Comscore Tracker

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat 

Karena membangun hubungan tidak semudah yang dibayangkan 

Hubungan yang sehat tidak akan terjadi dalam semalam. Kalian salah jika kalian pikir cinta sudah lebih dari cukup menjadi fondasi dari suatu hubungan yang sehat. Nyatanya ada banyak fondasi lain dalam suatu hubungan yang berperan penting demi kelangsungan hubungan tersebut seperti di bawah ini, nih.

1. Membangun kepercayaan 

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat polkadotbride.com

Sama seperti taman yang membutuhkan tanah yang bagus untuk mendukung pertumbuhannya dan mempertahankan akarnya tetap berada di tempatnya, kepercayaan adalah fondasi untuk membangun suatu hubungan. Membangun kepercayaan membutuhkan waktu dalam hubungan apa pun.

Begitu kepercayaan itu tumbuh dengan kuat, hal itu menjadi fondasi stabilitas dan keamanan bagi pasangan. Jadilah sosok yang dapat dipercaya. Karena kepercayaan adalah salah satu hal paling sulit untuk dibangun kembali begitu rusak atau dikhianati.

2. Selalu hadir 

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat thenest.com

Selalu hadir dan terlibat dalam hal apa pun. Singkirkan semua gangguan lain dan berikan pasangan kalian hadiah berupa perhatian saat kalian bersama. Jadwalkan waktu untuk terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan bersama. Simpan ponsel kalian dan fokuskan diri kalian.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblo

3. Dengarkan secara intuitif 

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat dwebperu.com

Mendengarkan adalah salah satu 'bahan' yang paling kuat dalam hubungan yang sehat. Tapi hal itu juga yang paling sering diabaikan. Kedengarannya sangat sederhana, bukan? Kalian semua percaya bahwa kita tahu cara mendengarkan dengan baik tetapi nyatanya tidak. Kalian hanya mendengarkan, tapi tidak berusaha memahami.

Mendengarkan dengan serius dan intuitif dapat benar-benar memperbaiki dan meningkatkan hubungan yang bahkan mungkin sudah rusak. Semua orang ingin didengar, dipahami, dilihat, dan dikenal. Dengarkan tiap kata yang tersirat.

Perhatikan bahasa tubuh, energi, emosi, dan nada suara mereka. Ajukan pertanyaan. Refleksikan kembali kata-kata mereka untuk membuktikan dan mengakui bahwa kalian mendengar dan memahaminya. Ketika kalian benar-benar mendengarkan kata hati mereka, mereka akan merasa dihargai dan tahu bahwa mereka penting.

4. Belajar memaafkan 

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat lifezette.com

Dampak dari memaafkan sangat besar dalam menciptakan hubungan yang sehat. Dendam seperti parasit dalam hubungan kalian, dengan cepat dapat mencekik kehidupan hubungan kalian yang tumbuh. Berpegang pada bayangan kesalahan masa lalu dan menolak untuk memaafkan membuat kepahitan tumbuh di hati kalian, menciptakan penghalang antara kalian dan pasangan.

Memaafkan berarti kalian telah memilih untuk melepaskan perasaan sulit dan pahit di dalam hari. Dengan memaafkan, kalian memberikan hati kalian kebebasan untuk dapat mencintai kembali. Atasi segera saat ada masalah yang muncul. Jangan biarkan negativitas berakar dan tumbuh seperti rumput liar dalam hubungan kalian.

5. Terima pasangan apa adanya 

5 Hal Penting Bagi Pasangan untuk Membangun Hubungan yang Sehat pandagossips.com

Hubungan yang benar-benar sehat adalah hubungan di mana ketika kedua orang tersebut bebas untuk menjadi diri mereka sendiri tanpa takut akan penilaian, kritik, atau perasaan seperti mereka perlu berubah agar dapat diterima.

Semua tanaman di kebun terlihat berbeda. Mulai dari cara mereka tumbuh sampai bentuk mereka yang berlainan. Orang pun sama. Masing-masing dari kalian membutuhkan kebebasan untuk tumbuh dengan cara kalian seharusnya tumbuh dan menghasilkan sesuatu yang unik.

Mencintai hubungan yang sehat lebih penting daripada hal lain dalam hidup ini. Rawat hubungan kalian menggunakan lima hal penting di atas dan kalian akan menuai panen berupa hubungan yang sehat dengan pasangan kalian.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Pernah Menjalin Hubungan Atas Dasar Rasa Kasihan

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya