Comscore Tracker

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! 

Ekspektasi ini sering kali merusak hubungan

Ekspektasi yang terlalu tinggi sering kali menimbulkan rasa kecewa bagi diri kita sendiri. Saat apa yang kita harapkan tidak sesuai kenyataan, kita merasa kesal sendiri.

Padahal ekspektasi itu kita sendirilah yang menciptakan. Kita yang meminta diri kita merancang hal itu sesuai dengan pikiran kita.

Menciptakan ekspektasi sering menimbulkan rasa kecewa di hati. Begitupun ekspektasi terhadap pasangan yang juga kerap menimbulkan rasa kecewa.

Nah, beberapa ekspektasi berikut ini jangan kamu letakkan pada pasangan. Sebab jika kamu letakkan dan tidak sesuai harapanmu, nantinya malah hubunganmu yang menjadi tak baik.

Apa saja sih ekpsektasi itu? Yuk, simak!

1. Pasangan bisa menjadi seperti apa yang kamu inginkan

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! ilustrasi pasangan sesuai yang diharapkan (unsplash.com/Nathan McBride)

Beberapa orang ketika menjalin hubungan selalu mengharapkan agar pasangannya dapat menjadi seperti apa yang ia inginkan. Padahal, tanpa disadari perbuatan seperti itu tidak baik dalam hubungan dan beresiko timbulnya pertengkaran.

Saat apa yang ia harapkan dari pasangannya tidak terpenuhi, ia lalu menyalahkan pasangannya. Ia merasa kecewa terhadap pasangan dan menyalahkan pasangan sebab tak seperti apa yang ia inginkan.

Teruntuk kamu yang suka berekspektasi dan mengharapkan pasanganmu untuk bisa seperti apa yang kamu inginkan, mulai sekarang buang deh jauh-jauh pikiran seperti itu jika tidak ingin hubunganmu yang menjadi imbasnya.

2. Meletakkan bahagiamu pada pasangan

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! ilustrasi memiliki pasangan bahagia (unsplash.com/Tani Eisenstein)

Memiliki pasangan lantas membuatmu berharap bahwa ia adalah sumber dari bahagiamu. Kamu berharap ia mampu memberikan semua yang kamu inginkan dan kamu butuhkan. Kamu berpikiran bahwa ia sepenuhnya mampu menciptakan bahagia dalam setiap hari-harimu.

Hey! Meletakkan bahagia pada pasangan pada akhirnya malah akan menimbulkan kecewa. Jangan sepenuhnya berharap pasangan bisa memberimu bahagia. Sebab, ketika ekspektasimu tak sesuai harapan, rasa kecewa pada pasangan malah akan timbul dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Ekspektasi yang Gak Masuk Akal, Hentikan Daripada Kecewa

3. Mengharapkan pasanganmu untuk menjadi yang sempurna

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! ilustrasi memiliki pasangan sempurna (unsplash.com/Clem Onojeghuo)

Tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Setiap kita terlahir dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap orang itu unik dan pastinya berbeda. Jadi tidak ada pasangan yang sempurna di dunia ini.

Mengharapkan pasanganmu menjadi sempurna seperti yang kamu harapkan itu sangat mustahil. Lebih baik berusaha menerima pasanganmu apa adanya tanpa berharap ia dapat menjadi sosok yang sempurna seperti maumu itu.

4. Pasangan bisa tahu apa yang kamu inginkan tanpa kamu utarakan

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! ilustrasi pasangan bisa peka (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Tidak semua orang itu bisa peka dan tahu apa maksudmu tanpa kamu jelaskan. Begitu pun pasanganmu, kamu meminta pasanganmu untuk bisa mengerti apa yang kamu inginkan tanpa kamu jelaskan. Kamu meminta pasanganmu tahu isi hatimu tanpa kamu jelaskan. Dan kamu meminta pasanganmu untuk bisa peka dengan apa yang kamu rasakan.

Hey! Pasanganmu bukanlah peramal yang bisa menebak-nebak apa yang kamu inginkan. Ia juga bukan orang yang sepenuhnya tahu apa yang kamu rasakan.

Stop untuk selalu memintanya bisa mengerti apa yang kamu maksud tanpa kamu jelaskan. Jangan memintanya untuk bermain tebak-tebakan. Lebih baik sampaikan saja apa yang kamu inginkan tanpa memintanya untuk peka.

5. Pasangan tidak pernah melakukan kesalahan

5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! ilustrasi pasangan tidak pernah salah (unsplash.com/pure julia)

Setiap kita pasti pernah melakukan kesalahan. Dalam menjalin hubungan pun rasanya tidak mungkin tidak pernah melakukan kesalahan. Contoh simpelnya saja lupa. Mungkin kamu pernah lupa terhadap janjimu dengan pasangan. Lupa yang tidak sengaja ini menjadi suatu kesalahan yang kamu lakukan pada pasanganmu.

Nah, di dalam hubungan, jangan berharap bahwa pasanganmu tidak akan melakukan kesalahan. Karena setiap kita pasti pernah berbuat kesalahan.

Itulah beberapa ekspektasi yang tidak boleh kamu tempatkan pada pasanganmu. Jangan berekspektasi terlalu tinggi. Karena jika ekspektasimu terlalu tinggi, kamu akan dibuat kecewa nanti. Ekspektasi yang terlalu tinggi pada pasangan juga berisiko merusak hubungan, lho.

Gak mau kan hubunganmu nantinya malah sering ribut hanya karena ekspektasi yang kamu ciptakan?

Baca Juga: 5 Ekspektasi Tidak Realistis yang Harus Segera Kamu Hindari

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya