Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasangan

Sering mengalah bukan berarti bucin ya!

Kamu pasti tidak asing dengan istilah bucin. Bucin atau singkatan dari budak cinta merupakan sebuah istilah di mana seseorang mencintai pasangannya tanpa pamrih. Salah satu bentuk kebucinan itu sendiri yaitu selalu mengalah terhadap pasangan apapun kondisinya.

Meskipun terdengar cukup menjengkelkan, namun hal itu harus dilakukan agar hubunganmu lebih awet dan menghindari pertengkaran yang seharusnya tidak terjadi. Selain itu, ada beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika terbiasa untuk selalu mengalah dengan pasangan. Penasaran? Yuk simak penjelasan ini guys!

1. Memunculkan kebahagiaan yang sederhana 

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasanganunsplash.com/kelly sikkema

Kamu pasti setuju bahwa tujuan utamamu dalam menjalin sebuah hubungan adalah untuk bahagia. Namun untuk mendapatkan kebahagiaan yang kamu impikan tersebut dibutuhkan sebuah perjuangan yang tidak lepas dengan pengorbanan. Kamu harus siap secara materi dan mental karena akan ada banyak makan hati dalam sebuah hubungan percintaan.

Kamu pasti akan rentan merasakan makan hati ketika ada beberapa hal yang kamu dan pasangan tidak memiliki kecocokan. Mengalah merupakan jalan terbaik jika dirimu mengalami hal tersebut karena tidak ada konflik yang berlanjut. Percayalah bahwa dirimu pasti akan mudah mencapai kebahagiaan yang kamu mimpikan.

2. Menghindari konflik yang seharusnya tidak terlalu penting

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasanganunsplash.com/edward cisneros

Sebuah hubungan percintaan pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya konflik. Hal itu terjadi karena menyatukan dua insan yang berbeda pikiran dan latar belakang sangatlah sulit. Sebenarnya konflik yang terjadi akan mudah diselesaikan jika salah satu pihak berani mengalah.

Ingatlah bahwa dengan mengalah bukan berarti kamu adalah seorang pengecut. Hubunganmu itu lebih penting daripada ego yang akan menyengsarakanmu. Masalah akan cepat selesai dan konflik-konflik yang lain pun bisa saja akan terminimalisir oleh sikap selalu menerima yang kamu miliki.

3. Membuat pasangan semakin jatuh hati kepadamu 

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasanganunsplash.com/tabitha turner

Kamu pasti memiliki tujuan untuk selalu membahagiakan pasangan, bukan? Hal itu memang lumrah terjadi jika seseorang sedang jatuh hati. Sebenarnya tidaklah sulit untuk membuat rasa sayang pasangan terhadapmu makin bertambah. Caranya adalah dengan selalu mengalah terhadap apapun yang terjadi tanpa terkecuali.

Pasanganmu akan menganggap bahwa dirimu adalah orang yang paling mengerti suasana hatinya. Benih-benih cinta akan timbul dengan sendirinya dan menyebabkan hubunganmu akan lebih erat. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga kamu berdua akan melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Baca Juga: 5 Kerugian yang Didapat Jika Sering Mengalah pada Kesulitan Hidup

4. Meminimalisir dendam muncul di dalam hati 

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasanganunsplash.com/artem beliaikin

Seseorang yang sedang berkonflik dengan orang lain, maka tidak menutup kemungkinan rasa dendam akan timbul dengan sendirinya. Tidak terkecuali dirimu dengan pasangan ketika berkonflik, rasa dendam itu juga akan muncul jika salah satu pihak tidak ada yang mengalah dan mungkin akan menyebabkan retaknya sebuah hubungan.

Namun ingatlah bahwa sebuah pasangan pada hakikatnya harus saling melengkapi. Jika pasanganmu adalah seorang yang pemarah, maka kamu harus bisa memposisikan diri sebagai orang yang paling sabar di dunia. Kamu dan pasangan akan mencapai sebuah kebahagiaan yang sebeanrnya jika dirimu tetap konsisten untuk selalu mengalah.

5. Hubunganmu akan menjadi lebih awet 

5 Hal Positif yang Timbul Jika Sering Mengalah Kepada Pasanganunsplash.com/brendan hollis

Tidak ada orang yang tak menginginkan hubungannya bisa langgeng, begitu pula dirimu. Sebelumnya telah disebutkan bahwa sebuah pasangan itu harus saling melengkapi. Menerima segala amarahnya yang sedang membara entah apa sebabnya merupakan salah satu contohnya.

Memang terdengar agak sakit, tetapi makan hati merupakan hal yang lumrah terjadi dalam sebuah hubungan percintaan. Jadikanlah hal tersebut sebagai langkah awalmu dalam meraih kebahagiaan. Ingatlah bahwa tak ada kebahagiaan yang sifatnya instan. Jangan patah arang karena hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha.

Jangan terlalu berpatokan pada sikap egosentris dalam menjalani hubungan asmara. Ingatlah bahwa cinta itu tentang dua orang yang dituntut untuk saling mengerti satu sama lain.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Gak Seharusnya Kamu Selalu Mengalah Pada Pasangan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya