Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang Pencemburu

Kalo cemburu itu gak boleh berlebihan, ya!

Dalam hubungan percintaan, sikap cemburu merupakan hal yang gak bisa dipisahkan. Bisa dikatalan kalau cemburu itu salah satu bentuk cinta. Namun terkadang hal tersebut akan menjadi sesuatu yang buruk jika dilakukan secara berlebihan. Menjadi seorang pencemburu adalah sesuatu yang gak boleh dilakukan.

Apalagi jika kamu terus mencurigai pasangan secara berlebihan, hal itu tentunya akan berdampak negatif bagi hubunganmu. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa kamu gak boleh menjadi seorang pencemburu buta. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Kepercayaan dalam sebuah hubungan wajib dipupuk

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang PencemburuIlustrasi bertengkar (pexels.com/alex green)

Dalam sebuah hubungan, sikap saling percaya adalah hal yang mutlak. Tanpa kepercayaan, hubunganmu pasti akan dibumbui oleh rasa khawatir yang terlalu berlebihan. Cemburu kepada pasangan sih boleh-boleh saja, namun kamu harus menggunakan logika juga. Jangan menuduh pasangan melakukan hal negatif jika kamu gak bisa menemukan bukti nyata bahwa dia telah berkhianat.

2. Cemburu secara berlebihan hanya akan menghancurkan hubunganmu

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang PencemburuIlustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu terus-terusan cemburu kepada pasangan tanpa alasan yang jelas, bisa saja hubunganmu akan berada di ambang kehancuran. Kenyamanan pun tidak tercipta sebab keegoisanmu yang terus mendorong dia agar senantiasa setia kepadamu.

Padahal jika benar sayang, dia tidak akan mengkhianatimu meskipun ada kesempatan. Jadilah pasangan yang bijaksana dengan tidak mudah menghakimi si dia tanpa alasan pasti. Alangkah lebih baik jika kamu melakulan introspeksi diri agar hubungan kalian bisa berjalan sesuai ekspektasi.

3. Kamu pasti akan curiga terus-terusan jika terlalu cemburu

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang PencemburuIlustrasi bertengkar (pexels.com/alena darmel)

Cemburu yang berlebihan akan menimbulkan sikap curiga secara terus menerus. Memang tidak masalah jika kita menaruh rasa cemburu jika pasangan melakukan hal yang di luar batas. Namun kamu harus bisa menentukan standar masuk akal yang menunjukkan bahwa dia telah melewati batas.

Lagipula kecurigaanmu itu bisa saja membuatmu terus-terusan overthinking. Ketenangan hidupmu pun pasti akan terganggu sehingga kebahagiaan akan menjauhimu secara perlahan. Jangan jadi seorang pencemburu buta, ya!

Baca Juga: 10 Chat Pasangan Cemburu Buta, Bikin Ketawa Guling-guling

4. Jika sayang kepadamu, maka ia gak akan mengkhianati

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang PencemburuIlustrasi bertengkar (pexels.com/@thiszun)

Sebelumnya telah banyak disebutkan bahwa jika dia cinta sejatimu, maka tidak akan ada pengkhianatan yang muncul dari dalam dirinya. Tidak ada gunanya jika kamu terus-terusan menjadi seorang pencemburu karena hal itu akan berdampak buruk bagi hubunganmu. Alangkah lebih baik jika kamu meningkatkan intensitas cintamu kepadanya agar dia merasa nyaman bila di dekatmu.

5. Jika terlalu menjadi pencemburu, hidupmu gak akan tenang

5 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Terlalu Menjadi Seorang PencemburuIlustrasi bertengkar (pexels.com/polina zimmerman)

Senantiasa kepikiran terkait hal buruk adalah salah satu bentuk jika kamu terlalu cemburuan. Hubungan asmaramu juga tidak akan diwarnai oleh kebahagiaan sebab pikiran buruk itu. Lagipula kamu juga memiliki kehidupan yang harus dijalankan, bukan?

Kamu harus bisa membagi kehidupan pribadi dan asmaramu secara merata. Hal itu karena sangat berpengaruh bagi perjalanan hidupmu ke depannya. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk bersikap sewajarnya dalam mencintai seseorang, ya!

Memang rasa cemburu adalah hal yang sangat menganggu ketenangan batin. Namun kamu harus bisa mengelolanya agar tidak malah berdampak buruk bagi kehidupan pribadi maupun asmaramu.

Baca Juga: 5 Sikap Cemburu Buta yang Harus Dijauhi agar Hubungan Sehat

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya