Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier Denganmu

Kamu pun seakan dianggap saingan dalam hal karier untuknya

Setiap orang memiliki harapan yang sama untuk bersanding dengan pasangan yang tepat. Tentunya tidak hanya dari segi karakter, namun juga cara pandang dan bersikap. Kadang kala tidak semua pasangan dapat memiliki sikap yang baik, bahkan tak jarang ada pula yang justru gemar membandingkan urusan karier.

Hal semacam itu kadang kala akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam berinteraksi dengan pasangan. Bila kamu memiliki pasangan yang demikian, kamu dapat menghadapinya dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Jangan hadapi dengan emosi

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier DenganmuIlustrasi pasangan sedang bertengkar (Pexels/Keira Burton)

Hal paling pertama yang harus kamu ingat adalah tidak boleh terbawa emosi dalam menghadapi pasangan yang demikian. Kamu harus selalu berpikir positif dan menenangkan diri sebaik mungkin dalam menghadapinya.

Jika kamu terbawa emosi, urusan hubunganmu akan semakin runyam. Hal yang akan terjadi justru adalah pertengkaran yang tak memiliki solusi.

2. Balas ucapannya dengan kalimat yang netral dan lembut

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier DenganmuIlustrasi pasangan menjaga jarak (Pexels/Dương Nhân)

Biasanya pasangan akan membandingkan urusan karier melalui ucapan verbal. Hal ini tentu akan sangat sulit dilupakan jika perkataannya sudah menyinggung perasaan.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba membalasnya dengan selembut mungkin. Siapa tahu saja tindakan dan pembawaan lembutmu dalam meluluhkan hatinya.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Mulai Sering Membandingkan Kamu dengan Orang Lain

3. Mencairkan suasana dengan candaan yang tidak menyinggung

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier DenganmuIlustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Vlada Karpovich)

Pasangan yang sering membandingkan untuk urusan karier biasanya memiliki sikap yang agak keras. Hal ini membuat mereka cenderung bersikap kaku dalam menghadapi sesuatu.

Kamu tentunya dapat mencoba mencari celah dengan mencairkan suasana melalui candaan. Nantinya suasana dan atmosfer yang terasa akan berbeda.

4. Katakan padanya untuk tidak membandingkan

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier DenganmuIlustrasi pasangan berpegangan tangan (Pexels/Ron Lach)

Ketika kamu dibandingkan oleh pasangan dalam hal karier, tentunya ada perasaan tersinggung yang jelas dirasakan. Kamu memiliki hak penuh untuk mengatakan bahwa kamu tidak menyukainya.

Dengan mengatakannya langsung, pasanganmu dapat menyadari kesalahannya. Meski kamu dapat mengatakannya, tetap utarakan dengan cara yang baik tanpa harus menyinggung siapa pun.

5. Lepaskan dirimu pada hubungan seperti itu

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Sering Membandingkan Karier DenganmuIlustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Alex Green)

Bertahan pada hubungan yang tidak sehat tentunya merupakan hal yang menyiksa. Hal ini sama adanya apabila kamu memiliki pasangan yang sering menyinggungmu dengan membandingkan karier.

Kamu memiliki batas toleransi yang bisa kamu tetapkan. Jika memang dirasa sudah terlalu berlebihan, kamu memiliki hak untuk melepaskan dirimu dari hubungan tersebut.

 

Dengan beberapa cara di atas, kamu dapat menghadapi pasangan yang gemar membandingkan karier melalui cara yang tepat. Tentu harus tetap dengan pembawaan yang baik, ya!

Baca Juga: 5 Dampak pada Karier Jika Sering Mengencani Rekan Kerja

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya