Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!

Jangan sampai terlibat konflik dengan mertua, ya

Pernikahan merupakan suatu jenjang hubungan yang tak hanya menghubungkan antara dirimu dengan pasangan, namun juga kedua keluarga. Hal ini tentu saja sama dengan kamu dan pasangan yang menyambut keluarga baru setelah pernikahan.

Senada dengan hal tersebut, orangtua dari pasanganmu sudah tentu menjadi orangtuamu sekarang. Oleh sebab itu,  jalinan hubungan baik perlu dilakukan setiap saat. Kira-kira bagaimana cara agar tetap menjadi menantu idaman dengan menjalin hubungan baik dengan mertua? Yuk, simak.

1. Tak membedakan mertua dengan orangtua kandung

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!Unsplash/Christian Bowen

Setiap anak tentu saja memiliki rasa kasih sayang yang besar pada orangtua kandungnya. Hal ini lah yang juga harus kamu miliki pada saat sudah menikah. Orangtua dari pasanganmu secara otomatis menjadi orangtuamu juga. Oleh sebab itu, jangan bedakan perlakuanmu pada orangtua kandung dengan perlakuanmu pada mertua.

2. Rutin menjalin komunikasi

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!Unsplash/BBH Singapore

Komunikasi adalah aspek terpenting dalam urusan hubungan. Suatu hubungan tak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kualitas komunikasi bagus di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu perlu meyakinkan dirimu untuk menjalin komunikasi yang baik dan rutin dengan mertua. Dengan begitu, maka hubungan yang terjalin pun akan sangat berkualitas.

Baca Juga: 5 Penyebab Mertua dan Menantu Sulit Akur, Harus Dicari Solusinya!

3. Sering mengunjungi satu sama lain

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!Unsplash/Ravi Patel

Sama halnya seperti anak dan orangtua, berkunjung pada satu sama lain menjadi aktivitas yang sering dilakukan. Kamu juga perlu melakukan hal demikian dengan mertuamu. Dengan saling mengunjungi satu sama lain, maka hubungan dan komunikasi yang terjalin pun akan semakin baik.

4. Menjaga kesopanan dengan saling menghormati

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!Unsplash/Vladimir Soares

Setiap manusia tentu saja memiliki pola pikir dan perbedaan yang berbeda-beda. Hal ini juga termasuk dalam salah satu bentuk kesopanan yang dilakukan. Kamu juga perlu melakukan hal demikian dengan cara menghormati mertuamu dengan setiap pendapat yang diberikannya untukmu karena apapun pendapatnya, hal tersebut sudah pasti yang terbaik.

5. Berikan perhatian kecil

5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!Unsplash/Tiago Muraro

Semakin senja usia orangtua, biasanya semakin sering mereka ingin meminta perhatian dari anak dan menantunya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk terus memberikan perhatian padanya. Bentuk perhatian tak musti berupa barang dan hadiah, bahkan menanyakan kabar setiap hari atau pun justru barang-barang kecil untuk mereka akan memberikan kebahagiaan untuknya.

Tentunya menjalin hubungan baik dengan mertua bukan lah pilihan, namun merupakan kewajiban yang perlu dilakukan siapapun. Dengan menjaga hubungan dengan baik, maka hubungan kamu dan mertua akan selalu hangat. Bagaimana hubunganmu dengan mertua?

Baca Juga: Tetap Nyaman, 5 Tips agar Bisa Akur saat Tinggal Seatap dengan Mertua

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya