Comscore Tracker

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'

Sahabat terbaik Moon Kang Tae, nih

It's Okay to Not Be Okay merupakan KDrama yang dibintangi Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Oh Jung Se. Selain cerita cinta Moon Moon Couple dan kisah keluarga Moon bersaudara, KDrama ini juga membahas persahabatan antara Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae.

Jo Jae Soo (Kang Ki Doong) adalah sahabat terdekat Moon Kang Tae. Meski sering bertingkah kocak, ia memiliki rasa setia kawan yang besar. Karena itu, ia berhasil menjaga hubungan persahabatannya dengan Moon Kang Tae hingga belasan tahun.

Tak hanya untuk hiburan, nyatanya subplot mengenai Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae di sini juga memiliki pesan inspiratif, lho. Contohnya, lima poin berikut, yang masing-masing membahas cara menjaga hubungan persahabatan yang awet. Yuk, disimak!

1. Saling mendukung di segala situasi, baik di kala senang ataupun sedih

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'dramabeans.com

Di banyak episode KDrama It's Okay to Not Be Okay, Jo Jae Soo menunjukkan bagaimana ia bersikap suportif pada sahabatnya, Moon Kang Tae. Ia selalu ada di sisi Moon Kang Tae, baik di saat senang ataupun sedih. Ia melakukan hal itu dengan tulus selama belasan tahun persahabatan mereka.

Tindakan Jo Jae Soo ini bisa diterapkan dalam hubunganmu dengan sahabat. Entah di saat susah maupun senang, kamu harus setia di sisinya. Begitu pula sebaliknya. Saling menjadi support system untuk satu sama lain, tak hanya membuat kalian jadi lebih dekat. Namun juga bisa memotivasi kalian jadi lebih baik.

2. Berusahalah memahami karakter masing-masing tanpa memaksa satu sama lain untuk berubah

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'dramabeans.com

Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae memiliki karakter yang bertolak belakang. Di satu sisi, Jo Jae Soo adalah sosok ceria dan banyak bercanda. Sementara di sisi lain, Moon Kang Tae lebih pendiam dan menahan diri. Meski berbeda sifat, keduanya berusaha saling memahami pribadi masing-masing.

Poin di atas penting banget, nih, dipraktikkan dalam hubungan pertemanan sehari-hari. Sebab kamu dan sahabat bisa jadi memiliki karakter yang juga berbeda. Namun alih-alih memaksa untuk mengubah sifat, lebih baik berusaha saling memahami agar bisa menjembatani perbedaan tersebut, bukan?

Baca Juga: 10 Momen Akrab Kim Soo Hyun dan Para Pemain 'It's Okay to Not Be Okay'

3. Dengarkan serta tanggapi curhatan masing-masing dengan serius dan penuh empati

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'dramabeans.com

Saat kamu dihadapkan pada suatu permasalahan, bukan hal aneh untuk curhat dengan sahabat. Namun tak hanya sekadar tempat curhat, pastikan bahwa kalian bisa menjadi tempat curhat yang baik dan terpercaya. Artinya, kalian tidak men-judge dan mau mendengarkan dengan serius curhatan masing-masing.

Hal ini ditunjukkan oleh Jo Jae Soo, terutama di awal-awal episode, di mana ia menjadi satu-satunya support system untuk Moon Kang Tae saat itu. Dan meski Jo Jae Soo adalah orang yang ceplas-ceplos dan kocak, ia selalu mendengarkan dengan empatik tiap curhatan Moon Kang Tae tanpa memaksa sahabatnya itu untuk bercerita.

4. Bersikaplah jujur dan apa adanya tanpa berusaha menyakiti perasaan satu sama lain

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'dramabeans.com

Sudah lama bersahabat dengan Moon Kang Tae, Jo Jae Soo sudah tidak sungkan-sungkan lagi dengannya. Ia kerap bersikap dan berkata apa adanya, termasuk saat ia tidak setuju pada hal yang dilakukan atau dipikirkan Moon Kang Tae. Meski begitu, ia tak menghina atau merendahkan sahabatnya itu.

Dalam hubungan pertemanan, kamu tak selalu sependapat dengan sahabatmu. Itu tentu hal yang biasa. Namun meski kalian memiliki pandangan atau pendapat berbeda, jangan sampai hal itu merusak persahabatan kalian. Ingatlah untuk bersikap apa adanya, meski di sisi lain kalian juga harus berusaha tidak menyakiti perasaan satu sama lain.

5. Jika ada masalah di antara kalian, segera selesaikan. Jangan dipendam hingga menjadi beban

5 Resep Persahabatan Awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'dramabeans.com

Tidak ada hubungan pertemanan yang sempurna. Pasti ada satu dua waktu di mana kamu dan sahabat bertengkar atau berdebat. Meski begitu, ingatlah bahwa kalian perlu menyelesaikan masalah yang muncul agar tidak merusak persahabatan kalian. Jika kamu yang salah, minta maaflah. Begitu pula sebaliknya.

Dalam It's Okay to Not Be Okay, Jo Jae Soo dan Moon Kang Tae menunjukkan sekilas mengenai pentingnya hal ini. Misalnya, saat Jo Jae Soo merasa Moon Kang Tae hanya datang padanya saat Moon Sang Tae dan Go Moon Young sibuk. Ia terang-terangan mengutarakan hal itu, alih-alih memendam dan membuatnya berpikiran negatif pada sahabatnya itu.

Nah, itulah lima tips menjaga persahabatan menjadi awet ala Jo Jae Soo 'It's Okay to Not Be Okay'. Sukses jadi scene stealer, nyatanya tokoh Jo Jae Soo ini selain menghibur juga inspiratif, bukan?

Baca Juga: Tamat, 8 Scene yang Bakal Dikangenin dari 'It's Okay to Not Be Okay'

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya