Comscore Tracker

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hati

#AdaCinta Patah hati nyatanya gak seburuk itu kok...

Patah hati adalah hal yang menyakitkan, menyedihkan dan seolah-olah seperti hidup ini tidak adil. Tetapi itu adalah sesuatu yang umum terjadi. Tidak ada yang menjalani hidup ini tanpa setidaknya mengalami satu kali patah hati. Kenyataannya adalah bahwa kita tidak akan benar-benar tahu apa itu cinta tanpa merasakan hati kita disakiti atau dilukai 'kan?

Sedih karena patah hati dapat memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan kadang-kadang selama bertahun-tahun untuk melupakannya. Namun ada banyak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil. Patah hati itu sulit, tetapi saat itu adalah saat yang tepat di mana kita bisa tumbuh dan belajar beberapa hal.

1. Belajar melepaskan

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hatifireflydaily.com

Terkadang apapun yang kita lakukan dan seberapa keras kita mempertahankan, akan ada cinta yang tidak bisa kita miliki. Patah hati mengajarkan bahwa terkadang kita harus 'kalah'. Agar rasa sakit akibat patah hati itu dapat sembuh yang harus dilakukan adalah belajar melepaskan. Bukan berarti kita sudah gagal, malah sebaliknya, kita sudah berhasil.

2. Kebahagiaanmu tergantung pada dirimu sendiri

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hatipixabay.com

Pada titik tertentu setelah kamu bersedih dan mengisolasi diri sendiri untuk beberapa waktu, kamu sadar bahwa harus bangkit kembali. Karena sebanyak apapun keluarga dan teman mencoba melakukan sesuatu untukmu mereka tidak akan pernah bisa. Sakit hati mengajarkan bahwa satu-satunya orang yang bisa membuatmu bahagia adalah dirimu sendiri.

3. Perlahan tapi pasti, waktulah yang akan menyembuhkan

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hatiadsleaf.com

Pepatah mengatakan bahwa orang datang dalam hidup kita karena suatu alasan, untuk sementara atau selamanya. Kadang-kadang kita tidak tahu bahwa seseorang datang ke hanya untuk sementara atau mereka datang karena sebuah alasan. Tetapi pada akhirnya, sakit hati mengajarkan kita bahwa tidak ada yang bertahan di dunia ini. Mungkin fakta ini terdengar menyakitkan, tetapi dengan mengetahui dan menerima fakta ini hal itu akan membantu kita melewati masa-masa sulit dalam kehidupan.

4. Kamu akan lebih menghargai hal-hal kecil dalam hidupmu

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hatipixabay.com

Kamu mungkin tidak akan sering tersenyum, tetapi kamu akan melihat hal-hal kecil yang membuatmu merasa bahagia saat sedang menghadapi sedang patah hati. Tiba-tiba kamu akan menyadari bahwa hal-hal kecil dapat membuat perbedaan yang cukup besar. Seolah-olah kamu sudah menemukan pelangi yang indah setelah turun hujan yang lebat.

5. Cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

Walau Sakit, 5 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Petik Saat Patah Hatizeqr.com

Setelah selesai menangis dan mendengar lagu-lagu sedih dimainkan, kamu harus berdiri tegar lagi. Tentu kamu mungkin sedikit goyah pada awalnya, tetapi kamu akan tumbuh menjadi diri yang lebih baik lagi setiap harinya. Kamu harus mulai menghargai diri sendiri, ketahui apa yang kamu butuhkan, dan ke mana kamu akan melangkah selanjutnya.

Patah hati memang tidak pernah mudah bagi siapapun yang sedang mengalaminya. Namun percayalah, di setiap kejadian buruk yang terjadi dalam hidupmu selalu ada hikmah yang bisa kamu petik dan kamu jadikan pelajaran untuk bangkit menjalani lembar baru dalam hidupmu. 

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya