Comscore Tracker

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikah

#IDNTimesLife Jangan gegabah dalam mengambil keputusan, ya

Menikah adalah fase menuju hubungan yang lebih serius. Tentunya dalam mengarungi pernikahan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Pernikahan bukanlah suatu keputusan yang bisa diambil sekejap mata, butuh persiapan yang matang dalam melakukannya.

Namun, ada beberapa orang yang justru terkesan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk menikah. Padahal, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum buru-buru ingin menikah.

1. Kebebasan yang terbatas setelah menikah

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikahilustrasi berteman (Pexels/ELEVATE)

Salah satu hal yang akan berubah setelah menikah adalah kebebasan yang akan lebih terbatas. Setelah menikah, kamu mungkin tak akan punya kebebasan yang maksimal layaknya saat masih lajang. Tentu saja kamu jadi perlu mempertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu soal kesiapanmu akan hal itu.

2. Pendidikan yang masih harus dilanjutkan

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikahilustrasi mahasiswa (Pexels/Vantha Thang)

Untuk kamu yang mungkin masih menempuh pendidikan, keputusan untuk menikah tentu menjadi sesuatu yang harus penuh pertimbangan. Membagi waktu, energi, dan fokus untuk pendidikan saja kadang kala masih sulit untuk mereka yang masih lajang. Tentunya akan semakin menantang untuk mereka yang sudah menikah. Tentukan prioritasmu terlebih dahulu, ya.

3. Mandiri secara finansial

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikahilustrasi uang di dalam dompet (Pexels/Karolina Grabowska)

Pernikahan adalah suatu hubungan sakral yang berlangsung hingga maut memisahkan. Durasi pernikahan tidak dibatasi dengan tenggat waktu tertentu. Oleh sebab itu, kamu perlu juga memperhatikan kebutuhan finansial keluarga.

Siapkah kamu dalam memastikan kebutuhan keluarga tercukupi? Mandiri secara finansial menjadi modal penting untuk membuat keluarga lebih stabil.

Baca Juga: 5 Hal Mendasar yang Harus Kamu Ketahui dari Pasangan sebelum Menikah

4. Restu orangtua

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikahilustrasi orangtua tersenyum (Pexels/Tristan Le)

Kamu perlu tahu bahwa dalam melangsungkan pernikahan tidak hanya membutuhkan niat darimu saja. Namun, kamu juga memerlukan restu dari kedua orangtua. Diskusikanlah bersama dengan kedua orangtuamu terlebih dahulu sehingga kamu pun juga lebih paham tentang keputusan besar yang akan diambil.

5. Kesiapan mental dalam menikah

5 Pertimbangan Penting untuk Kamu yang Sedang Buru-buru Ingin Menikahilustrasi pasangan romantis (Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)

Tidak hanya berkaitan dengan finansial saja, kesiapan dalam menikah juga dipertimbangkan dari mental yang dimiliki. Kamu harus memastikan bahwa mental juga siap sehingga dapat mengambil keputusan untuk menikah. Tanpa kesiapan mental tersebut, kehidupan pernikahan justru tak akan berjalan baik.

 

Tentunya dengan segala alasan untuk menikah, beberapa pertimbangan di atas perlu menjadi sesuatu yang kamu pikirkan kembali. Jangan sampai salah dalam mengambil keputusan, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Buat Kamu Jadi Semakin Ingin Menikah, Manis Banget!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya