Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisah

Jangan gegabah!

Perpisahan adalah sesuatu yang sangat dihindari ketika dalam menjali sebuah hubungan. Namun hal tersebut terkadang lumrah terjadi karena mugkin ada ketidakcocokan antara kedua belah pihak. Tetapi untuk memutuskan sebuah hubungan, ada banyak aspek yang harus kamu pertimbangkan.

Hal tersebut bertujuan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari akibat salah langkah. Intinya adalah kamu harus banyak melihat semua risiko yang akan terjadi. Oleh karena itu, coba renungkan beberapa hal ini agar sebelum kamu mengambil keputusan untuk berpisah.

1. Ingatlah bahwa dia selalu ada untukmu di kala senang maupun susah

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisahunsplash.com/morteza yousefi

Tidak dapat dipungkiri bahwa pasangan adalah seseorang yang selalu ada di kala senang maupun susah. Dia adalah tempatmu bersandar dari segala cobaan hidup yang cukup memberatkan. Sebelum memutuskan untuk meninggalkannya sendiri, kamu harus ingat tentang hal ini terlebih dahulu.

Coba pastikan apakah kamu sudah memiliki tekad bulat untuk melepaskan seseorang yang pernah menjadi tempat keluh kesahmu atau belum. Jangan mengambil keputusan yang mungkin akan membuatmu menyesal. Jika memang masih sayang dengannya, jangan berusaha untuk pergi.

2. Membuka hati setelah putus itu tidak mudah

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisahunsplash.com/noah silliman

Salah satu hal yang harus diingat adalah pada saat setelah putus, kamu diharuskan untuk membuang senua kenangan bersamanya. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mudah membuka hati untuk cinta yang lain. Jika hatimu masih belum bersih terhadap kenangan masa lalu, maka jangan sesekali mencari yang baru.

Membuka hati setelah putus adalah hal yang cukup susah untuk dilakukan. Melupakannya memanglah susah tetapi kamu harus melakukannya. Jika kamu sudah berniat untuk melepaskannya, maka bersiaplah untuk menerima semua konsekuensi yang ada.

3. Kamu harus siap beradaptasi untuk menjalani hari demi hari tanpanya

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisahunsplash.com/anthony tran

Jika sebelumnya hari-harimu selalu dilewati dengannya, hal tersebut tidak akan terjadi lagi ketika kamu memutuskan untuk pergi. Tidak akan ada lagi tempat untuk bergantung dalam menghadapi semua kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, pikirkanlah dua kali sebelum mengambil keputusan.

Jika menurutmu kesalahan yang dilakukannya tak dapat dimaafkan, maka dengan berpisah mungkin saja hal tersebut adalah jalan terbaik. Kesendirian yang akan melandamu suatu saat nanti jadikanlah sebagai pacuan untuk bangkit dari keterpurukan. 

Baca Juga: Sering Putus Nyambung? Ternyata Ini 5 Faktor yang Bikin Hubungan Awet

4. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisahunsplash.com/anthony tran

Alasanmu untuk meninggalkan dia pergi mungkin karena kesalahannya yang sudah keterlaluan. Namun ingatlah bahwa tak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kesalahan yang dilakukannya mungkin hanya sekadar ketidaksengajaan. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang telah rusak masih bisa diperbaiki. Oleh karena itu, janganlah kamu terlalu gegabah dalam mengambil keputusan agar tak ada penyesalan yang terjadi.

5. Tak ada jaminan untuk merasa lebih bahagia setelah berpisah

5 Hal yang Kamu Harus Renungkan Sebelum Memutuskan untuk Berpisahunsplash.com/joy tyson

Angan-anganmu ketika memutuskan untuk berpisah mungkin akan lebih bahagia daripada sebelumnya. Namun anggapan tersebut tidak bisa seratus persen dibenarkan karena banyak kemungkinan yang akan terjadi. Bisa saja ketika memutuskan untuk pergi kamu malah berada pada masa terpuruk.

Maka dari itu, jangan jadikan perpisahan sebagai patokan untuk menentukan kebahagiaan. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang telah kamu lakukan pasti ada dampaknya tersendiri. Bijaksanalah dalam mengambil keputusan dengan tanpa adanya keraguan di dalam hati.

Itulah kelima hal yang harus direnungkan sebelum kamu memutuskan untuk berpisah. Yuk pikirkan sekali lagi agar tak ada penyesalan suatu saat nanti!

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Diamini Setelah Menikah Biar Gak Mudah Bilang Pisah

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya