegang, semakin kacau pula pertemuan itu nantinya. Anggap saja kamu akan bertemu dengan teman lamamu. Sehingga kamu bisa lebih tenang saat bertemu dengan mereka nanti.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat bertemu dengan calon mertua. Gugup itu wajar, namun jika kamu tetap menjadi dirimu sendiri, mereka pun akan menyambutnya dengan senang hati. Semoga berhasil ya!

Baca Juga: Apapun Alasannya, Jangan Sampai Kamu Lakukan 5 Hal Ini Pada Ibu Mertua

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya