Comscore Tracker

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalah

Gak semua harus kamu tanggung sendiri

Semua orang pasti pernah memimiliki masalah dalam hidupnya tanpa terkecuali. Namun terkadang masalah tersebut hanya dipendam sendiri karena tak berani bercerita. Ketika memiliki pasangan hidup, seharusnya masalah tersebut dapat diselesaikan bersama dengan mudah.

Saling terbuka satu sama lain merupakan kunci hubungan awet. Namun terkadang hal tersebut tidak dilakukan oleh salah pihak karena kecanggungan untuk bercerita. Hal itu harus dibuang jauh-jauh karena banyak memiliki efek buruk. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, coba simak pembahasan ini.

1. Tujuan utama memiliki hubungan adalah agar punya penyemangat hidup

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalahpexels.com/freestocks.org

Ketika sedang sendiri, terkadang kamu pasti merasa bingung untuk bercerita tentang masalahmu kepada siapa. Kamu pasti tidak akan sembarang untuk curhat kepada orang lain karena hal tersebut sangatlah berisiko. Namun ketika telah memiliki pasangan, tak seharusnya kamu tetap mempertahankan kebiasaan memendam sendiri itu.

Ingatlah bahwa tujuan utamamu dalam membangun sebuah hubungan adalah untuk memiliki penyemangat hidup. Kamu bisa berbagi keluh kesah dengan si dia agar segalanya cepat kembali normal. Jika kamu memang tak bisa untuk melakukan itu, cobalah untuk memaksakan. Ingatlah bahwa kamu masih punya dia sebagai tempat berkeluh kesah.

2. Memendam masalah sendirian hanya akan membuatmu stres

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalahpexels.com/engin akyurt

Ketika sedang dilanda masalah, rasa stres akan rentan muncul karena tekanan yang begitu berat. Namun ketika kamu telah memiliki pasangan, maka mengapa tak membagikan beban tersebut agar terasa lebih ringan? Jangan egois dan merasa seolah-olah kamu adalah manusia kuat.

Ingatlah bahwa setiap orang pasti memiliki titik kelemahannya masing-masing, terutama soal hati. 

3. Pasanganmu pasti akan tambah sayang kepadamu karena dia merasa sangat dibutuhkan

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalahpexels.com/artem beliaikin

Rasa saling memiliki harus ada dalam sebuah hubungan. Terkadang jika kamu terlalu tertutup terhadap pasangan, dia pasti akan menganggap bahwa dirinya tak dibutuhkan. Hal tersebut malah membahayakan bagi hubunganmu karena memang tak ada ikatan kuat antara satu sama lain.

Cobalah untuk berbagi keluh kesah dengan si dia agar hatinya menjadi bahagia. Memang tak selamanya kamu harus memaksakan hak tersebut hanya karena ketidaknyamanan, tetapi ingatlah bahwa kamu masih memiliki dia sebagai pendamping hidup.

Baca Juga: 7 Peran Sahabat dalam Hubungan Asmara, Jasa Mereka Patut Dikenang

4. Melatih rasa saling percaya antar sesama

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalahpexels.com/gui vergouwen

Rasa kepercayaan memang harus diasah secara terus menerus agar hubunganmu itu tetap bisa harmonis. Sebelumnya telah disebutkan bahwa tak semua orang pasti akan bercerita tentang masalahnya begitu saja kepada orang lain yang belum dekat. Ingatlah bahwa saat ini kamu telah memiliki pasangan yang bisa dibilang tempat sambat.

Ketika kamu bercerita dengan pasangan, maka kepercayaan antar sesama pasti akan semakin kuat. Kamu dan pasangan pasti akan mengetahui kekurangan maupun kelebihan masing-masing. Tidak ada hal yang perlu disembunyikan lagi. Oleh karena itu, coba biasakan diri untuk selalu bercerita.

5. Saling terbuka adalah kunci dari hubungan yang langgeng

5 Manfaat Bercerita Kepada Pasangan Jika Dilanda Masalahpexels.com/eduardo dutra

Selain rasa saling percaya, keterbukaan antar sesama sangatlah diperlukan jika kamu ingin hubunganmu bisa awet selamanya. Jika kamu tertutup pasti akan timbul kecurigaan yang bisa saja malah membahayakan hubunganmu. Tak usah menyembunyikan sesuatu yang memang harus dihadapi bersama.

Pasanganmu pasti dengan senang hati akan mendengar segala keluh kesahmu tentang kehidupan. Lagi pula, bercerita antar sesama akan membuat kalian bisa membangun kecocokan yang dapat menunjang rasa sayang dalam hubungan.

Itulah kelima alasan mengapa kamu wajib bercerita kepada pasangan jika sedang dilanda masalah. Lakukanlah jika kamu menginginkan hubungan yang berakhir bahagia. Semangat ya!

Baca Juga: Hindari, 5 Alasan Kamu Pantang Menyelesaikan Masalah Lewat Chat

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya