Comscore Tracker

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam Hubungan

Boleh dicoba deh...

Bukan hal yang tak biasa lagi bila dalam sebuah hubungan tidak terselipkan sebuah masalah, apalagi jika kamu dan pasangan sedang berada di puncak sensitif akibat stres ataupun masalah lain dari luar hubungan yang membuatmu menjadi lebih sensitif dengan segala hal bahkan dengan pasanganmu sendiri.

Terkadang beberapa pasangan kekasih tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapai dalam hubungan sehingga menyebabkan masalah lebih rumit bahkan berujung kandas, kamu tentu tidak maukan kisah cintamu berakhir dipertengahan jalan? Nah, buat kamu yang sedang mengalami masalah dalam hubunganmu, berikut beberapa cara efektif untuk membantu pasangan memecahkan masalah dalam sebuah hubungan.

1. Bicara secara gamblang dengan pasangan

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam HubunganUnsplash.com/fwed

Ketika kamu menghadapai sebuah masalah, utarakan lah segala keluh kesahmu terhadap pasangan, memberikan pengertian kepada pasanganmu tentang bagaimana gambaran dirimu saat sedang sensitif, membicarakan berbagai opinimu tentang hubungan yang kalian jalani adalah beberapa hal penting yang perlu kalian bicangkan agar kalian bisa saling mengerti satu sama lain dan bisa sama-sama mencari solusi dari setiap masalah yang kalian hadapi dalam membina hubungan.

2. Jangan berdebat melalui telepon atau pesan singkat

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam HubunganUndplash.com/bjornftw

Berdebat bukanlah solusi yang baik untuk menyelesaiakn sebuah masalah apalag berdebat melalui telepon atau pesan singkat, justru akan menyebabkan masalah semakin runyam. Terkadang berkomunikasi melalui telepon atau pesan singkat tidak seefektif saat berkomunikasi secara langsung. Selain itu, berdebat melalui telepon ataupun pesan singkat dapat menimbulkan kesalahpahaman apabila tidak terealisasikan dengan baik, misalnya typo ataupun jaringan telepon yang mengalami masalah, tidak secara langsung dapat menjadi bumbu masalah semakin rumit.

3. Memberikan ruang satu sama lain

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam HubunganUnsplash.com/henrihere

Apabila kamu dan pasangan sedang berada dalam pertengkaran, bukan hal yang buruk untuk saling memberi ruang satu sama lain berpikir dan merenungkan kembali penyebab dari pertengkaran, memberikan ruang sendiri bagi masing-masing juga bertujuan untuk mengintropeksi diri  kembali agar menyadari segala kesalahan agar bisa diperbaiki dan meminimalisir masalah dalam hubunganmu.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Jangan pernah curhat ke teman ketika berdebat dengan pasanganmu

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Bukan berprasangka buruk kepada teman sendiri, akan tetapi menceritakan detail dari permasalahanmu dengan pasangan kepada temanmu bukanlah salah satu solusi yang baik, mereka belum tentu memahami dan mengerti bagaimana sebenarnya isi dari permasalahan yang sedang kamu alami sehingga memberikan solusi yang kurang tepat. Itulah mengapa ada beberapa pasangan yang mengakhiri hubungan mereka karena disuruh oleh teman dekat mereka, kamu yang paling tau hubunganmu dan pasanganmu, jadi carilah solusi disertai berbagai pertimbangan yang matang.

5. Meminta maaf dengan sunguh-sungguh

5 Cara Efektif Bagi Pasangan untuk Memecahkan Masalah dalam HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Meminta maaf menjadi salah satu solusi yang paling memungkinkan untuk meredam segala permasalahan. Ketika kamu bertengkar dengan pasangan, emosi dan kekecewaan sudah pasti teruaraikan melalui kata-kata dan juga bahasa tubuhmu, hal ini yang tidak dapat dibendung oleh beberapa orang sehingga masalah menjadi runyam, solusinya adalah meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus juga akan memberikan hasil yang setara.

 

Bertengkar dengan pasangan merupakan hal biasa dalam sebuah hubungan, solusinya hanya bisa berasal dari pengertian antara kamu dan psangan, itulah beberapa cara efektif untuk membantu pasangan memecahkan masalah dalam hubungan

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Setiap Masalah dalam Hubungan Harus Dibicarakan

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya