Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasa

Cinta memang membutuhkan banyak pengorbanan!

Pada hakikatnya, sebuah pasangan itu harus saling melengkapi kekurangan dan kelebihan antar kedua pihak. Namun tidak jarang orang-orang meninggalkan pasangannya yang cenderung belum bersikap dewasa dalam hal emosi.  Salah satu sikap yang dimaksud adalah perasaan labil. Hal itu menganggambarkan sikap childish dalam diri.

Namun jika dicerna dengan lebih teliti, hal tersebut sungguhlah tidak adil karena sikap labil itu sifatnya hanya sementara. Ingatlah bahwa semua yang ada di dunia ini pasti akan berubah dan berkembang dengan sendirinya. Ada beberapa alasan yang menunjukkan bahwa kamu harus bertahan meskipun dia belum menunjukkan kedewasaan.

1. Ingatlah bahwa kamu datang untuk menuntunnya menjadi lebih baik 

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasaunsplash.com/kelly sikkema

Seseorang yang benar-benar mencintai pasangannya, dia tidak akan pernah lelah untuk memperbaiki sikap buruk dari sang kekasih. Hal itu terjadi karena logikanya kamu pasti tidak ingin untuk terus-terusan hidup bersama dengan orang yang salah jalan. Usaha untu memperbaiki pasangan pasti akan ada meskipun sangat sulit dilakukan.

Ingatlah bahwa kamu datang kepadanya dengan cinta yang tulus dan murni. Jangan hanya berada di sampingnya ketika dia sedang sukses saja, pada saat dia membutuhkanmu untuk mengubah hal buruk yang ada dalam dirinya maka bantulah dia. 

2. Pada hakikatnya sebuah pasangan memang harus saling melengkapi   

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasaunsplash.com/sharon McCutcheon

Jika kamu tidak mau menerima kekurangan serta tak mau untuk mengubah hidupnya, itu berarti tidak ada perasaan cinta yang ada dalam hatimu. Dia pasti membutuhkan pertolonganmu untuk bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, jangan abaikan.

Jangan terima pasanganmu apa adanya karena hal itu bisa saja menjadi bumerang untukmu di kemudian hari. Berusahalah untuk memberi pengertian terhadap pasangan agar dia bisa berubah menjadi pribadi yang lebih dewasa. Kamu pasti akan merasakan kebahagiaan karena pasangan telah berubah menjadi seseorang yang lebih baik.

3. Semua orang pasti pernah berada di fase terburuk dalam hidupnya 

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasaunsplash.com/bantersnaps

Ingatlah bahwa roda kehidupan pasti berputar. Saat ini, pasanganmu sedang berada di fase terburuk yang ada dalam hidupnya karena tidak mampu untuk menstabilkan emosi yang ada dalam diri. Maka dari itu, janganlah kamu malah menjauhinya hanya karena sikapnya yang belum berkembang menjadi pribadi yang dewasa.

Satu-satunya harapan dia untuk berubah menjadi lebih baik itu ada di tanganmu. Jika kamu tetap meninggalkannya dengan alasan sikap childish, maka dia pasti akan merasa sangat kecewa padamu karena dirimu tak mau berusaha membantunya untuk bisa berubah.

Baca Juga: 7 Hal Berbeda Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa ketika Memandang Cinta

4. Ingatlah bahwa cinta itu memerlukan sebuah pengorbanan 

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasaunsplash.com/natalia barros

Semua orang pasti setuju bahwa cinta itu perlu diperjuangkan agar bisa tercipta sebuah kebahagiaan. Namun perjuangan yang dilakukan pasti membutuhkan pengorbanan yang tak kecil pula. Ketika pasanganmu masih bersikap labil dalam menjalani hubungan denganmu, bertahanlah dan berkorban perasaan itu tidak ada salahnya.

Meskipun pasti akan merasakan sakit hati, tapi itulah hakikat cinta yang penuh pengorbanan untuk bisa merasakan definisi bahagia yang sebenarnya. Selalu tanamkan kepercayaan bahwa semua yang ada di dunia ini pasti ada timbal baliknya.

Jika saat ini kamu berkorban perasaan untuk dia demi kebaikannya, maka suatu saat pasti akan diganti dengan hal yang lebih baik lagi. Bisa saja pasanganmu akan tumbuh dewasa dengan begitu cepat karena kesabaran yang kamu miliki dalam menghadapinya. Jangan patah semangat untuk memperjuangkannya.

5. Dia juga punya hati yang mudah rapuh 

5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasaunsplash.com/priscilla du preez

Setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda. Oleh karena itu, janganlah mudah untuk mengakhiri hubungan hanya karena masalah sepele. Ingatlah bahwa semua yang ada di dunia ini pasti akan mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

Begitu pula pasanganmu, pasti akan ada saatnya dia menjadi seseorang yang sudah tak memiliki sikap labil dalam pengendalian emosi. Jika kamu meninggalkannya hanya karena sikapnya yang masih kekanak-kanakan, dia pasti akan sangat sakit hati terhadapmu.

Bisa saja dia menjadi stres dikarenakan keputusanmu yang cenderung sepihak. Hal itu sangat berpengaruh bagi kesehatan mentalnya karena kekecewaan yang begitu mendalam akan menyebabkan kegalauan berkepanjangan.

Meninggalkan pasangan dengan alasan dia belum cukup dewasa merupakan sebuah kesalahan. Ingatlah bahwa roda kehidupan pasti berputar, begitu pula dirinya pasti akan berubah ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Mengurangi Rasa Curiga pada Pasangan saat Menjalani LDR

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya