Comscore Tracker

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaan

Jangan pakai emosi, ya

Punya pasangan yang suka mendramatisir memang terkadang cukup menjengkelkan. Hal ini terjadi ketika kamu melakukan satu kesalahan kecil yang membuat dia berapi-api. Namun, kamu tidak boleh meninggalkannya begitu saja hanya karena satu sifat buruk.

Apalagi, jika kamu dan dia sudah sama-sama cocok, hubungan kalian harus tetap terjaga. Ada beberapa cara bijak untuk menghadapi pasangan yang suka mendramatisir keadaan. Supaya bisa belajar banyak, cobalah untuk membaca pembahasan lengkapnya berikut ini baik-baik.

1. Jangan pernah menyalahkan perasaannya

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaanilustrasi pasangan (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Pasangan yang suka mendramatisir itu terkadang menginginkan perhatian lebih. Dia tidak suka jika perasaannya dihakimi begitu saja. Dengan kata lain, kamu harus berusaha menahan diri untuk tidak menyalahkan perasaannya. Cobalah untuk lebih bersikap lembut kepadanya.

Kendati demikian, hal semacam ini membutuhkan kesabaran ekstra sebab kemungkinan besar dia bakal melunjak. Namun, sebagai pasangan yang baik, cobalah untuk sesekali mengikuti kata hatinya agar dia bisa menurunkan emosinya.

2. Katakanlah kepadanya perihal apa yang kamu rasakan saat hal itu terjadi

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaanilustrasi pasangan (pexels.com/Piotr Arnoldes)

Selanjutnya, kamu bisa jujur kepadanya perihal apa yang kamu rasakan saat ini. Jika kamu merasa sangat terganggu saat dia sering mendramatisir keadaan, cobalah untuk mengatakannya. Namun, kamu harus tetap menggunakan bahasa yang lembut dan lugas agar dia bisa mengerti.

Ingat, jangan membicarakan hal ini melalui pesan WhatsApp atau semacamnya. Cobalah untuk membicarakan hal ini secara langsung agar dia tidak salah menginterpretasikan maksudmu. Jika berhasil mengambil hatinya, dia pasti akan berusaha untuk berbenah.

Baca Juga: 5 Alasan Kesepian Bukan Faktor yang Kuat untuk Mencari Pasangan

3. Kamu harus terbiasa meyakinkannya agar ia tak mendramatisir lagi

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaanilustrasi pasangan (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Kamu bisa berusaha untuk senantiasa meyakinkannya agar dia tidak mendramatisir sesuatu lagi. Maksudnya di sini adalah kamu harus membuatnya tidak ragu untuk mempercayai omonganmu. Biasanya, dia pasti alan merasa curiga jika kamu tidak menjelaskan sesuatu secara lugas.

Cobalah untuk memberikan keterangan yang sangat jelas agar dia tidak mendramatisir lagi. Memang kedengarannya agak ribet, tapi kamu bakal lambat laun merasakan manfaatnya. Dia bakal berubah menjadi sosok yang sesuai harapanmu tanpa memelihara kebiasaan berdrama.

4. Sesekali cobalah untuk menunjukkan sisi tegasmu

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaanilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Selain itu, kamu juga bisa berusaha untuk menunjukkan sisi tegasmu kepadanya. Hal ini dilakukan agar dia bisa menghargaimu sehingga menghilangkan perilaku buruk tersebut. Namun, hal ini bakal membuat kalian rentan bertengkar sebab dia masih punya ego yang sangat tinggi. Meskipun begitu, cara ini sangatlah ampuh.

Walaupun tegas, kamu harus tetap menjaga tutur kata agar dia tidak tersinggung. Kamu juga harus tetap menjaga perasaannya agar konflik berkepanjangan tidak terjadi. Setelah hal itu dilakukan, dia pasti akan lebih menaruh respek kepadamu.

5. Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari permasalahan hubungan yang berat

5 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Suka Mendramatisir Keadaanilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Terakhir, kamu harus berusaha untuk menghindari permasalahan yang sifatnya berat. Memang, dia pasti sering membesar-besarkan masalah yang kecil. Namun, jika sekali menghadapi yang berat, percayalah bahwa keadaan buruk pasti bakal terjadi.

Bisa saja dia malah melakukan sesuatu yang di luar nalarmu. Jangan sampai hal tersebut terjadi sebab malah akan membahayakan hubunganmu. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah berusaha sekuat tenaga untuk tidak membuat permasalahan besar agar gak menjadi bumerang untukmu.

Tidak usah bingung lagi untuk menghadapi pasangan yang suka mendramatisir keadaan. Lakukan kelima hal di atas agar dia bisa bersikap lebih dewasa dalam menjalani hubungan denganmu.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Keraguan ke Jenjang Pernikahan dengan Pasangan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya